Iswanda Pemuda yang Lahir di Tahun 2000 dan Tinggal di Daerah Sumatra Utara, Hobi Belajar dan Berbagi Tentang Teknologi dan Sosial Media.

Arti Zodiak, Asal-Usul, Macam-Macam & Fungsi [Lengkap]

41 sec read

Zodiak berasal dari kata bahasa yunani yaitu “Zoodiacos Cyclos” yang berarti Lingkaran Hewan.

Zodiak adalah sabuk khayal yang ada di langit dengan lebar dan berpusat pada lingkaran ekliptika.

Merujuk pada rasi-rasi bintang yang dilewati oleh sabuk tersebut, yang sekarang berjumlah 13.

Awal mula konsep ini berasal dari peradaban Lembah Sungai Eufrat kemungkinan hanya dengan 6 rasi: Capricornus, Pisces, Taurus, Cancer, Virgo, dan Scorpio, yang kemudian dipecah menjadi 12 karena penampakan tahunan 12 kali Bulan purnama pada bagian-bagian berurutan dari sabuk tersebut.

Di bola langit terdapat garis khayal yang disebut sebagai lingkaran ekliptika. Jika diamati dari bumi, benda-benda yang ada di tata surya seperti planet, Bulan, dan Matahari, semua beredar di langit mengelilingi lingkaran ekliptika.

Keistimewaan dari ke-13 zodiak dibanding rasi bintang lainnya adalah semuanya berada di wilayah langit yang memotong lingkaran ekliptika.

Jadi dapat disimpulkan zodiak adalah semua rasi bintang yang berada disepanjang lingkaran ekliptika.

Baca : Nama-Nama Zodiak Menurut Tanggal Lahir Beserta Karakter & Sifat

Tanda zodiak untuk seseorang ditentukan berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiak pada tanggal lahirnya.

Terdapat 2 macam zodiak, yaitu zodiak tropikal dan zodiak sideral. Sebagian besar astrolog Barat dan astrolog Indonesia menggunakan zodiak tropikal, dan sejak kini seluruh Dunia Menggunakan zodiak tropical.

Iswanda Pemuda yang Lahir di Tahun 2000 dan Tinggal di Daerah Sumatra Utara, Hobi Belajar dan Berbagi Tentang Teknologi dan Sosial Media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *