Kahfi Talk less Do More

Cara Lacak Kiriman POS dengan Mudah dan Cepat

5 min read

Cara Lacak Kiriman POS

Mengirim barang dari satu daerah ke daerah lainnya kini lebih mudah dilakukan dengan memanfaatkan layanan jasa ekspedisi barang, seperti POS Indonesia. Ketika barang atau paket sudah dikirimkan, cara lacak kiriman POS pun dapat dilakukan dengan mudah.

Cara lacak kiriman POS tanpa nomor resi maupun dengan resi tersebut dapat dilakukan untuk mengetahui keberadaan atau posisi paket barang. Bagaimana detail cara lacak kiriman POS? Artikel ini akan membahas tentang cara mengetahui  daftar status pelacakan POS Indonesia!

Sekilas Informasi Tentang POS Indonesia

POS Indonesia merupakan salah satu perusahaan milik negara yang khusus bergerak di bidang jasa atau layanan pengiriman surat dan paket. Perusahaan milik negara ini merupakan pelopor jasa pengiriman di Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu.

POS Indonesia memang sudah didirikan sejak tanggal 26 Agustus 1946 di Batavia atau Jakarta. Empat tahun kemudian kantor POS Indonesia juga didirikan di Semarang. POS Indonesia terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun ke arah yang lebih baik.

Jangkauan layanan POS Indonesia kini juga telah sampai di seluruh wilayah Indonesia bahkan hingga lokasi-lokasi pelosok. Kini POS Indonesia juga sudah menggunakan teknologi digital mobile untuk mengembangkan layanan yang diberikannya.

Selain itu, jenis-jenis paket POS Indonesia juga sangat beragam. Berikut ini jenis paket POS Indonesia untuk layanan domestik, yaitu:

  • POS Instan Plus
  • POS Instan
  • POS Express
  • POS Kilat Khusus
  • Warehouse
  • Freight Forwarding

Selain menyediakan layanan domestik, POS Indonesia juga menyediakan layanan internasional. Berikut ini beberapa jenis paket POS Indonesia layanan internasional, diantaranya sebagai berikut:

  • QIX
  • EMS
  • POS Ekspor
  • Paket POS Cepat Internasional
  • POS Registered Internasional
  • E-Packet
  • POS Udara Internasional
  • Paket POS Biasa Internasional
Trending:  Kumpulan Kerja Sampingan di Rumah [Modal Kecil Gaji Besar] 2021

3 Cara Lacak Kiriman POS dengan Mudah

Cara Lacak Kiriman POS

Ketika mengirimkan barang menggunakan jasa POS Indonesia, Anda bisa melacak barang yang dikirim tersebut. Cara lacak kiriman POS dapat dilakukan melalui beberapa cara mudah. Berikut ini beberapa cara lacak kiriman POS yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Cara Lacak Kiriman POS dengan Nomor Resi Melalui Website

Anda pasti akan mendapatkan nomor resi POS Indonesia ketika mengirimkan barang. Nomor resi tersebut dapat digunakan untuk mengetahui keberadaan barang yang dikirimkan. Berikut ini cara cek nomor resi POS Indonesia melalui website, yaitu:

  • Buka browser melalui HP atau komputer untuk masuk ke halaman situs https://www.posindonesia.co.id/id/tracking.
  • Setelah itu, Anda hanya perlu memasukkan nomor resi pengiriman di bagian kolom resi yang tersedia. Pastikan untuk mengetik nomor resi dengan benar agar dapat terdeteksi.
  • Selanjutnya, klik “Cari” untuk melakukan proses pelacakan kiriman barang berdasarkan nomor resi tersebut.
  • Beberapa saat kemudian akan muncul informasi terkait status keberadaan atau posisi paket kiriman yang Anda cari.

2. Cara Lacak Kiriman POS melalui Aplikasi Mobile

POS Indonesia menghadirkan aplikasi cek resi POS Indonesia bernama POSAja! dengan ukuran hanya 35 MB. Aplikasi POSAja! sudah diunduh lebih dari 100.000 pengguna Google Play Store. Aplikasi dari PT POS Indonesia ini memang memberikan banyak fitur yang memudahkan.

Anda juga bisa menggunakan fitur aplikasi POSAja! untuk cek resi POS lewat HP. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk lacak resi POS melalui aplikasi tersebut, yaitu:

  • Buka Google Play Store atau App Store untuk mengunduh aplikasi POSAja! Selain itu, jangan lupa melakukan aktivasi dan registrasi aplikasi.
  • Selanjutnya klik bagian “Cek Resi POS Indonesia” untuk mengetahui keberadaan kiriman paket yang diinginkan.
  • Anda bisa mengetikkan nomor resi dengan tepat untuk melakukan proses ini.
  • Beberapa saat kemudian akan muncul informasi status posisi atau keberadaan paket kiriman yang Anda cari sesuai nomor resi tersebut.

Apa keuntungan menggunakan aplikasi POSAja!? Salah satu keuntungan yang dapat diperoleh adalah bisa mengecek keberadaan paket kiriman kembali tanpa harus mengetik ulang nomor resi. Hal ini karena aplikasi POSAja! sudah otomatis menyimpan nomor resi yang sudah pernah dicari sebelumnya.

3. Cara Lacak Kiriman POS melalui Call Center

Selain mengecek keberadaan paket kiriman POS Indonesia secara mandiri melalui website atau aplikasi, Anda juga bisa mengecek paket tersebut dengan hubungi langsung Call Center POS Indonesia. Namun, pastikan sudah paham cara mengetahui nomor resi paket POS Indonesia dulu.

Anda bisa mengetahui nomor resi tersebut dengan melihat atau mengeceknya pada bukti pengiriman yang diperoleh setelah mengirimkan barang melalui POS Indonesia. Setelah mengetahui nomor resi pengiriman barang tersebut, maka langsung saja hubungi Call Center.

Trending:  Jam Kerja JNE [Jadwal Tutup & Buka]

Call Center POS Indonesia dapat dihubungi dengan menelepon layanan Halo Pos di nomor 1500161. Ketika sudah terhubung langsung saja ikuti arahan atau petunjuk dari Customer Service untuk mendapatkan informasi tentang status keberadaan paket kiriman.

Selain melalui Halo POS, cara lacak kiriman POS dengan Customer Service POS Indonesia dapat dilakukan melalui beberapa cara, yaitu:

  • Mengirimkan e-mail ke halopos@posindonesia.co.id.
  • Melakukan live chat di VIDAPOS.
  • Menghubungi melalui Telegram @posindonesia_officialbot.
  • Menghubungi melalui aplikasi LINE di @posindonesia.
  • Menghubungi webchat langsung melalui website posindonesia.co.id.

Cara melacak paket kiriman barang melalui Call Center sangat disarankan terutama jika paket mengalami masalah pengiriman barang. Sebaiknya, hubungi Call Center POS Indonesia di waktu kerja agar cepat mendapatkan respon.

Beberapa Status Pengiriman Barang Melalui POS Indonesia

Ketika melakukan pengecekan keberadaan kiriman barang menggunakan resi, maka Anda akan mendapatkan informasi tentang status pengiriman. Berikut ini beberapa status pengiriman barang dan artinya, yaitu:

1. Posting Loket

Paket kiriman sudah diterima di loket pengiriman dan akan segera diproses pengiriman menuju ke alamat tujuan.

2. Manifest Terima

Paket kiriman sudah diterima bagian Kantor POS yang bertugas menyalurkan paket agar bisa dilanjutkan ke proses berikutnya.

3. Manifest Serah

Paket kiriman sedang dalam proses pengantaran ke cabang kantor POS tujuan.

4. Proses Antar

Paket kiriman sedang dibawa oleh kurir untuk diantarkan kepada penerima seusai alamat tujuan.

5. Selesai Antar

Paket kiriman sudah diserahkan kurir kepada penerima, sehingga pengiriman dapat dikatakan berhasil atau sukses.

6. Gagal Antar

Paket kiriman gagal diantar di hari tersebut karena beberapa alasan, seperti tidak menemukan alamat, masalah perjalanan, dan penerima tidak ada di lokasi tujuan. Paket akan segera dikirimkan pada hari selanjutnya.

7. Antar Ulang

Paket yang gagal diantarkan kepada penerima akan diantarkan kembali esok harinya oleh kurir.

Jika paket kiriman barang Anda belum juga diterima dalam waktu tunggu relatif lama, maka sebaiknya segera hubungi Call Center atau Customer Service POS Indonesia untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang status pengiriman paket tersebut.

FAQ tentang Layanan Kirim Barang POS Indonesia

Selain pertanyaan tentang cara lacak kiriman POS, pelanggan layanan POS Indonesia sering kali mengajukan beberapa pertanyaan terkait layanan kirim barang. Berikut ini beberapa FAQ beserta jawaban yang sering ditanyakan para pelanggan POS Indonesia, yaitu:

1. POS Tutup Hari Apa?

Layanan POS Indonesia hanya tutup setelah pukul 22.00 (waktu setempat) setiap harinya. Sementara itu jam operasional POS Indonesia setiap hari Senin hingga Minggu dan Hari Libur Nasional mulai pukul 08.00 hingga 22.00 waktu setempat.

2. Apa yang Dimaksud POS Kilat Khusus?

POS Kilat Khusus merupakan layanan pengiriman paket reguler dengan jangkauan nasional atau domestik. Layanan ini dapat digunakan untuk mengirimkan paket antar kota dan kabupaten di Indonesia dengan berat paket maksimal sebesar 50 kg.

Trending:  Ingin Kuliah Tapi Gak Mau Nyusahin Orang Tua? ini Cara Biayainnya

Anda juga bisa memanfaatkan layanan free pick up paket, COD, dan asuransi ketika menggunakan POS Kilat Khusus. Jenis layanan pengiriman paket yang satu ini juga sudah tersedia di aplikasi POSAja!.

3. Berapa Lama Pengiriman Paket POS Kilat Khusus?

Waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman paket melalui jenis layanan Paket POS Kilat Khusus kurang lebih 2 hingga 4 hari. Waktu pengiriman ini juga sangat tergantung lokasi tujuan pengiriman barang.

4. Berapa Lama Pengiriman Melalui Kantor POS?

Waktu pengiriman paket melalui POS Indonesia tergantung dengan jenis layanan pengiriman yang dipilih, lokasi tujuan pengiriman, dan beberapa faktor lainnya. Waktu pengiriman barang paling cepat 1 hari, sementara waktu maksimal pengiriman paket adalah 14 hari kerja.

5. Bagaimana Cara Menghubungi Kurir POS Indonesia?

Selain mengetahui cara lacak kiriman POS, Anda juga bisa menghubungi kurir POS Indonesia. Bagaimana cara menghubunginya? Cara menghubungi kurir POS Indonesia dapat dilakukan dengan cara menghubungi pihak Customer Service POS Indonesia.

Kontak Customer Service POS Indonesia yang bisa dihubungi yaitu layanan Halo Pos di nomor 1500161.

6. Bagaimana Cara Menanyakan Paket POS yang Belum Sampai?

Anda dapat menanyakan paket kiriman POS yang belum sampai melalui layanan Customer Service POS Indonesia melalui layanan Halo Pos di nomor 1500161.

7. Apakah Bisa Cek Kiriman POS Menggunakan Nama Penerima?

Nama penerima kiriman paket memiliki sifat yang tidak unik, sehingga cara lacak kiriman POS dengan nama penerima tidak dapat dilakukan. Anda hanya bisa mengecek posisi kiriman paket POS ketika mengetahui nomor resi yang bersifat unik.

8. Ke Mana Saja POS Indonesia Dapat Mengirimkan Paket?

POS Indonesia dapat mengirimkan paket ke seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, layanan pengiriman paket POS Indonesia juga dapat mengirim ke berbagai negara di luar negeri.

9. Jenis Barang Apa Saja yang Dapat Dikirim melalui POS?

Anda bisa mengirim berbagai surat penting, barang umum dan value goods. Barang umum yang dimaksud berupa pakaian, sepatu, tanaman, bahkan kendaraan (sepeda, motor). Sementara value goods dapat berupa perhiasan maupun barang elektronik.

10. Apakah Kiriman Saya Bisa Mendapat Asuransi?

Anda dapat menyertakan asuransi terhadap barang yang akan dikirimkan, terutama untuk surat-surat penting maupun benda-benda berharga lainnya. Jenis asuransi atau jaminan yang tersedia yaitu jaminan kehilangan, kerusakan barang, dan pemberian ganti rugi.

Penutup

Cara lacak kiriman POS dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu melalui website, aplikasi, call center, media sosial, dan lain sebagainya. Cara atau prosedur lacak kiriman POS tersebut akan memberikan informasi akurat untuk Anda tentang keberadaan paket atau kiriman.

Kahfi Talk less Do More