Kahfi Talk less Do More

Cara Upload Aplikasi ke Play Store Lengkap

3 min read

Cara Upload Aplikasi ke Play Store

Google Play Store merupakan aplikasi Android yang dapat digunakan untuk download berbagai jenis aplikasi. Selain itu, upload atau  unggah aplikasi ke Play Store dapat dilakukan dengan cara tertentu. Cara upload aplikasi ke Play Store cukup mudah dilakukan jika sudah memenuhi syarat.

Artikel yang satu ini akan memberikan penjelasan lengkap tentang cara upload aplikasi ke Play Store 2022 dengan mudah. Selain itu, ada juga informasi lainnya tentang upload aplikasi gratis maupun berbayar di Play Store.

Langkah-langkah Detail Cara Upload Aplikasi ke Play Store

Cara Upload Aplikasi ke Play Store

Banyak orang yang sudah mengetahui cara download aplikasi Play Store. Namun, tidak semua orang mengetahui cara upload aplikasi ke Play Store.

Jika Anda juga belum mengetahuinya, maka ikuti saja langkah-langkah untuk mengunggah aplikasi di bawah ini!

1. Lakukan Pendaftaran di Google Play Developer Console

Sebelum mempelajari cara upload aplikasi ke Play Store, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu pada Google Play Developer Console. Bagaimana caranya? Berikut ini cara untuk melakukan registrasi pada cara membuat akun Google Play Store, yaitu:

  • Buka browser untuk masuk ke google.com/apps/publish.
  • Setelah itu, lakukan login dengan menggunakan akun Google yang dimiliki.
  • Lanjutkan dengan masuk ke “Accept Developer Agreement” dan lakukan persetujuan terhadap detail perjanjian dengan cara memberi tanda centang.
  • Kemudian lakukan pengisian data pada detail kartu kredit yang akan digunakan untuk membayar biaya registrasi yang hanya perlu dibayar satu kali.
  • Lakukan pembayaran biaya registrasi hingga selesai, kemudian Anda bisa melengkapi informasi yang diperlukan untuk pendaftaran.
  • Ketika proses tersebut sudah selesai dilakukan, maka sekarang Anda dapat mengakses akun Google Play Developer Console.

Jika tidak memiliki kartu kredit untuk pembayaran, maka Anda bisa mencari tahu informasi dan menggunakan cara upload aplikasi ke Play Store tanpa kartu kredit.

2. Lakukan Pendaftaran Akun Merchant Google Wallet

Cara mengelola aplikasi di Play Store dapat dilakukan jika Anda sudah mendaftarkan akun Merchant Google Wallet secara gratis. Pendaftaran atau registrasi ini juga merupakan salah satu persyaratan sebelum upload aplikasi di Google Play Store.

  • Pada dashboard Google Play Developer Console, Anda hanya perlu masuk ke bagian “Setting” dan “Account Details” untuk membuka tautan “Set up a merchant account now”.
  • Setelah itu, langsung saja mengisi berbagai informasi atau data yang diperlukan untuk registrasi akun Merchant Google Wallet.
  • Jika registrasi berhasil dilakukan, maka akun Merchant Google Wallet akan aktif.

Akun Merchant Google Wallet dibuat untuk merilis jenis aplikasi berbayar serta menggunakan fitur in-app billing.

3. Upload Aplikasi Android yang Sudah Dibuat di Google Play Store

Bagaimana cara upload aplikasi ke Play Store? Play Store aplikasi dapat di-upload setelah Anda berhasil menyelesaikan dua tahapan registrasi sebelumnya. Setelah itu, langsung saja upload aplikasi yang dibuat menggunakan cara di bawah ini.

Ya, berikut ini cara upload aplikasi ke Play Store, yaitu

3.1 Login dan Pilih Bahasa

Login akun Google Play Developer Console untuk masuk ke “Publish an Android App on Google Play”. Kemudian Anda bisa memilih pilihan “Default Language” untuk bahasa Indonesia.

3.2 Upload Aplikasi

Lanjutkan dengan menekan “Upload APK” dan pilih file APK yang akan diunduh. Jangan lupa sisipkan file keystore untuk persiapan ketika akan melakukan update atau perubahan lainnya di kemudian hari.

3.3 Mempersiapkan Gambar

Persiapkan gambar berupa Screenshot tampilan aplikasi, gambar icon aplikasi (minimal 512 x 512 pixel), dan gambar banner (minimal 1024 x 512 pixel).

3.4 Upload Aplikasi di Google Play Developer

Setelah itu, lanjutkan dengan upload atau unggah aplikasi Android yang sudah dibuat pada Google Play Developer.

  • Buka browser untuk masuk atau login ke google.com/apps/publish.
  • Selanjutnya, langsung saja pilih “Create Application” dan isi informasi yang diperlukan, seperti bahasa, judul, dan lain sebagainya.

3.5 Mengisi Data App Release

Lanjutkan dengan mengisi informasi sebagai data app release sesuai dengan kolom yang disediakan. Data tersebut berupa file APK aplikasi Android beserta point atau informasi penting di aplikasi tersebut.

3.6 Mengisi Data Store Listing

Lanjutkan dengan mengisi data store listing. Data tersebut berupa informasi tentang tampilan atau asset aplikasi Android yang di-upload.

3.7 Mengisi Data Content Rating

Data content rating dapat diisi dengan memilih menu “Content Rating” dan menekan pilihan “Continue”. Jangan lupa masukkan alamat e-mail dan lakukan konfirmasi agar bisa mengisi data content rating yang diperlukan.

3.8 Mengisi Data Pricing dan Distribution

Pada tahapan ini, Anda bisa menentukan jenis aplikasi yang di-upload. Pilihan jenis aplikasinya ada dua yaitu gratis dan berbayar. Selain itu, di sini Anda juga bisa memilih negara mana saja yang nantinya berhak mengunduh aplikasi.

Setelah selesai mengisi data pricing dan distribution, maka jangan lupa untuk menekan “Save Draft”.

3.9 Melakukan Publish Aplikasi

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah publish aplikasi dengan cara berikut ini, yaitu:

  • Masuk ke menu “App Release” untuk memilih “Edit Release”.
  • Lanjutnya dengan menekan tombol “Review” yang akan berganti menjadi “Start Rollout to Production”.
  • Kemudian lakukan konfirmasi kembali dan pilih “Create Release”.

FAQ Cara Upload atau Unduh Aplikasi-aplikasi di Play Store

Selain mengetahui cara upload game ke Play Store maupun jenis aplikasi lainnya, masih ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan. Nah, berikut ini pertanyaan dan jawaban tentang cara upload berbagai jenis aplikasi di Play Store, yaitu:

1. Berapa Biaya Upload Aplikasi Ke Play Store?

Anda harus melakukan registrasi atau pendaftaran ke Google Play Developer Console terlebih dahulu agar bisa upload aplikasi. Besarnya biaya registrasi tersebut kurang lebih $25 atau setara dengan Rp 260.000.

2. Berapa Lama Proses Upload Aplikasi di Play Store?

Pengguna akun Google Developer baru biasanya memerlukan waktu upload aplikasi lebih lama ketika pertama kali upload. Waktu yang diperlukan kurang lebih 8 hingga 12 jam sampai aplikasi tersebut muncul di Play Store.

Sementara itu, pengguna lama atau yang sebelumnya sudah pernah mengupload aplikasi membutuhkan waktu upload hanya sekitar 5 jam hingga aplikasi siap diunduh melalui Play Store.

3. Berapa Lama Proses Peninjauan Aplikasi di Google Play?

Aplikasi yang di-upload di Google Play akan ditinjau terlebih dahulu oleh pihak Google. Waktu peninjauan tersebut paling lama memakan waktu hingga 7 hari bahkan lebih (situasi tertentu).

4. Adakah Cara Lain untuk Upload Aplikasi di Google Play Store?

Selain cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, masih ada cara lain yang dapat dilakukan untuk upload aplikasi. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan jasa upload aplikasi ke Play Store dengan membayar biaya dalam jumlah tertentu.

Penutup

Cara upload aplikasi ke Play Store dapat dilakukan melalui beberapa tahapan mulai dari registrasi akun hingga upload aplikasi. Pastikan Anda mengikuti semua ketentuan dan langkah-langkah yang tepat agar aplikasi Android berhasil di-upload pada Google Play Store.

Kahfi Talk less Do More