Kahfi Talk less Do More

Penasaran Cosplay Artinya Apa?

1 min read

cosplay artinya

Dalam acara-acara tertentu terdapat berbagai cara untuk merayakan atau mengembangkan suasananya, salah satunya adalah dengan cosplay. Lalu, cosplay artinya apa? Cosplay artinya adalah menirukan kostum dari karakter di film, namun tidak hanya itu.

Cosplay bahasa gaul sudah menyebar luas, sehingga apa itu cosplay sudah bukan pertanyaan yang sulit lagi. Contoh cosplay pun macam-macam atau beraneka ragam. Misalnya cosplay sebagai Captain Tsubasa, Detective Conan, cosplay Naruto, dan masih banyak karakter lain.

Cosplay Artinya Dalam Bahasa Gaul?

Cosplay diambil dari bahasa jepang “kosupure (コスプレ)”. Kosupure merupakan kependekan dari kosuchumu purei (コスチュム プレイ) yang artinya permainan kostum. Sehingga kata ini dalam bahasa inggris menjadi Costume play dan akhirnya disingkat menjadi Cosplay.

Cosplay adalah singkatan dari costume dan play, bagi penggemar cosplay akan disebut sebagai cosplayer. Jika secara harfiah costume dan play yang digabung menjadi cosplay memiliki arti bermain kostum.

Jadi Secara umum Cosplay artinya seseorang yang memakai kostum karakter seperti dalam serial Anime, manga, video game atau film dalam konteks seni dan praktek kostum.

Sejarah Cosplay

Cosplay memang kerap diidentikkan dengan Jepang, namun ternyata berawal di Amerika Serikat pada 1960, waw mengejutkan bukan? Hal tersebut berawal dari festival konveksi film bergenre fiksi ilmiah. Para penggemar dengan semangat menggunakan kostum tiruan.

Menggunakan kostum dan topeng memang adalah budaya yang sudah berkembang di lingkung Amerika Serikat. Contohnya saja dalam perayaan Hallowen atau adanya pesta topeng dengan kostum beraneka ragam.

Budaya cosplay lalu menyebar ke Jepang pada tahun 1970-an, sehingga membuat pemuda-pemuda menjadi gemar melakukan cosplay yang menurut mereka mengasyikkan. Hingga pada tahun 1978 diselenggarakan festival cosplay untuk pertama kalinya di Jepang, Ashinoko.

Pada awalnya penyebaran ke Jepang ini mendapat respons yang tidak positif dari warga Jepang. Sebab hal tersebut dinilai mencari sensasi saja. Berkat kekuatan media yang menebar kepositifan cosplay, maka seiring itu mulai mendapat respons yang baik dari warga Jepang.

Jenis Cosplay

Cosplay tidak hanya sekadar untuk anime, loh. Ternyata juga bisa untuk yang lain, yuk cek!

1. Cosplay Anime atau Manga

Cosplay satu ini meniru karakter yang ada di anime atau manga alias komik Jepang. Sekarang ini yang sedang tren di Indonesia adalah cosplay anime.

Contoh Cosplay Eren Anime Shingeki no kyojin:

Cosplay eren shingekin no kyojin

2. Cosplay Harajuku Style

Cosplay satu ini juga masih identik dengan jepang. Namun, memiliki ciri khas tersendiri dan lebih berani dalam bermain kostum.

Contoh Cosplay Rem Anime Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu :

Cosplay Harujuku Style REM

3. Cosplay Gothic

Merupakan cosplay yang mengambil pakaian dan make up mengusung warna hitam.

Cosplay Gothic Satoru Gojo Jujutsu Kaisen :

Cosplay Gothic Satoru Gojo Jujutsu Kaisen

4. Cosplay Tokusatsu

Inspirasi atau yang ditiru adalah karakter dalam film Tokusatsu.

Contoh Cosplay Tokusatsu Power Ranger:

Cosplay Tokusatsu Power Ranger

5. Cosplay Game

Bermain kostum yang satu ini memiliki inspirasi karakter game. Karakter game yang terkenal saat ini ada berbagai macam loh.

Contoh Cosplay Wanwan Mobile Legend:

Cosplay Wanwan Mobile legend

6. Cosplay Dongeng

Cosplay yang mengambil kostum karakter yang istimewa atau heroik. Biasanya karakter satu ini memiliki keistimewaan untuk ditiru melalui bermain kostum.

Contoh Cosplay Dongeng Aladin:Cosplay Aladin

Penutup

Bagaimana? Sudah ada gambaran bukan? Mengenai cosplay artinya apa? Bahkan zaman sekarang kamu bisa melihat pertunjukan cosplay yang digelar di Indonesia oleh komunitas cosplayer, loh. Jika kamu penasaran, kamu bisa mengunjungi festival yang mereka buat.

Kahfi Talk less Do More