Kahfi Talk less Do More

Cara Membuat Dan Download Short YouTube Termudah

3 min read

Download Short YouTube

YouTube beberapa waktu lalu telah merilis fitur baru, yakni YouTube Shorts. Dalam fitur ini, para pengguna yang memiliki channel YouTube dapat mengunggah video berdurasi pendek dan video tersebut akan ditampilkan di beranda YouTube pengguna lain. Bagi yang tertarik untuk menyimpan video tersebut ke dalam galeri ponsel, maka Anda dapat dengan mudah melakukan download short YouTube dengan cara yang mudah.

Namun sebelum mengetahui cara-cara mudah untuk mendownload video, akan lebih baik untuk lebih mengenal fitur terbaru YouTube Shorts ini terlebih dahulu.

Untuk mengetahui penjelasan lebih mendalam tentang fitur ini serta cara mendownloadnya, berikut ini adalah informasi yang wajib untuk Anda simak dan pahami.

Apa Itu YouTube Shorts

Salah satu platform media sosial terbesar di dunia, YouTube telah meluncurkan fitur terbaru yaitu YouTube Shorts.
Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk berkreasi membuat video berdurasi pendek yang dibekali dengan fitur edit. Durasi video dari fitur YouTube Shorts ini mulai dari 15 detik hingga 1 menit.

Dalam pembuatan video pendek tersebut, para kreator dapat menambahkan audio yang telah terintegrasi di YouTube. Dengan kata lain, para kreator dapat menggunakan seluruh audio yang ada di YouTube untuk mengkreasikan konten mereka.

Untuk menemukan fitur YouTube Shorts, Anda bisa mengeceknya di menu bagian bawah pada aplikasi YouTube. Di dalam menu tersebut terdapat video short yang direkomendasikan oleh YouTube berdasarkan algoritma yang diterapkan.

Dengan kata lain, Anda akan menikmati konten video short yang sesuai dengan minat dan keinginan Anda.

Cara Membuat YouTube Shorts

Sebelum membahas tentang cara download short YouTube, ada baiknya untuk mengetahui cara pembuatannya. Untuk membuat video short YouTube dengan mudah, maka berikut ini adalah panduannya.

1. Buka aplikasi YouTube yang telah terinstall di ponsel pintar Anda

2. Buatlah channel YouTube

3. Tekan menu dengan ikon + yang berada di layar bagian bawah tengah

4. Pilih opsi “Buat Video Shorts” dengan cara menekannya

5. Berikan akses perizinan pada aplikasi dengan menekan tombol “Izinkan Akses

6. Pilihlah durasi video yang Anda inginkan dengan cara menekan angka yang berada di layar bagian bawah tengah. Anda dapat memilih durasi video selama 15 ataupun 60 detik

7. Untuk merekam video secara langsung, Anda dapat menekan tombol merah yang muncul pada layar. Tetapi apabila Anda menginginkan menggunakan video yang ada di galeri, maka Anda dapat menekan kotak kecil berisi galeri yang berada di sebelah kiri tombol merah

8. Apabila video telah sesuai, selanjutnya Anda bisa mengatur kecepatan video dengan cara menekan opsi di layar sebelah kanan atas

9. Setelah itu, Anda bisa menambahkan suara, teks, filter sesuai yang diinginkan

10. Tekan menu “Berikutnya” yang berada di layar bagian atas

11. Tambahkan detail video seperti judul video

12. Tekan “Upload Video Shorts” di layar bagian bawah untuk melanjutkan ke tahap upload video

Cara Download Short YouTube

Untuk mendownload video short YouTube, terdapat beberapa cara yang bisa digunakan. Umumnya, Anda bisa mendownload video tersebut menggunakan sebuah website pihak ketiga.

Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa digunakan untuk mendownload video short di YouTube.

Download Video Short YouTube Melalui SaveFrom.net

Cara pertama yang biasa digunakan untuk mendownload video YouTube Shorts adalah SaveFrom.net. Dengan mengakses website tersebut, bahkan Anda bisa mendownload berbagai video dari internet yang bersumber tidak hanya dari YouTube. Anda dapat mendownload berbagai video dari Instagram, TikTok, Facebook, dan lain sebagainya.

Salah satu keunggulan yang dimiliki SaveFrom.net adalah tampilan websitenya yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Ketika Anda membuka halaman utama website tersebut, maka Anda dapat langsung dapat memulai pengunduhan video.

Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam melakukan download short YouTube, berikut ini adalah panduannya yang bisa Anda ikuti.

SaveFrom.net

 

1. Buka aplikasi YouTube yang ada di ponsel pintar Anda

2. Buka video Short YouTube yang ingin didownload

3. Tekan menu “Bagikan

4. Pilih opsi “Salin Link” dengan cara menekan opsi tersebut hingga URL video tersebut berhasil tersalin

5. Apabila link telah tersalin di clipboard, kemudian buka website SaveFrom.net di alamat URL https://id.savefrom.net/76/

6. Setelah halaman utama terbuka dengan sempurna, Anda akan melihat kolom kosong yang memuat perintah untuk memasukkan URL

7. Paste link video YouTube Shorts yang telah disalin sebelumnya ke kolom kosong tersebut

8. Lalu, tekan “Unduh

9. Tunggu beberapa saat hingga website menampilkan video yang ingin didownload

10. Pilihlah salah satu dari beberapa opsi kualitas video yang didownload

11. Kemudian tekan “Unduh

12. Video YouTube Shorts yang Anda inginkan akan terdownload secara otomatis

Download Short YouTube Melalui YouTube Shorts Downloader

Selain SaveFrom.net, website yang dapat digunakan untuk mendownload video Shorts adalah YouTune Shorts Downloader. Tidak seperti SaveFrom.net, website ini dibuat khusus untuk mendownload video-video yang ada di YouTube.

Keunggulan yang dimiliki oleh YouTube Shorts Downloader yaitu dapat melakukan download dengan cepat karena bandwidth tidak dibatasi. Selain itu, website ini juga bisa digunakan untuk mendownload banyak sekali video atau tidak terbatas serta dijamin keamanannya.

Untuk mengetahui bagaimana cara download video Short YouTube melalui website ini, berikut adalah panduannya.

1. Buka aplikasi YouTube yang terinstall di ponsel pintar Anda

2. Pilih video Short YouTube yang ingin didownload kemudian putar video tersebut

3. Tekan menu “Bagikan

4. Kemudian, pilihlah opsi “Salin Link” untuk menyalin URL video short

5. Apabila link telah tersalin di clipboard, kemudian buka website YouTube Shorts Downloader di https://ytshorts.savetube.me/id

6. Ketika halaman utama website tersebut telah terbuka dengan sempurna, maka paste link URL video short yang telah disalin sebelumnya ke kolom kosong yang muncul

7. Tekan “Dapatkan Video” untuk memulai pengunduhan

8. Tunggu beberapa saat hingga proses loading pencarian video selesai dilakukan

9. Apabila video short yang dimaksud telah berhasil ditampilkan, maka video tersebut akan muncul di halaman website

10. Pilihlah kualitas video yang ingin didownload

11. Kemudian tekan “Unduh” untuk melanjutkan proses download

12. Tunggu beberapa saat hingga video YouTube Shorts yang Anda selesai didownload

Demikian informasi seputar download short YouTube yang perlu Anda ketahui. Fitur YouTube Shorts kini semakin populer di kalangan para pengguna YouTube. Oleh karena itu, Anda juga harus menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan fitur tersebut. Dengan membaca penjelasan lengkap tentang YouTube Shorts dalam artikel ini, diharapkan dapat membantu Anda untuk memahami seluk beluk fitur ini.

Kahfi Talk less Do More