Kahfi Talk less Do More

Arti Kata Gretongan Dalam Bahasa Gaul dan Contohnya

1 min read

Gretongan

Gretongan

Kata ‘gretongan’ mungkin sering ditemui bagi kamu anak muda terutama yang sering menggunakan media sosial. Kata ini memang cukup populer dan sering digunakan terutama dalam aktivitas komunikasi yang sifatnya informal.

Mungkin saja, kamu sering menggunakannya sendiri dalam berkomunikasi. Kata ini memang sering ditemukan sekarang sebagai bagian dari bahasa gaul. Penggunaan kata ini juga sangat luas mulai dari aktivitas komunikasi secara langsung sampai di sosial media.

Arti Dari Kata Gretongan

Kata ini memang banyak dan sering ditemukan baik di percakapan secara langsung maupun secara virtual di berbagai media sosial. Namun, tidak sedikit orang yang mungkin tidak memahami benar arti gretongan dalam penggunaannya.

Bahkan, mungkin ada beberapa orang yang kesulitan saat menggunakannya. Karena tidak bisa menghubungkannya dengan makna atau aktivitas tertentu yang akan dilakukan. Padahal arti katanya sendiri terbilang cukup sederhana.

Arti kata ini menjurus pada ‘sesuatu yang gratis’ atau ‘gratisan’. Bisa dibilang kata ini memang plesetan dari kata gratisan. Istilah kata ini ternyata dikembangkan dari bahasa banci.

Jadi, memang sebelum kata ini digunakan secara luas seperti sekarang. Kata ini merupakan kata umum yang digunakan di kalangan para waria atau banci. Kata ini untuk merujuk pada sesuatu yang bisa didapatkan tanpa uang.

Maupun sesuatu yang bisa didapatkan tanpa perlu membayar atau mengeluarkan uang. Seiring dengan berjalannya waktu. Kata dalam bahasa gaul ini tidak terbatas pada kalangan waria saja, namun sudah digunakan secara luas.

Contoh Penggunaan Kata

Seperti yang dituliskan sebelumnya, kata ini diserap dari bahasa yang sering digunakan oleh para banci atau waria. Seiring dengan berjalannya waktu penggunaan kata gretongan lebih dinormalisasi dan digunakan secara luas.

Namun, fungsi dan rujukan dari kata ini sendiri tidak mengalami perubahan. Masih merujuk pada sesuatu yang gratis atau bisa didapatkan tanpa mengeluarkan uang maupun membayar. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah penggunaanya.

  • “Eh, kita naik grab aja yuk, aku punya voucher gretongan”
  • “Kita minum air putih aja yuk, gretong”

Itulah contoh gretongan berikut juga dengan arti kata dan bagaimana penggunaannya. Kata ini bisa digunakan utamanya dalam komunikasi informal dengan teman sebaya.

Kahfi Talk less Do More