Kahfi Talk less Do More

Cara Mengarsipkan Sorotan IG, Fitur Penting Untuk Online Bisnis

3 min read

Cara Mengarsipkan Sorotan IG

Instagram adalah media sosial yang mengizinkan para penggunanya untuk membagikan gambar dan video. Salah satu wadah yang disediakan adalah cerita Instagram atau instagram story. Yuk cari tau informasi mengenai cerita Instagram dan cara mengarsipkan sorotan IG. Selengkapnya

Informasi Tentang Cerita Instagram

Informasi Tentang Cerita Instagram

Instagram story atau cerita Instagram adalah salah satu fitur yang paling favorit digunakan oleh para pengguna Instagram. Instagram story menampilkan foto atau video berdurasi 15 detik.

Pada Instagram story, para pengguna diberikan fasilitas pelengkap. Diantaranya adalah musik, lokasi, hingga sticker. Tambahkan ornament tersebut untuk membuat tampilan Instagram story lebih menarik.

Ketika anda mengunggah Instagram story, foto dan video akan ditampilkan pada profil pengguna selama 24 jam. Selama 24 jam tersebut siapapun dapat melihat Instagram story anda sesuai dengan pengaturan. Lalu, setelah 24 jam IG story akan terarsip secara otomatis.

Arsip Cerita Instagram

Arsip cerita Instagram merupakan layanan yang memanjakan para pengguna untuk dapat menikmati IG story setelah 24 jam secara pribadi.

Arsip cerita Instagram merekam seluruh postingan Instagram story sejak Desember 2017. Cerita Instagram dapat terarsip secara otomatis.

Hal ini hanya berlaku pada postingan yang bertahan hingga 24 jam. Jika anda mengunggah cerita Instagram atau Instagram story, namun menghapusnya pada jam ke 12, maka cerita tersebut tidak akan masuk di arsip.

Layanan ini memudahkan anda yang hendak bernostalgia dari konten IG story yang pernah diunggah sebelumnya.

Layanan ini juga dapat memudahkan anda untuk mencari cara mengarsipkan sorotan IG.

Sorotan Cerita Instagram

Sorotan Instagram adalah kumpulan cerita Instagram/ Instagram story yang sengaja diarsipkan pada user untuk dapat ditampilkan dan dilihat kembali oleh para user Instagram lainnya.

Banyak pemanfaatan dari sorotan Instagram. Travel influencer memanfaatkannya sebagai pengelompokan daftar rekomendasi wisata di tiap kota atau negara.

Pelaku usaha UMKM memanfaatkannya sebagai wadah katalog produk knowledge dari barang atau jasa yang ditawarkan.

Tidak sebatas itu saja, beberapa user lainnya juga memanfaatkan untuk mengumpulkan berbagai resep hingga tips gaya hidup. Jumlah sorotan Instagram dibatasi maksimal 100 highlight.

Jika melebihi batas tersebut, kolom sorotan yang paling awal akan terarsip secara otomatis. Lalu, bagaimana cara mengarsipkan sorotan IG?

Cara Mengarsipkan Sorotan IG

Ada dua cara untuk mengarsipkan Instagram story. Baik secara langsung ketika postingan masih tersedia di kanal dan ketika Instagram story sudah terarsip. Berikut tutorial cara mengarsipkan sorotan IG:

1. Cara Membuat Sorotan IG dari Instagram Story

  • Buatlah postingan cerita Instagram atau Instagram story
  • Bukalah Instagram story yang sudah berhasil terunggah, klik ikon sorotan di bagian kanan bawah postingan
  • Klik baru untuk membuat sorotan IG baru. Beri judul sorotan dan klik tambah
  • Sorotan Instagram berhasil dibuat. Cek pada profil Instagram anda.

2. Sorotan Archive Instagram Story

  • Bukalah arsip cerita Instagram anda. Caranya klik profil, lalu ikon garis 3 di bagian pojok kanan atas.
  • Klik aktivitas anda, lalu pilih diarsipkan
  • Pada menu berikutnya akan muncul seluruh Instagram story yang pernah anda buat dari Desember 2017
  • Pilihlah cerita IG yang akan anda arsipkan. Tersedia mode tampilan dalam bentuk galeri dan lokasi. Hal ini dapat mempermudah anda untuk mencari Instagram story yang dimaksud.

Cara Mengelompokan Sorotan IG

Tahukah anda, bahwa jika sorotan pada Instagram dapat dibuat hingga 100 sorotan? Fitur ini dapat anda maksimalkan sebaik mungkin. Yuk simak cara membuat sorotan baru di Instagram:

  • Pilih cerita yang akan dimasukan ke dalam sorotan baru
  • Klik tombol sorotan di bagian kanan bawah, pilih tambah sorotan baru
  • Beri judul sorotan baru anda yang sesuai.

Cara Membuat Sampul Sorotan IG

Sampul sorotan atau highlight cover menjadi komponen penting bagi tampilan profil anda. Anda dapat menyusun halaman sorotan dengan desain milik anda sendiri. Berikut cara membuat sampul sorotan IG

  • Buatlah desain sampul sorotan sesuai keinginan
  • Unggah desain tersebut pada cerita Instagram
  • Lakukan arsip pada sampul sorotan yang baru saja diunggah.
  • Pada tahap berikutnya, masuk ke halaman sorotan Instagram anda. Kemudian klik lainnya atau simbol titik tiga pada bagian kanan bawah
  • Pilih edit sorotan dilanjutkan dengan edit sampul
  • Pilihlah cover yang diinginkan dan atur posisi cover agar lebih sesuai. Terakhir tinggal klik tombol simpan di bagian kanan atas.

Manfaat Sorotan Cerita di Instagram

Setelah mengetahui cara mengarsipkan sorotan IG, kini saatnya anda berkreasi. Sorotan cerita di Instagram dapat dioptimalkan bagi anda para pelaku usaha. Baik pengusaha produk ataupun jasa profesional. Berikut referensi sorotan cerita di Instagram:

1. Daftar QnA Pengikut di Instagram

Setiap jenis usaha pasti sering menerima banyak pertanyaan dari para calon pembeli. Tidak jarang pertanyaan ini memiliki bunyi serupa dan ditanyakan berkali-kali.

Tentu rasanya akan terasa mengganggu jika ternyata ada pertanyaan lain yang belum pernah terjawab dan tertimpa informasi yang sama.

Anda dapat memaksimalkan fitur sorotan untuk menjawab QnA yang paling banyak ditanyakan. QnA dapat memuat 10 – 20 pertanyaan yang paling sering ditanyakan.

Harapannya langkah ini akan memudahkan anda untuk lebih produktif dan terbuka dengan informasi baru.

2. Highlight Testimonial Pembeli

75% calon pelanggan akan memutuskan membeli produk atau menggunakan jasa yang yang sudah memiliki testimoni baik.

Dengan menampilkan testimoni pada sorotan Instagram anda dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Jangan lupa untuk menampilkan testimoni secara menarik. Anda dapat menambahkan beberapa latar belakang yang menarik dan nyaman untuk dilihat.

3. Tata Cara Penggunaan atau Perawatan

Sebagai pemilik usaha tentunya anda menginginkan pelayanan prima bagi seluruh pelanggan.

Contohnya memberikan pelayanan dapat berupa tips cara mencuci jenis kain pada pakaian tertentu. Atau contoh lainnya tips menghangatkan makanan yang baik.

Sorotan dengan konsep ini diharapkan dapat mampu memberikan layanan after sales bagi para customer.

4. Promosi Acara

Salah satu strategi dalam pengembangan bisnis adalah melakukan promosi acara.

Manfaatkan fitur sorotan untuk mengekspos jenis promosi anda. Promosi harga potongan, promosi bazaar, hingga promosi kolaborasi dapat anda tentukan.

Jangan lupa cara mengasrsipkan sorotan IG terdepan. Hal ini akan lebih menjangkau banyak pengunjung.

5. Daftar Layanan

Anda juga dapat memaksimalkan fitur sorotan dengan membuat daftar layanan. Contohnya  seperti usaha jasa wedding organizer.

Anda dapat membuat daftar layanan gedung, make up artis, dan catering yang bekerja sama. Anda juga dapat menampilkan beberapa jasa paket yang tersedia.

Hal ini tentu akan lebih memikat calon pengguna jasa ketika melihat detail layanan yang diberikan.

Yuk, mulai terapkan sorotan Instagram story akun anda saat ini juga. Jangan lupa untuk terapkan tutorial cara mengarsipkan sorotan IG di atas.

Kahfi Talk less Do More