Kahfi Talk less Do More

Sound of Text Wanita : Cara Membuatnya Menjadi Nada Dering WA

3 min read

Sound of Text Wanita

Nada dering pada aplikasi WhatsApp memang bisa menggunakan banyak pilihan. Selain menggunakan pilihan nada dering default atau bawaan, Anda juga bisa menggunakan jenis nada dering lainnya. Misalnya saja dengan membuat sendiri nada dering dengan bantuan sound of text wanita yang cukup unik dan menarik.

Menggunakan nada dering buatan sendiri akan menjadikan notifikasi WhatsApp menjadi semakin unik dan menarik. Hal ini tentunya akan membuat notifikasi pada aplikasi yang Anda miliki menjadi berbeda dan mempunyai ciri khas tertentu.

Apa Itu Sound Of Text Wanita?

Sound of Text Wanita

Mungkin banyak diantara Anda yang masih bertanya-tanya mengenai apa itu nada dering suara wanita pada aplikasi WhatsApp. Sebenarnya tidak ada pengertian khusus dari nada dering ini karena memang tidak terlalu jauh berbeda dengan nada dering pada umumnya.

Singkatnya, sound of text wanita adalah sebuah nada dering dalam bentuk ucapan yang dilakukan oleh seorang wanita. Dengan demikian maka suara yang dihasilkan pun merupakan suara seorang wanita sesuai dengan teks yang Anda inputkan dalam proses pembuatannya.
Secara umum, sound of text merupakan suatu jenis aplikasi atau situs yang bisa digunakan untuk untuk mengubah teks menjadi bentuk audio. Jika Anda menginginkan suara perempuan, maka nantinya teks tersebut akan bisa diubah menjadi bentuk audio suara seorang perempuan seperti suara yang ada pada aplikasi Google.

Baca Juga: Cara Membuat Pesan Nada Dering Pria Untuk Whatsapp

Suara wanita ini nantinya akan bisa digunakan sebagai bagian dari nada dering untuk aplikasi pada ponsel pintar yang Anda miliki. Beberapa penggunaannya antara lain dalam aplikasi WhatsApp, nada dering telepon, maupun pada notifikasi-notifikasi lain yang sesuai kebutuhan penggunaan.

Secara umum, ada cukup banyak jenis aplikasi ataupun perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat suara seorang wanita. Anda hanya perlu memilih jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan dan juga durasi audio yang diinginkan.

Proses pengubahan dari teks menjadi bentuk audio pun sebenarnya relatif cukup mudah. Anda tidak membutuhkan proses maupun perlengkapan yang kompleks agar bisa menghasilkan suatu bentuk audio untuk dijadikan sebagai notifikasi di ponsel pintar.

Cara Membuat Suara Wanita Menggunakan Sound of Text

Cara Membuat Sound of Text Wanita

Salah satu situs atau perangkat lunak yang sangat populer untuk digunakan membuat suara wanita adalah Sound of Text. Melalui situs ini, Anda bisa melakukan pembuatan berbagai macam jenis audio secara lebih praktis dan mudah tanpa perlu harus merasa kebingungan lagi.

Perangkat lunak ini memiliki tampilan yang terbilang cukup user friendly sehingga para penggunanya tidak akan merasa kebingungan dengan tampilan tersebut. Untuk memudahkan navigasi, tampilan situs ini pun didominasi oleh kombinasi warna hijau dan juga putih yang membuatnya terlihat menarik saat digunakan.

Baca Juga: Cara Membuat Sound Of Text BTS

Bagi Anda yang tertarik menggunakan suara wanita untuk menjadi nada dering di ponsel, berikut adalah gambaran umum cara pembuatannya menggunakan Sound of Text.

1. Buat Sound Of Text Wanita Dengan Mengunjungi Situs Resminya

Sebelum bisa membuat suara wanita untuk kebutuhan audio ataupun nada dering, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui situs resminya. Silakan Anda bisa mengunjungi situs resmi platform tersebut melalui perangkat mesin pencari yang ada di ponsel atau komputer Anda.

Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa saja mengetikkan kata kunci berupa “sound of text wanita” pada laman mesin pencari. Nantinya Anda bisa menemukan jenis platform dan situs yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

2. Masukkan Teks yang Diinginkan

Masukkan teks Yang diinginkan

Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan perangkat pengubah teks menjadi suara tersebut secara bebas. Bahkan Anda bisa memasukkan berbagai macam kata-kata atau teks yang sembarang ke dalam kolom yang disediakan.

Akan tetapi, ada baiknya kalau Anda menggunakan teks-teks atau kalimat yang sopan dan baik untuk digunakan. Pasalnya, jika Anda menggunakan audio tersebut untuk nada dering maka akan banyak orang yang bisa mendengarkan. Sehingga tentunya kurang etis jika menggunakan kalimat-kalimat yang tidak pantas.

Untuk memulai proses pembuatan teks menjadi audio, Anda bisa langsung memasukkan rangkaian teks atau kalimat pada kolom yang sudah disediakan. Silakan Anda masukkan tulisan yang ingin diubah ke dalam kolom Text tersebut secara lengkap dan sesuai ketentuan.

3. Pilih Bahasa yang Digunakan

Setelah memasukkan teks ke dalam kolom yang sudah disiapkan maka proses pembuatan suara wanita tidak berhenti sampai disitu saja. Anda perlu memilih bahasa yang akan digunakan dalam teks audio tersebut. Biasanya sejumlah perangkat lunak sudah mendukung penggunaan berbagai jenis bahasa untuk bisa digunakan sebagai luaran suara tersebut.

Perlu digaris bawahi bahwa tidak semua perangkat lunak menyediakan fitur pemilihan jenis bahasa native. Pada beberapa kasus ada yang membatasi jumlah dan jenis bahasa yang bisa digunakan untuk menghasilkan audio tersebut.

4. Unduh Audio yang Dihasilkan

Setelah Anda melakukan klik Submit atau Upload sesuai dengan yang ada di aplikasi, maka teks tersebut pun akan diubah menjadi audio. Anda hanya perlu menunggu proses tersebut hingga selesai dilakukan.

Anda bisa mendengarkan terlebih dahulu preview suara tersebut dengan menekan tombol Play. Namun jika ingin langsung mengunduh dan menyimpannya, maka bisa langsung klik Download pada kolom yang sudah disediakan.

Cara Membuat Suara Wanita Menjadi Nada Dering di WA

Kalau Anda sudah menyimpan file hasil pengubahan teks menjadi audio, maka file tersebut pun sudah bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Anda bisa menggunakan file tersebut untuk berbagai keperluan seperti mengisi dubber dan bahkan menjadikannya sebagai nada dering.

Bagi Anda yang tertarik menjadikan file audio suara wanita tersebut menjadi nada dering, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

1. Simpan File Sound Of Text Wanita Di Ponsel

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat ingin menjadikan file audio suara wanita menjadi nada dering adalah terlebih dahulu menyimpannya. Silakan Anda bisa menyimpan file tersebut pada memori internal penyimpanan telepon Android yang dimiliki.

Untuk memudahkan proses dan juga pencarian file audio suara wanita tersebut, ada baiknya kalau Anda memindahkan file berbentuk mp3 tersebut ke folder khusus. Biasanya, file jenis ini ditempatkan pada folder Notifications yang ada pada bagian root folder ponsel.

2. Buka Aplikasi WhatsApp

Kalau Anda sudah berhasil menyimpan file tersebut, silakan bisa buka aplikasi WhatsApp yang dimiliki. Lalu klik bagian menu titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas untuk membuka menu Pengaturan ponsel.

Setelah itu, Anda bisa klik pada bagian menu Notifications Tone lalu pilih pada nama file mp3 hasil pengubahan teks menjadi audio tersebut. Setelah klik OK maka nantinya secara otomatis nada dering notifikasi WhatsApp pun akan berubah sesuai dengan file audio suara wanita buatan sendiri tersebut.

Itulah pembahasan lengkap mengenai sound of text wanita dan cara menggunakannya menjadi nada dering notifikasi di WhatsApp. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin membuat nada dering notifikasi di aplikasi WA secara custom.

Kahfi Talk less Do More