Kahfi Talk less Do More

7 Daerah Penghasil Pala Terbaik di Indonesia yang Banyak Mengekspor ke Luar Negeri

3 min read

Daerah Penghasil Pala Terbaik di Indonesia

Daerah Penghasil Pala Terbaik di Indonesia

Di mata dunia Indonesia adalah negara yang menghasilkan rempah-rempah dengan jumlah terbanyak. Lalu, dimanakah daerah penghasil pala terbaik di Indonesia? Apakah Anda mengetahuinya?

Ada beberapa daerah penghasil pala terbaik yang mungkin belum Anda ketahui. Tersebarnya sejumlah daerah penghasil pala turut berkontribusi pada roda perekonomian Indonesia. Sebab, pala menjadi komoditas yang cukup banyak diekspor.

Beberapa jenis pala di Indonesia bahkan sudah terkenal di dunia. Jadi, Anda patut berbangga dan mengetahui dimana saja daerah penghasil pala terbesar di Indonesia. Dalam artikel ini akan diulas informasi seputar pala dan dimana saja penghasil pala di Indonesia.

Sekilas Tentang Rempah Pala

Rempah-rempah pala sebetulnya merupakan biji yang berasal dari pohon pala di Indonesia. Setelah biji pala dipanen akan dilakukan pengeringan yang terpapar sinar matahari secara langsung sekitar satu minggu.

Setelah dikeringkan bagian di dalam biji pala akan menjadi kecil dan terkelupas dengan sendirinya. Produksi pala di Indonesia tidak hanya diperuntukkan untuk menghasilkan pala sebagai rempah-rempah, tetapi juga untuk diproduksi menjadi minyak pala.

Rempah-rempah pala sangat dibutuhkan dalam berbagai masakan sehingga menciptakan rasa yang lezat. Banyak negara asing tertarik menggunakan pala dalam masakan karena bisa dijadikan sebagai penyedap rasa alami.

Daerah Penghasil Pala

Daerah penghasil pala terbaik di Indonesia tersebar di berbagai wilayah. Maka tak heran jika ada banyak perusahaan pala dengan produksi yang melimpah. Berikut daftar wilayah penghasil pala terbaik:

1. Pulau Siau

Pulau Siau yang berada di wilayah Sulawesi Utara menjadi Pulau penghasil pala dengan produksi cukup banyak. Kualitas pala yang dihasilkan dari wilayah ini tak perlu diragukan lagi. Sudah terbukti, pala dari Pulau Siau banyak diekspor ke berbagai negara.

Pulau Siau mampu menghasilkan pala hingga lebih dari 5 ribu ton di setiap tahunnya. Faktor lainnya yang membuat Pulau Siau menjadi daerah penghasil pala terbaik di Indonesia yaitu karena wilayah ini sudah mengantongi sertifikat yang menunjukan kualitas pala terbaik.

Jadi, kualitas pala dari Pulau Siau sudah diakui di level internasional. Jika dilihat dari aspek geografis, Pulau Siau memiliki tanah yang sangat subur sehingga mampu menghasilkan kualitas pala terbaik.

2. Maluku Utara

Daerah penghasil pala terbaik di Indonesia yang berikutnya yaitu Maluku Utara. Daerah ini cukup banyak menghasilkan pala dengan kualitas terbaik. Bahkan Maluku Utara mampu mengekspor pala dengan nilai hingga 32,6 USD.

Untuk jumlahnya Maluku Utara bisa menghasilkan 47 ton Pala dalam satu tahun. Wilayah ini memiliki lahan sekitar 50 hektar untuk perkebunan pala. Maka tak heran jika Maluku Utara mendapatkan sumber pendapatan paling banyak dari ekspor pala.

Di sepanjang tahun 2020, Maluku Utara menjadi pusat wilayah yang paling banyak menghasilkan ekspor pala. Negara yang paling banyak menerima ekspor pala dari Maluku Utara yaitu Cina dengan harga total mencapai USD 215 juta di tahun tersebut.

3. Papua Barat

Papua Barat juga menjadi salah satu daerah penghasil pala terbaik di Indonesia. Daerah yang paling banyak menghasilkan pala di Papua Barat yaitu Fakfak. Tanah Papua memang sangat subur dan baik untuk ditanam komoditi jenis apapun.

Bahkan, sejak masa penjajahan Kota Fakfak sudah diandalkan untuk menghasilkan komoditi berupa pala. Maka pawai juga menjadi salah satu komoditi unggulan yang berkontribusi cukup besar atas sumber penghasilan daerah Papua Barat.

4. Aceh

Berikutnya, daerah penghasil pala terbaik di Indonesia adalah Aceh. Wilayah Sumatera memang memiliki tanah yang sangat bagus untuk perkebunan salah satunya yaitu pala. Aceh sendiri memiliki wilayah perkebunan pala yang sangat luas.

Penghasilan daerah yang didapatkan Aceh dari ekspor pala juga sangat besar. Dari luas perkebunan pala yang mencapai 2 hektar, Aceh mampu mendapatkan penghasilan hingga Rp3 triliun.

Saat ini, Aceh Selatan menjadi pusat penghasil pala terbesar di Sumatera. Manfaat pala di Aceh sangat berkontribusi atas penghasilan daerah utama yang bisa membuatnya jadi salah satu wilayah maju di Indonesia.

5. Sulawesi Tengah

Tak hanya diandalkan sebagai sumber penghasilan daerah utama, pala juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan ekonomi Indonesia. Nilai ekspor pala dari daerah ini ke berbagai negara sudah sangat besar nilainya hingga Rp 500 miliar.

Hasil panen pala dari Sulawesi Tengah sangat berkualitas dan sudah sesuai dengan syarat internasional untuk diekspor. Salah satu negara yang sudah menjadi langganan dari ekspor pala di Sulawesi Tengah yaitu Tiongkok.

6. Banda Neira

Daerah penghasil pala terbesar di Indonesia adalah Banda Neira. Daerah ini bahkan memiliki julukan surga perkebunan pala dari Timur. Selain memiliki keindahan alam yang sudah sangat terkenal, ternyata daerah ini juga memiliki lahan perkebunan pala yang sangat luas.

Banda Neira bahkan menjadi salah satu daerah bersejarah karena perkebunan pala sempat diperebutkan bangsa Belanda saat penjajahan. Sebab pada zaman itu, kepala menjadi komoditas yang sangat berharga dengan harga pala yang setara dengan harga logam mulia.

7. Maluku

Daerah penghasil pala terbaik di Indonesia yang berikutnya yaitu Maluku. Meskipun menghasilkan cukup banyak pala yang diekspor, Maluku sempat memutuskan berhenti untuk membudayakan perkebunan pala.

Keputusan tersebut ditetapkan karena adanya konflik Ambon di tahun 1999. Namun pada akhirnya Maluku kembali memulai ekspor pala dengan jumlah 28 ton biji pala ke Tiongkok. Hasil ekspor pala dari Maluku mampu menghasilkan hingga USD 250 juta.

Besarnya penghasilan Maluku yang bersumber dari ekspor pala membuat para petani di wilayah ini sangat bersemangat untuk menggenjot nilai ekspor. Apalagi, hasil ekspor tidak hanya berkontribusi terhadap penghasilan daerah tetapi juga berdampak positif pada ekonomi negara.

Apa Saja Manfaat Pala?

Pala yang terkenal sebagai komoditas andalan Indonesia dan banyak diekspor memiliki berbagai manfaat. Selain disajikan dalam bentuk minuman dan penyedap rasa makanan, ada beberapa manfaat lainnya dari pala yaitu:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pola yang disajikan sebagai minuman herbal dapat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan pala itu sendiri memiliki sifat antibakteri sehingga mampu melindungi tubuh dari serangan bakteri berbahaya.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak pala mampu melindungi tubuh dari bakteri Streptococcus Mutans dan Porphyromonas Gingivalis yang dapat merusak gigi. Jadi, Anda bisa mengonsumsi minuman herbal dari pala untuk menjaga kesehatan gigi.

2. Menyembuhkan Penyakit Radang Sendi

Manfaat lainnya dari para yaitu mampu menyembuhkan penyakit radang sendi. Sebab pala memiliki sifat anti inflamasi dengan kandungan senyawa monoterpen yang mampu meringankan peradangan bagi si penderita.

3. Meningkatkan Performa Seks

Dalam beberapa penelitian konsumsi pahala juga berkontribusi terhadap peningkatan performa seks. Selain itu perlu juga bisa mengatasi gangguan seksual seperti disfungsi ereksi.

Itulah daftar daerah penghasil pala terbaik di Indonesia dengan nilai ekspor yang cukup besar. Pemerintah selalu berupaya meningkatkan jumlah ekspor pala hingga Indonesia menjadi negara eksportir pala terbesar di dunia.

Kahfi Talk less Do More