Kahfi Talk less Do More

Cara Mencari Arah Satelit Telkom – 4 Terbaru 2022

3 min read

Arah Satelit Telkom - 4

Bagi para pemilik parabola, menyaksikan siaran kesayangan di TV dengan memakai pemancar sinyal tentulah menjadi kepuasan tersendiri. Untuk itulah penting sekali bagi para pemilik antena jenis parabola untuk mengetahui garis bujur sebagai arah satelit Telkom – 4.

Antena parabola sendiri adalah sebuah nama perangkat yang keberadaannya berfungsi sebagai komponen sehingga pemiliknya dapat menikmati berbagai macam siaran televisi dengan bantuan satelit. Bukan hanya siaran tv lokal saja namun siaran dari mancanegara juga.

Selain luasnya jangkauan, keuntungan lain yang dapat diperoleh dari penggunaan antena parabola adalah mutu audio dan video yang ditampilkan sangat tinggi jika dibandingkan TV analog UHF. Di bawah ini akan diuraikan cara mencari arah satelit Telkom – 4.

Sekilas Tentang Parabola dan Satelit Tekom – 4

Parabola sendiri adalah nama dari salah satu jenis antena yang dimanfaatkan sebagai perangkat inti untuk melakukan penangkapan frekuensi satelit. Frekuensi dari satelit ini nantinya akan ditampung oleh sebuah receiver untuk dilakukan perubahan bentuk menjadi suara dan gambar.

Agar fungsi dari antena parabola ini dapat mencapai tingkat tertingginya yang paling maksimal maka diperlukan pemasangan yang tepat. Pemasangan yang tepat ini meliputi komponen atau bagian fisik pembentuknya maupun lokasi dimana antena parabola akan dipasang.

Semakin tepat penentuan lokasi pemasangan antena parabola maka intensitas sinyal yang ditangkapnya juga akan semakin tinggi. Tentu dengan kualitas sinyal yang maksimal akan menjadi jaminan siaran tivi yang dinikmati akan lancar tanpa ada kendala.

Sedangkan pengertian Satelit Telkom – 4 atau Satelit Merah Putih menurut Wikipedia adalah satelit komunikasi geostasioner milik pemerintah Indonesia Dalam pengoperasiannya Satelit – 4 ini dijalankan oleh perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia.

Dengan arah satelit Telkom – 4 yang tepat maka para pemilik antena parabola akan dapat meraih siaran tayangan yang dipancarkan dari stasiun tivi TRANS7, TRANS TV dan ANTV.

Trending:  Cara Paralel Transistor Final Toshiba 2 set

Untuk arah dari garis bujur satelit Telkom – 4 2022 dengan posisi orbit geostasioner Telkom 1 dan 3S sudah pasti berbeda. Jika Telkom 3S berada di orbit 118 °E, maka garis bujur satelit Telkom – 4 2022 menempati posisi pada orbit 108.0 °E (Bujur Timur).

Lalu Bagaimanakah Cara Mencari Arah Satelit Telkom – 4?

Nantinya ada dua jenis cara mencari arah parabola Telkom – 4 2022 yang dapat dilakukan. Yaitu yang pertama dengan melakukan pengaturan secara manual pada bagian fisik tiang, kemudian yang kedua dengan jalan melakukan perubahan pada dseq atau switch.

1. Mencari Arah dengan Memutar Arah Tiang Fokus

Metode pertama ini hanya dapat digunakan apabila sang pemilik antena parabola pernah melakukan perubahan arah dari tiang fokus. Kejadian tersebut mungkin terjadi ketika PT Telekomunikasi Indonesia melakukan perubahan satelit Telkom 3S.

Jika iya maka sang pemilik antena parabola yang pernah melakukannya harus kembali memutar arah antena parabola miliknya kembali ke arah awal, yaitu arah dari bentuk cangkul harus menghadap ke timur agar dapat menangkap arah parabola Telkom – 4.

Nah setelah posisi sudah kembali lagi, maka proses pelacakan arah satelit Telkom – 4 yang terbaru, baru akan dapat dimulai guna melakukan penguncian sinyal.

Apabila setting antena parabola memakai program Satelit PALAPA port 01 dan Satelit TELKOM 4 port 02 maka berarti posisi dseq tidak berubah. Sehingga dengan cara memutar tiang fokus ini saja maka arah satelit Telkom – 4 dapat ditemukan.

2. Mencari Arah Satelit Telkom – 4 dengan Merubah Dseq

Merubah posisi dseq artinya adalah melakukan perubahan fungsi dari setiap LNB. Langkahnya sebagai berikut:

  1. Gantilah posisi frekuensi LNB telkom – 4 sehingga nantinya receiver pada antena di posisi port LNB 1 akan ditempatkan Papala. Sedangkan pada LNB bagian 2 ditempatkan satelit Telkom – 4.
  2. Pastikan agar hal ini tidak terbalik, agar tidak terjadi sinyal saling tarik-menarik sehingga akan mengakibatkan kedua sinyal baik yang berasal dari satelit palapa, maupun sinyal yang berasal dari Telkom – 4 akan hilang.
  3. Perhatikan selalu warna kabel selama proses instalasi, kemudian samakan kombinasi warnanya pada saat pengaturan antena pada receiver.
  4. Ingatlah selalu bahwa jika bentuk cangkul parabola menghadap ke arah barat berarti fokus cangkulnya harus dibalik ke arah timur.
  5. Sebaliknya jika tiang fokus masih mengarah timur dimana satelit Palapa port 2, dan satelit Telkom- 4 ada di port 1, maka diubah menjadi Telkom – 4 di port 2 dan Palapa di port 1.
  6. Setelah itu lakukan pelacakan sinyal dengan cara menambah frekuensi terbaru dari satelit Telkom – 4. Contohnya, Trans tv dan Trans 7 masuk ke dalam edit frekuensi pada masing masing chanel sebab frekuensinya akan berbeda dengan di satelit telkom sebelumnya yaitu Telkom 3s. Metode lainnya sebagai cara menambah frekuensi juga bisa dilakukan dengan jalan mengakses menu tambah chanel.
  7. Setelah itu gunakanlah frekuensi arah parabola Telkom – 4 2022, untuk memonitor pergerakan dari antena parabola secara perlahan-lahan sembari mengamati sinyal yang telah diperoleh.
  8. Perlu diketahui jika kode satelit Telkom – 4 akan berbeda pada setiap channel. Contoh kode satelit Telkom – 4 untuk RCTI adalah berada pada frekuensi 4034 Mhz H 16600, ANTV: Frekuensi 3850 Mhz H 6000, Trans 7: Frekuensi SD 3906 H 6249 Sedangkan frekuensi HD ada pada 3888 H 9599/9600, TV One: Frekuensi SD 4174 Mhz, dan Frekuensi HD 3720 Mhz, H 6000: 32727. Untuk informasi kode satelit lainnya, bisa didapatkan dengan melakukan browsing di internet.
Trending:  Identifikasi Persamaan IC Vertikal LA78141

Menambahkan Satelit Telkom – 4

Khusus untuk para pengguna antena parabola dengan jenis receiver lama, maka bisa dipastikan jika satelit Telkom – 4 tidak akan ada di dalam daftar satelit. Untuk itu, nama satelit yang dapat digunakan pada jenis receiver lama ini adalah satelit Telkom 1 atau satelit Telkom 3s.

Namun apabila receiver jenis MPEG 4 kesulitan untuk menambahkan frekuensi baru, maka jalan keluarnya adalah melakukan pembaharuan pada sistem firmware receiver.

Atau dapat juga dengan meminta bantuan pinjam antena pemilik parabola di dekat wilayah Anda untuk melakukan updating pada frekuensi satelit Telkom yang paling baru.

Syarat untuk melakukan hal ini hanya satu, yaitu satelit yang akan dipinjam tersebut menggunakan receiver normal (bukan jenis receiver lama MPEG 4). Selain itu receiver juga sudah harus dilakukan update dengan frekuensi terbaru dari Telkom 4.

Mengapa? Karena pada receiver tipe terbaru sudah tersedia sistem firmware paling anyar sehingga Telkom 4 sudah bisa digunakan untuk mencari sinyal. Akan tetapi tetap selalu pastikan jika kode frekuensi yang diinput merupakan kode frekuensi terbaru.

Nah demikianlah uraian serta penjelasan berikut informasi yang menyertainya tentang cara mencari arah satelit Telkom – 4 yang terbaru pada tahun 2022 ini.

Kahfi Talk less Do More