Kahfi Talk less Do More

Cara Menyambung Speaker 3 Way Rumahan yang Tepat

3 min read

Cara Menyambung Speaker 3 Way

Setiap orang mungkin memiliki pendapat berbeda tentang urutan instalasi sound sistem dalam cara menyambung speaker 3 way. Setiap soundman punya cara tersendiri untuk menyusun instalasi aksesoris sound sistem agar performa maksimal.

Sound audio sistem biasanya menggunakan sejumlah perangkat, seperti mixer, kabel, speaker manajemen, equalizer, amplifier, crossover, crossover pasif dan speaker. Semakin sederhana instalasi yang dibuat maka semakin mudah saat di lapangan.

7 Perangkat Sound System

Sebelum mengenali jenis instalasi sound sistem speaker 3 way, ada baiknya Anda mengetahui apa saja perangkat yang terlibat dalam sistem ini. Sebelumnya, sudah dijelaskan beberapa perangkat yang digunakan dalam sound audio sistem.

Perangkat sound system yang tidak lengkap tentu akan mempengaruhi fungsi dari sound system tersebut. Hal ini dikarenakan setiap perangkat sound system berfungsi secara berkesinambungan jadi saling berkaitan satu sama lain.

Untuk mengetahui cara menyambung speaker 3 way dengan baik, Anda harus memahami perangkat dan fungsinya berikut ini.

1. Mixer Audio

Perangkat pertama yang digunakan dalam sound system adalah mixer audio yang berfungsi untuk mengolah audio dari sumber suara. Mixer dilengkapi jack untuk menyalurkan suara dari sumbernya agar bisa masuk ke perangkat.

Jack bisa disambungkan ke speaker atau headphone, tergantung pada instalasi sound system yang Anda buat dalam cara pasang kabel speaker 3 way.

2. Equalizer

Equalizer juga memiliki peran penting dalam sound system karena fungsinya sebagai pengatur gelombang suara agar terdengar jernih dan seimbang. Tanpa adanya perangkat ini, suara yang masuk dari sumber suara akan terdengar kurang jernih.

Melemahkan dan menguatkan frekuensi tertentu pada suara merupakan tugas utama dari perangkat equalizer dalam cara memasang speaker 3 way.

3. Compressor

Selanjutnya, Anda juga akan membutuhkan perangkat compressor yang berfungsi untuk mencegah gangguan indera pendengaran manusia dengan membatasi beban audio berlebih sehingga pendengaran manusia tetap aman saat mendengar suara.

Trending:  Fungsi Dan Cara Merangkai Skema Power Supply Simetris 15 Volt

Perangkat satu ini pasti tidak pernah dilewatkan dalam instalasi sound sistem untuk kebutuhan profesional karena sound system pasti sering digunakan jadi butuh pencegah adanya gangguan indera pendengaran.

4. Speaker

Speaker berukuran 18inch biasanya digunakan untuk speaker yang berada di bagian paling bawah. Speaker ukuran berbeda, yakni 15inch justru lebih sering digunakan pada bagian tengah.

Berbeda lagi untuk speaker di bagian paling atas di mana Anda bisa menggunakan speaker dengan ukuran lebih kecil lagi, sekitar 10-12inch.

5. Monitor

Anda juga bisa menambahkan layar untuk menampilkan pengaturan audio agar lebih mudah. Biasanya, layar ini digunakan pada ruang karaoke dengan tujuan menampilkan video lirik jadi dimanfaatkan dalam cara pasang speaker 3 way.

6. Amplifier

Perangkat yang satu ini juga tidak kalah penting dalam instalasi sound system karena fungsinya untuk mendorong subwoofer. Dengan begitu, suara yang dikeluarkan menjadi lebih optimal dan sesuai harapan.

7. Crossover

Perangkat terakhir yang biasa digunakan pada instalasi sound system adalah crossover. Alat ini berguna untuk menentukan kapasitas audio yang dibutuhkan. Selain itu, crossover juga berfungsi untuk membagi frekuensi ke speaker-speaker yang ada.

Setiap perangkat sound sistem memiliki fungsi dan perannya masing-masing, mulai dari sumber suara hingga menghasilkan suara yang diharapkan. Kinerja setiap perangkat ini juga dipengaruhi oleh kualitas dari produk yang Anda gunakan.

Sekarang, mudah bagi kita untuk menemukan perangkat dengan merek berbeda jadi Anda bisa mempertimbangkan, produk seperti apa yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda bisa merangkai sound system yang efektif dan efisien dalam produksi suara.

Cara Menyambung Speaker 3 Way Rumahan

Cara Menyambung Speaker 3 Way

Sebenarnya, instalasi sound system rumahan 3 way dengan sistem 2 way memiliki perbedaan yang tidak signifikan. Itulah mengapa masih banyak orang yang belum bisa membedakan, bagaimana instalasi sound system yang tepat untuk 3 way atau 2 way.

Keduanya memiliki perbedaan yang begitu mencolok, yakni pembagian suara dan penggunaan crossover. Biasanya, crossover aktif dan pasif digunakan sebagai perangkat crossover untuk memaksimalkan kinerja sound system.

Trending:  Penyebab dan Cara Mengatasi TV Polytron Mati Total

Penggunaan kedua jenis crossover dalam instalasi sound system ini membuat pemahaman dalam meng-handle frekuensi menjadi lebih ketat, khususnya pada eq.

Jika dilihat dari cara dan instalasi sound system, mungkin membuat beberapa orang bingung, apalagi bagi mereka yang belum terlalu paham dengan sound system. Tapi, sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan akan kita jelaskan dalam artikel ini.

Meski terkesan lebih mudah, tapi dibutuhkan skill khusus untuk bisa membuat rangkaian sound system 3 way. Paling tidak, Anda harus mengenal beberapa istilah dalam sound system dan mengerti fungsi dari perangkat yang digunakan.

Untuk mengetahui bagaimana cara menyambung speaker 3 way, berikut ulasannya.

  1. Audio atau sumber suara akan diolah dalam mixer.
  2. Suara tersebut kemudian masuk ke pengaturan EQ atau frekuensi.
  3. Crossover aktif kemudian memisahkan suara dari eq. Anda juga bisa menggunakan perangkat lainnya, yakni speaker manajemen atau drivejack.
  4. Pembagian pada amplifier memanfaatkan dua buah supaya kinerja amplifier menjadi seimbang pada masing-masing amplifier. Dengan begitu, suara yang dikeluarkan menjadi senada dan seimbang.
  5. Suara kemudian menuju crossover pasif pada box speaker yang menggunakan sistem 3 way mid low, twitter dan mid high.

Selain cara yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa menggunakan perangkat crossover aktif 3 way sekaligus tapi harus ada penambahan satu amplifier lagi agar bisa berfungsi dengan baik.

Dengan begitu, Anda butuh 3 buah atau 2 perangkat amplifier untuk mengimbangi penggunaan crossover aktif 3 way dalam cara menyambung speaker 3 way.

Kebanyakan sound system menggunakan instalasi sistem dengan crossover aktif 3 way karena dirasa lebih praktis. Selain itu, sistem 3 way low mid high adalah sistem ideal yang sesuai dengan standar instalasi audio sound system.

Pada instalasi low mid high, biasanya low difokuskan pada sublod dan low mid berguna untuk menghasilkan audio yang utuh pada frekuensi antara 30hz hingga 300hz.

Sebenarnya, penggunaan perangkat pada cara pasang speaker 3 way mobil tergantung pada kebutuhan masing-masing soundman. Penggunaan crossover aktif dan pasif biasanya hanya membutuhkan satu amplifier saja.

Trending:  3 Langkah Sederhana Cara Mencari Siaran di Satelit Palapa

Berbeda lagi jika Anda memilih untuk menggunakan cross aktif 3 way, maka dibutuhkan amplifier berjumlah 2 atau 3 buah agar suara yang dihasilkan lebih seimbang. Itulah mengapa Anda juga wajib memahami fungsi dari setiap perangkat.

Selain itu, urutan instalasi sound system 3 way juga harus dilakukan dengan tepat atau sound system dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Meskipun instalasi ini hanya digunakan untuk sound system rumahan tapi tetap harus berada di urutan yang tepat.

Penjelasan tentang cara menyambung speaker 3 way di atas bisa menjadi referensi untuk mengetahui urutan yang tepat. Pastikan Anda mengenal setiap perangkat yang digunakan agar bisa memanfaatkan fungsinya dengan baik.

Kahfi Talk less Do More