Kahfi Talk less Do More

Daftar Kode Remot TV Sharp Tabung Dan Cara Inputnya

3 min read

Kode Remot TV Sharp Tabung

Keberadaan remot TV saat ini adalah sesuatu yang wajib dimiliki agar acara menonton bisa lebih nyaman. Itulah mengapa ketika remot TV rusak, pemilik TV jadi kelabakan. Untungnya kode remot TV Sharp tabung bisa diterapkan pada remot TV universal (multifungsi).

Saat ini merek TV Sharp jenis tabung baik 21 inch maupun 14 inch masih banyak digunakan. Hal itu membuat produsen remot multi melakukan integrasi produksi remotnya dengan remot TV Sharp. Tujuannya agar produksi remot ini dapat terserap pasar dengan baik.

Dibawah ini akan diuraikan daftar kode remot tv sharp tabung yang dapat digunakan untuk remot multiguna serta cara penginputan kode kode dengan benar, agar remot TV dapat berfungsi pada TV merek Sharp tabung lama atau LCD / LED TV

Mengenal Remot TV Multifungsi

Pada saat seseorang membeli sebuah TV maka produsen tersebut sudah melengkapinya dengan sebuah remot. Seiring dengan berjalannya waktu, maka remot TV tersebut bisa jadi akan rusak, baik karena aus atau karena sebab lainnya.

Sebagai gantinya, pemilik TV dapat membeli remot TV yang baru dengan merek yang sama, atau membeli secara bebas remot TV dengan label universal atau multifungsi. Artinya remot TV tersebut tanpa merek dan bisa digunakan pada semua merek TV.

Nah sebelum dapat menggunakannya maka harus dilakukan penginputan kode remot sesuai merek dan jenis dari TV tersebut. Apabila TV yang rusak tersebut bermerk Sharp maka yang di input ya kode remot TV Sharp tabung atau LED atau LCD sesuai kebutuhan.

Di pasaran ada dua merk remot universal yang paling populer untuk saat ini, yaitu Joker dan Chunghop. Kedua jenis remot ini dapat digunakan untuk beberapa merek TV yang ada hanya dengan mengubah kode remotnya.

Akan tetapi dalam kenyataannya, ada beberapa merk TV yang belum bisa menggunakan merek jenis ini karena kode remot yang berbeda.

Namun untungnya TV merek Sharp, sebagai merek TV populer di tanah air sudah dapat menggunakan jenis remot multifungsi ini. Oleh karena itulah penting sekali untuk mengetahui apa saja kode remot dari tv tersebut.

Kode Remot TV Sharp Tabung dan LED Universal

Kode remot TV Sharp di bawah ini dibedakan menurut jenisnya karena memang setiap jenis TV Sharp memiliki kode remote yang berbeda-beda. Contohnya untuk TV Sharp jenis tabung maka kode yang digunakan adalah kode remot Sharp tabung bukan yang lainnya.

1. TV Sharp Tabung

Untuk jenis TV yang satu ini, ada banyak kode remot yang tersedia. Pada setiap kode akan terdiri dari 3 susunan angka. Untuk mengetahui kode mana yang bisa digunakan, maka pengguna harus mencobanya satu per satu.

Berikut daftar kode remot TV Sharp tabung: 003 / 018 / 016 / 025 / 135 / 136 / 137.

Kode ini juga bisa digunakan sebagai kode remot TV Sharp Piccolo ukuran 21 inch atau ukuran lainnya termasuk beberapa jenis TV Sharp keluaran lama, seperti Qbeat, Alexander, Batique Slim, Expression dan lain-lain.

2. TV Sharp LED

Berikut ini adalah deretan kode untuk remot Sharp jenis LED / LCD, yaitu: 136 / 137 / 003 / 018 / 135.

3. TV Sharp 4 Digit

Nah untuk yang satu ini adalah kode TV Sharp 4 digit, yaitu: 0093 / 0165 / 0386 / 1004 / 1009 / 1025 / 1064 / 1077 / 1078 / 1081 / 1097 / 1099 / 0039.

4. TV Sharp 5 Digit

Berikut ini adalah deretan kode remot Sharp Joker jenis 5 digit, antara lain: 11641 / 10019 / 10748 / 11314 / 11660 / 11710  / 11780  / 12049 / 10171 / 11204  / 11326  / 11517 / 11564  / 10178.

Cara Memasukan Kode Remot TV Sharp

Nah setelah tahu kode remot Sharp tabung serta kode remot Sharp untuk beberapa jenis yang lain, maka sekarang saatnya memasukkan kode tersebut. Caranya sangat mudah, ikuti saja uraiannya berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah siapkan remot Joker untuk dilakukan setting.
  2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol “SET” yang ada pada remot hingga lampu petunjuk indikator menyala.
  3. Setelah lampu indikator tersebut menyala, maka segera masukkan kode remot sesuai merk dan tipe TV. Jika sudah dan sesuai maka lampu akan mati. Ini tandanya berhasil.
  4. Namun jika lampu tidak mati, maka ulangi langkah diatas sekali lagi sampai berhasil dengan melakukan input kode remot TV Sharp tabung lainnya.

Kode Remot Joker TV Sharp Tidak Berfungsi

Terkadang dalam praktek memasukkan kode remot TV Sharp tabung tak semudah uraian teori di atas. Meski kode telah diinput namun tetap saja remot tak bisa digunakan seakan terkunci. Lantas apakah yang menjadi penyebabnya?

1. Input Kode yang Salah

Penyebab pertama kendala tersebut terjadi adalah adanya kemungkinan telah terjadi penginputan kode yang salah. Entah salah memasukkan urutan kodenya, atau ternyata salah memilih kode remote TV tidak berdasarkan jenis TV yang digunakan.

Untuk mengatasinya, coba teliti dan cek sekali lagi jenis kode yang dimasukkan apakah sudah sesuai ketentuan atau belum.

2. Baterai Remot Habis

Permasalahan kedua yang menyebabkan kendala sehingga kode remot TV label universal atau multifungsi tidak dapat digunakan atau tidak bisa difungsikan dengan seharusnya adalah baterai di dalam remot lemah atau habis.

Jalan keluar satu-satunya dari permasalahan ini ya tentu saja dengan mengganti baterai remot TV tersebut dengan baterai yang baru. Kemudian coba lagi untuk melakukan langkah-langkah penginputan kode remot TV Sharp 2021 dan 2022 sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

3. Besi Penghubung Baterai Pada Remot Berkarat

Penyebab berikutnya yang membuat remot TV universal tidak dapat digunakan adalah munculnya karat pada besi yang terdapat di dalam kotak baterai remot TV.

Adanya karat ini akan mengakibatkan arus listrik dari baterai tidak akan dapat mengalir dengan sempurna. Jalan keluarnya, lakukan pembersihan karat pada remot TV dengan menggunakan cairan tiner.

4. Masalah Pada Sensor IR Remot

Di dalam remot TV ada yang namanya sensor IR atau singkatan dari Infrared. Ini adalah bagian penting dari remot TV universal yang tugasnya untuk mengirimkan frekuensi sinyal dari remot ke sensor yang ada di TV.

Nah jika komponen ini rusak, maka tentu saja remot TV tidak akan dapat berfungsi sebagaimana seharusnya, karena remot tidak bisa mengirimkan sinyal ke bagian sensor penerima yang ada di pesawat TV.

Penutup

Semoga setelah mengetahui kode remot TV Sharp tabung beserta cara penginputannya ke dalam remot, plus kendala dan jalan keluarnya di atas, akan dapat menambah wawasanmu.

Serta dengan membaca artikel di atas, kamu bisa langsung mempraktekkannya dengan TV Sharp tabung di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil setting kode remotnya!

Kahfi Talk less Do More