Kahfi Talk less Do More

Penyebab TV Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

3 min read

Penyebab TV Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Masalah tidak keluarnya gambar namun suara tetap keluar pada layar TV jenis tabung atau jenis TV lama merupakan sebuah masalah klasik yang sering terjadi. Lalu apa sih sebenarnya yang jadi penyebab TV tidak ada gambarnya tapi ada suaranya itu?

Meski masalah yang muncul itu sangat mengganggu dan menjengkelkan, namun jangan khawatir karena masalah seperti ini bisa untuk dilakukan perbaikan dengan mudah tanpa  harus membeli TV yang baru.

Akan tetapi sebelum memperbaiki masalah pada TV tersebut, tentu saja harus diketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab TV tidak ada gambarnya tapi ada suaranya.

Hal yang Menyebabkan TV Tidak Muncul Gambar

Ada beberapa hal yang jadi faktor penyebab sehingga muncul masalah pada gambar di layar TV meski tetap muncul suara. Faktor penyebab itu antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kesalahan Program TV

Meski jarang, namun terkadang yang menjadi faktor penyebab TV tidak ada gambarnya tapi ada suaranya, baik pada jenis TV LED, TV LCD atau TV Tabung adalah bukan karena masalah yang ada di dalam pesawat TV.

Hal tersebut terjadi karena ternyata timbul kesalahan pada program yang pada salah satu Channel TV yang sedang ditonton.

2. Kerusakan pada Mesin Pesawat TV

Terjadinya kesalahan dalam mesin TV yang disebabkan karena terjadinya kerusakan pada salah satu komponen adalah faktor kedua yang menjadi penyebab TV tidak ada gambarnya tapi ada suaranya.

Biasanya komponen di dalam mesin TV yang rusak sehingga menimbulkan masalah tersebut adalah fuse SMD dalam board T-Con terputus, T-Con rusak, atau IC gamma AS-15 rusak.

3. Kabel yang Terlepas

Kabel LVDS yang terlepas atau belum terpasang secara benar dan sempurna juga dapat menjadi faktor penyebab TV tidak ada gambarnya tapi ada suaranya. Hal seperti ini dapat saja terjadi tanpa kesengajaan pada semua merek TV seperti Polytron, LG atau Toshiba.

4. Ada Kerusakan Software

Penyebab TV tidak dapat mengeluarkan gambar meski tetap terdengar suara selain disebabkan terjadinya kerusakan pada salah satu bagian komponen yang ada pada mesin di pesawat TV, bisa juga karena terjadi kerusakan pada perangkat lunak.

Kerusakan pada bagian software yang terinstal di dalam mesin tentu saja akan menyebabkan masalah pada bagian yang rusak. Jika software yang rusak itu berkaitan dengan masalah display gambar maka tentu saja pesawat TV jadi tidak dapat keluar gambarnya.

Cara Memperbaiki TV Tidak Keluar Gambar

Ada beberapa metode yang dapat ditempuh sebagai cara mengatasi TV tidak ada gambar namun tetap muncul suara. Apa sajakah itu? Silahkan ikuti uraian di bawah ini.

Namun sebelum masuk ke pembahasan, sangat perlu dipahami bahwa apabila nantinya terdapat kerusakan yang terlalu rumit maka sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri. Meminta pertolongan kepada yang lebih ahli adalah sebuah jalan keluar yang terbaik.

1. Lakukan Cek Power Supply

Cara memperbaiki TV tidak ada gambarnya yang pertama adalah melakukan pemeriksaan pada bagian tegangan power supply yang terdapat pada bagian TV. Terkadang supply power menurun, jika karena hal ini maka tunggu hingga tegangan power supply normal kembali.

Jika tegangan power supply sudah normal, kemudian cek tegangan pada output driver LED. apabila ternyata tegangannya kosong, maka ini artinya IC Driver TV rusak. yang mana ini adalah hal biasa terjadi pada jenis TV tabung yang lama.

Jalan keluarnya, gantilah komponen yang rusak tersebut, kemudian pastikan konektornya tertancap. Selanjutnya lakukan pembersihkan sparepart TV dari debu serta cek apakah solderannya IC Driver sudah baik.

2. Blok Horizontal Bermasalah

Penyebab TV tidak ada gambarnya tapi ada suaranya adalah terjadinya kerusakan atau masalah yang ada pada bagian blok horizontalnya. Tentu saja keadaan ini menjadikan sistem kerja flyback tidak dapat memenuhi tabung gambar dan tegangan pada TV.

Tegangan yang tak dapat dipenuhi tersebut terjadi pada banyak bagian TV. Yaitu dimulai dari tegangan video, tegangan heater 3v ac, tegangan tinggi 20000kv, tegangan fokus, dan tegangan pada kontroler kontras.

Jalan keluar untuk mengatasi masalah ini hanya satu, yaitu membawanya ke teknisi service TV yang berpengalaman. Hal tersebut karena terdapat banyak hal yang diperlukan untuk dilakukan perbaikan.

Jika menilik dari permasalahan yang timbul, maka akan dibutuhkan cara yang cukup rumit dan memerlukan keterampilan serta peralatan khusus.

Oleh karena itu sangat bijak untuk tidak mempermasalahkan masalah biaya service TV ada suara tidak ada gambar, daripada mencoba memperbaikinya secara mandiri namun kerusakan justru akan tambah parah.

3. Tegangan Output yang Tersumbat

Jalan keluar untuk mengatasi masalah TV tidak ada gambar namun suaranya masih dapat terdengar adalah membenarkan tegangan output yang tersumbat. Langkah-langkahnya, lepaskan kaki basis transistor horizontal dan ukur tegangan output yang ada pada TV.

Apabila ternyata ukuran tegangan output sudah sesuai dengan ketentuan yang seharusnya pada PCB, maka periksa seluruh jalur distribusi tegangan output pada televisi apakah juga sudah sesuai juga.

4. Cek dan Perbaiki Rangkaian Regulator Listrik

Penyebab TV tidak ada gambarnya tapi ada suaranya bisa juga karena ada masalah pada rangkain yang ada pada bagian catu daya.

Untuk itu lakukan pemeriksaan jalur listrik serta rangkaian regulator baik pada bagian input dan output yang ada pada mesin TV. Umumnya catu daya yang ada pada TV memiliki output tegangan 115 volt, 24 volt, 12 volt, dan 5 volt, tergantung merek TV.

Jadi tegangan output pada TV merek Polytron tidak akan sama dengan tegangan pada TV LED LG. Jika setelah pengecekan ditemukan kerusakan maka segera ganti komponen yang rusak dan perbaiki jalur rangkaian yang tidak sempurna.

5. Backlight Mati

Pada TV yang tidak keluar gambarnya, ada kemungkinan telah terjadi suatu kerusakan pada salah satu rangkaian lampu yang terdapat pada komponen Backlight. Komponen backlight ini terletak pada panel yang ada di belakang TV yang berbentuk semacam rangkaian seri lampu.

Apabila salah satu dari lampu pada rangkaian tersebut mati, maka semua lampu akan ikut mati. Hal ini akan menyebabkan panel tidak akan mendapatkan penerangan sehingga layar TV pun menjadi gelap, akibatnya pada layar tidak akan keluar gambar.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, maka lakukan pergantian pada komponen backlight yang rusak. Sebagai langkah awal tentu lakukan pengukuran terlebih dahulu pada komponen tersebut, lalu gantilah dengan komponen yang memiliki spesifikasi yang sama.

Nah sekarang setelah mengetahui penyebab TV tidak ada gambarnya tapi ada suaranya, jika terjadi hal serupa maka tak perlu panik ya. Lakukan saja perbaikan pada bagian yang rusak. Namun tentu saja harus pasti dan yakin benar jika hal itu dapat dilakukan secara mandiri.

Kahfi Talk less Do More