Kahfi Talk less Do More

Penyebab dan Solusi Mengatasi TV Tiba Tiba Mati

3 min read

TV tiba tiba mati

Pasti tidak enak rasanya ketika sedang asyik menonton sebuah acara favorit, TV tiba tiba mati. Apalagi jika acara yang sedang ditonton merupakan siaran langsung atau merupakan tontonan berjenis serial. Setelah sabar menunggu dalam jangka waktu tertentu, eh ternyata TV rusak.

Keberadaan TV memang belum dapat tergantikan 100% oleh berbagai media lain. Meskipun sebenarnya dengan kemajuan teknologi seperti sekarang telah hadir banyak ragam platform yang menyajikan berita terbaru serta hiburan dengan cara yang lebih canggih daripada televisi.

Oleh karena itulah cara memperbaiki TV tiba tiba mati sendiri menjadi sebuah informasi berharga bagi beberapa orang yang memiliki kemampuan di bidang elektronik. Di bawah ini akan diuraikan tentang beberapa faktor penyebab serta jalan keluar jika TV tiba tiba mati.

1. Tidak Ada Sambungan Listrik.

Ketika mendapati keadaan dimana TV tabung tiba tiba mati sendiri, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik. Kemudian mulai lakukan langkah untuk mengatasinya. Yang pertama periksa apakah pesawat TV masih terhubung dengan arus listrik atau tidak.

Bisa jadi colokan kabel TV terlepas dari stop kontak dan tak ada yang mengetahuinya karena letaknya yang memang tersembunyi. Langkah untuk memeriksanya tidak perlu dengan melihat langsung ke bagian colokan TV, namun cukup dengan melihat lampu indikator di TV

Apabila TV tiba tiba mati lampu power hidup maka ini artinya TV masih terhubung ke arus listrik. Sebaliknya jika TV tiba tiba mati dan lampu power mati, maka baru lakukan cek pada colokan listrik dari pesawat TV, apakah masih terhubung dengan stop kontak atau tidak.

2. Terkena Petir

Apabila TV tiba tiba mati saat ada petir maka sudah pasti hal tersebut karena antenna TV yang dipasang di luar rumah telah tersambar petir. Sambaran itu akan mengalirkan arus listrik melalui kabel antena TV yang di luar rumah sehingga menyebabkan banyak kerusakan.

Ciri-ciri TV LED tiba-tiba mati, antara lain:

  • Tiba-tiba saja TV tidak bisa dinyalakan, meski sebelumnya tidak ada masalah apapun dan masih dapat digunakan dengan normal.
  • Jika casing TV dibuka, maka pada bagian jalur grounding akan terlihat beberapa komponen yang berada pada jalur PCB fisiknya hangus seperti terbakar dan bau gosong.

Jalan keluar bagi pesawat TV tiba tiba mati karena tersambar petir ini hanya satu, yaitu melakukan pergantian pada bagian-bagian komponen yang telah mengalami kerusakan. Pahamilah jika pada kasus seperti ini maka kerusakan yang terjadi cukup parah.

Bagian komponen di dalam mesin TV yang dilakukan penggantian setelah terkena sambaran petir biasanya adalah:

  • Elco capacitor yang meletus akibat arus listrik yang berasal dari sambaran petir tersebut.
  • IC Transistor menjadi pecah akibat naiknya tegangan arus listrik yang tinggi dengan cara mengalir lewat kabel antena yang terpasang di luar bangunan rumah.
  • IC memory EEPROM yang sangat sensitif mengalami error karena data korup.

3. Sistem Proteksi TV sedang Aktif

Penyebab kenapa TV LED Polytron dan LG tiba tiba mati sendiri, bisa jadi karena sistem proteksi di dalam kedua pesawat televisi ini yang sedang aktif.

Sistem proteksi TV sendiri adalah sebuah rangkaian tindakan sistem yang ada pada mesin TV untuk melakukan deteksi dini jika ada kerusakan.

Tujuannya adalah untuk mencegah kerusakan merambat lebih jauh lagi ke bagian komponen lain pada mesin TV, agar kerusakan yang terjadi tidak semakin parah.

Ciri-ciri sistem proteksi pada TV sedang aktif adalah, pertama TV bisa dinyalakan normal, namun beberapa saat kemudian tiba-tiba mati sendiri. Saat dinyalakan akan berfungsi dan hidup lagi, namun beberapa waktu kemudian akan mati lagi.

Cara kerja sistem proteksi pada sebuah pesawat televisi adalah dengan mematikan fungsi blok rangkaian lainnya, sehingga tv pun tiba-tiba akan mati sendiri.

Jalan keluar untuk kasus TV tiba tiba mati karena aktifnya sistem proteksi adalah melakukan serangkaian pemeriksaan serta penggantian komponen pada blok IC Vertical dan Elco.

4. Transistor Horizontal Bermasalah

Ketika TV tabung LG tiba-tiba mati sendiri, bisa saja karena telah terjadi masalah pada bagian transistor horizontal.

Transistor yang merupakan alat penguat, sekaligus sirkuit pemutus dan penyambung arus serta stabilisasi tegangan ini ada kaitannya dengan layar TV. Sehingga tentu saja jika komponen ini bermasalah maka akan berpengaruh pada kinerja TV pada bagian gambar.

Jalan keluarnya, lakukan pemeriksaan pada fisik transistor. Jika terlihat transistor terbakar maka ini berarti harus dilakukan penggantian karena berarti telah rusak. Jika saat disentuh transistor terasa panas, maka berarti transistor juga perlu diganti karena telah drop.

4. Komponen Elco Rusak

Pesawat TV tiba-tiba mati sendiri apa penyebabnya?

Salah satu faktor penyebabnya adalah terjadi kerusakan pada komponen Elco. Komponen Elco ini merupakan bagian komponen di dalam mesin TV yang memiliki fungsi sebagai penyaring tegangan 12 volt pada bagian IC utama.

Jalan keluar bagi permasalahan TV tiba tiba mati karena Elco rusak adalah melakukan pemeriksaan fisik pada bagian Elco dengan membuka casing TV.

Apabila bentuk Elco terlihat seperti bekas terbakar, berubah bentuk karena menggelembung atau pecah maka segera lakukan penggantian.

Namun pastikan jika komponen yang digantikan memiliki seri serta ukuran dan spesifikasi yang sama dengan yang sudah rusak, agar tidak terjadi masalah baru lagi yang terjadi di bagian ini.

5. Komponen Tidak Merekat Sempurna

Faktor yang menyebabkan kenapa TV tiba tiba mati tapi ada suara berikutnya adalah terjadinya keretakan pada bagian perekatan antara satu komponen dengan komponen yang lainnya. Media perekatan antar komponen tersebut biasanya berbentuk lelehan timah yang disolder.

Ketika lelehan timah solderan ini tidak dapat merekatkan bagian-bagian komponen, maka komponen tersebut jadi terganggu dan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Jalan keluar ketika mengalami masalah kenapa TV LG tiba-tiba mati sendiri yang disebabkan karena timah perekat telah retak adalah sebagai berikut:

  • Bukalah casing TV.
  • Lakukan pemeriksaan pada semua bagian komponen yang direkatkan dengan lelehan timah. Atau kata lainnya, periksalah lelehan timah pada semua bagian komponen, apakah ada retakan di sekitar timah, sehingga antar komponen tidak dapat merekat dengan sempurna, posisinya jadi longgar atau bergoyang-goyang.
  • Setelah menemukan bagian-bagian sambungan timah yang mengalami keretakan, maka lakukan penyolderan ulang pada komponen yang bermasalah hingga perlekatannya kembali sempurna lagi.
  • Setelah itu, lakukan pembersihan pada debu, kotoran maupun korosi atau karat yang timbul pada rangkaian komponen. Lakukan dengan sangat hati-hati agar tidak menyenggol bagian-bagian komponen atau sambungan timah dengan memakai cairan thinner dan sikat bulu yang halus (bisa juga dengan memakai sikat gigi bekas).

Itulah tadi uraian dari beberapa faktor yang dapat menjadi pencetus sehingga TV tiba tiba mati, sekaligus jalan keluarnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kahfi Talk less Do More