Kahfi Talk less Do More

Arti Move On Dalam Bahasa Gaul Serta Tips Untuk Move On

2 min read

Arti Move On

Kalau arti move on dalam bahasa gaul, memiliki pengertian yang berbeda dengan kamus bahasa Inggris. Kalau dalam pengertian yang sesungguhnya, move on itu memiliki arti yaitu berpindah.

Namun, banyak orang yang menggunakan arti kata tersebut sebagai sebuah kondisi untuk meninggalkan emosi yang campur aduk. Seperti serangkaian emosi serta kenangan indah yang harus dilupakan. Untuk itu banyak yang menggunakan kalimat move on ini untuk melupakan.

Lalu apa sih arti yang lebih lanjut mengenai kata move on ini?

Makna Move On Artinya

Move On merupakan bahasa inggris yang artinya berpindah, akan tetapi hal ini sedikit panjang untuk di jelaskan arti move on dalam bahasa gaul sehari-hari.
Move on disini diartikan sebagai pembelajaran diri untuk meninggalkan sesuatu ke suatu hal yang lebih baik lagi.

Makna move on tidak selalu tentang pacaran, tapi juga mengenai semua konteks kehidupan. Makna terdalam dari kata ini adalah seseorang yang telah berhenti menahan sesuatu di dalam hati atau didalam hidup untuk dilepaskan dan menuju perubahan yang lebih baik.

Arti Move On Dalam Kisah Percintaan Atau Pacaran

Kehidupan setelah putus cinta memang terbilang menyakitkan. Banyak kenangan baik yang disengaja maupun tidak yang tidak sengaja hadir kembali dalam ingatan kamu.

Jika kamu belum mampu untuk melupakan kenangan tersebut, maka kamu akan disebut gagal move on. Kegagalan ini disebabkan karena, kamu belum mampu untuk melepas segala kenangan yang baik maupun yang buruk terhadap mantan kamu.

Kebanyakan orang menganggap kalimat move on ini lebih menyakitkan. Nyatanya kalimat ini lebih bersifat positif. Karena kamu harus berbaikan dengan segala masa lalu bersama orang tersebut, termasuk segala kenangannya.

Tips Move On Dalam Kisah Percintaan

Apa saja tips untuk move on? Bagaimana cara untuk move on yang bisa kamu lakukan.

1. Hubungi Teman-Teman Lama

Salah satu cara singkat yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi teman-teman lama kamu. Cara ini terbukti mampu untuk menyegarkan kembali perasaan kamu.

Ketika sedang dalam proses move on maka kamu bisa mencoba menghubungi berbagai teman lama kamu. Mulai dari teman masa kecil, teman sekolah kamu bisa coba kamu hubungi.

2. Mencari Teman Yang Baru

Selain menghubungi teman lama kamu. Coba cari teman baru untuk membuat kamu melupakan kenangan menyakitkan yang ada. Ini bisa kamu lakukan untuk contoh move on yang baik.

Meski dalam bahasa Inggris yang sesungguhnya, arti move on sangat berbeda dengan bahasa Indonesia gaul. Tetapi karena sudah sering digunakan menjadi seperti bahasa sehari-hari.

3. Menangis

Setiap orang yang memiliki perasaan atau suasana hati yang kurang menyenangkan. Maka, coba untuk menangislah. Kamu bisa meluapkan segala perasaan tidak enak kamu dengan menangis.

Menangis bukanlah keadaan yang lemah, melainkan ini adalah hal yang akan membuat kamu menjadi tambah kuat lagi. Meski arti move on dalam bahasa gaul berbeda dengan aslinya, hal ini sudah seperti bahasa yang sering digunakan sehari-hari.

4. Melakukan Hal Yang Membahagiakan

Move on artinya bukan berarti kamu harus diam dan mengurung diri selalu. Namun, kamu bisa tetap melakukan hal yang membuat kamu bahagia. Dan artinya ini bukanlah hal yang mampu menghalangi kamu untuk terus berkembang.

Arti Move On Dalam Islam

Move on dalam islam memiliki arti yang sangat mendalam, karena move on dalam islam merupakan proses hijrahnya seseorang ke hal yang lebih baik lagi dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ada beberapa cara move on Menurut Islam yang menghadirkan ketenangan dan menghilangkan kegundahan untuk mengatasi masalah.

Tips move on dalam pandangan Islam

1. Husnudzon

Hal yang paling pertama yang bisa kita lakukan untuk move on adalah dengan berhusnudzon kepada Allah. Kita harus meyakini bahwa semua hal yang terjadi ini adalah pilihan terbaik Allah untuk kita dan apa yang menurut Allah kita butuhkan.

2. Berserah diri Kepada Allah

Setiap permasalahan yang terjadi kepada kita, anggaplah itu adalah rencana terbaik Allah. Serahkan skenario hidup ini, biarkan Allah yang akan memperbaiki semua dengan caranya.

3. Istiqomah Dalam Beribadah

Dalam islam, memperbanyak ibadah tidak lah cukup kalau nantinya kita masih sering melalaikan ibadah ini. Tapi istiqomah lah dalam beribadah, hingga tak ada celah lagi bagi hati kita untuk meninggalkan ibadah ini.

4. Tafakur

Tafakur adalah bagian dari move on. Arti tafakur merupakan merenung dan introspeksi diri mengenai masalah yang kita alami. Tafakur merupakan amalan yang sering dilakukan rasulullah SAW.

5. Sibukkan Diri

Sibukkan lah diri kita dengan hal-hal positif. Semakin kita sibuk, semakin jauh kaki melangkah untuk move on dan hanya dengan menyibbukan diri maka kita akan di jauhi dengan kebathilan.

Meski arti move on dalam bahasa gaul berbeda dengan arti yang seharusnya. Tetapi kamu bisa gunakan itu sebagai bahasa sehari-hari kamu.

Kahfi Talk less Do More