Kahfi Talk less Do More

Cara Membuat Tabulasi: Pemula Ms. Word Wajib Tahu!

5 min read

Cara Membuat Tabulasi

Cara Membuat Tabulasi

Cara membuat tabulasi pada Microsoft Word mungkin saja bisa menjadi hal mudah yang bisa Anda lakukan. Beberapa hal mengenai tabulasi mungkin membingungkan, namun bukan hal yang tidak mungkin mempelajari serba-serbi dari pengertian tabulasi hingga cara menghapusnya.

Pengertian tabulasi pada Microsoft Word sendiri dapat diartikan sebagai salah satu manfaat yang berguna dalam mengatur penempatan posisi hingga perataan teks dalam sebuah kalimat atau paragraf agar nantinya kalimat atau paragraf tersebut rapi.

Selain meratakan tiap baris dari kalimat, tabulasi juga biasa digunakan sebagai pengganti spasi yang dapat digunakan dengan hanya sekali klik saja. Sehingga, tidak perlu menekan berkali-kali untuk mendapatkan jarak yang sesuai.

Pengaturan tabulasi ini ditempatkan dan disesuaikan pada bagian ruler atau mistar yang terdapat pada pada Microsoft Word. Di sini Anda akan belajar mengenai tabulasi dan cara membuat tabulasi.

Jenis – jenis Tabulasi Pada Ms. Word

Cara tabulasi bekerja dengan ruler yang kita gunakan untuk mengatur penyesuaian posisi Tabulasi adalah Horizontal Ruler atau ruler mendatar. Berikut ini akan kemi jelaskan jenis-jenis tabulasi pada Word.

Apabila Anda menggunakan Microsoft Office 2013, maka Anda bisa perhatikan bagian pojok kiri atas lembar halaman kerja yang bentuknya kotak kecil warna merah.

Pilih bagian yang Anda inginkan, Anda dapat melakukannya dengan mengklik tepat di atas bagian icon tabulasi sampai terlihat dengan jenis tabulasi yang ingin kita gunakan sebagai cara membuat tabulasi.

Berikut ini adalah jenis serta manfaat dari masing-masing icon Tabulasi yang tersedia di Microsoft Word sebelum kita masuk pada pembahasan mengenai cara membuat tabulasi, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Left Tabulasi (Tabulasi kiri) bermanfaat untuk meratakan teks di sebelah kiri pada teks yang letaknya dalam di satu paragraf.
  • Center Tabulasi (Tabulasi tengah), bermanfaat untuk memberikan efek rata tengah pada teks yang letaknya sebaris yang biasa digunakan untuk mengetik tempat tanda tangan.
  • Right Tab(Tabulasi kanan), memiliki manfaat untuk memberikan kesan rata pada teks disebelah kanan saja. Biasanya tab kanan ini diaplikasikan dalam penggunaan nomor halaman pada daftar isi agar rapi.
  • Decimal Tab atau tab bilangan desimal untuk memberikan susunan rata tengah berdasarkan letak tanda desimal atau tanda koma ( , ) pada teks yang letaknya sebaris.
  • Bar Tabulasi untuk membuat garis vertikal/tegak pada teks yang letaknya sebaris.
  • First Line Indent untuk membuat baris baru, paragraf baru, pada awal teks dalam satu paragraf atau kalimat.
Trending:  Cara Download Video Shopee Lengkap

Dalam mengawali baris baru pada paragraf cukup menggeser tabulasi ini ke kanan pada bagian ruler di atas dokumen, biasanya berjarak spasi 1,5 cm dari batas tepi.

  • Hanging Indent meratakan bagian kiri pada semua teks dalam sebuah paragraf.
  • Left Indent sendiri digunakan untuk rata kiri pada seluruh kalimat, paragraf, teks dalam satu dokumen.

Membuat Tabulasi Otomatis Word Melalui Jendela Tabulasi

Selain dengan menggeser-geser jenis tabulasi di atas, Anda juga bisa memanfaatkan fitur tabulasi secara otomatis melalui jendela Tab. Kini kita akan memberikan ringkasan Cara membuat tabulasi.

Dalam fitur ini tabs seringkali digunakan untuk membuat daftar isi dengan word, membuat daftar gambar, atau menyusun daftar lampiran. Berikut adalah cara membuat tabulasi daftar isi untuk memunculkan jendela tersebut serta cara menggunakan tabulasi di word:

  1. Setelah Anda membuka word, silahkan klik menu tabulasi PAGE LAYOUT
  2. Lalu, klik kotak kecil di sudut kanan bawah grup Paragraph.
  3. Di sana akan tampak sebuah jendela Paragraph.
  4. Setelah itu klik Tabs, di sebelah pojok kiri bawah jendela.
  5. Jendela tab itu ukurannya menjadi lebih kecil yaitu jendela Tabs.
  6. Pada jendela ini kita atur fitur tabs dengan otomatis.

Berikut adalah keterangan dari kotak tersebut:

  • Kotak Tabulasi stop position bermanfaat sebagai tempat mengatur jarak dimana spasi tabulasi akan berhenti, dihitung dari sebelah kiri batas tepi pada text boundaries. DIisi dengan nilai angka, bisa bilangan bulat atau desimal.
  • Kotak Alignment bermanfaat untuk mengatur jenis perataan tabulasi stop, kita bisa memilih salah satu dari 5 pilihan yang ada yaitu:
  • Left dimana merupakan perataan yang biasa dan paling sering digunakan, manfaatnya untuk mengatur tabulasi stop rata kiri.
  • Center bermanfaat untuk mengatur tabulasi stop rata tengah.
  • Right berguna untuk mengatur tabulasi stop rata kanan.
  • Decimal memiliki manfaat untuk mengatur tabulasi stop rata pada titik desimal.
  • Bar memiliki manfaat untuk pembuatan garis tegak.
    • Kotak Leader bermanfaat untuk memilih bentuk pada tampilan tabs. Itu berarti setelah menekan tombol Tabulasi pada keyboard, maka spasi akan terisi dengan bentuk leader sesuai dengan yang kita pilih.
    • Akan tetapi yang paling sering digunakan dalam Cara membuat tabulasi adalah nomor 2, berbentuk garis titik-titik.
      1. Terakhir, jangan lupa klik OK untuk menyelesaikan.

Cara Menggunakan Tab Pada Word

Nah, jika tadi kita membahas bagaimana Cara membuat tabulasi dan cara membuat tabulasi otomatis word, maka dari itu sekarang adalah cara menggunakan tabulasi.

  1. Cara membuat tabulasi yang pertama tentu adalah dengan buka aplikasi Microsoft Office Word pada computer Anda. Anda bisa menggunakan versi 2007,2010,2013  atau 2016.
  2. Misalnya jika kita ingin membuat biodata untuk kepentingan Curriculum Vitae atau daftar Riwayat hidup, maka kita bisa  menggunakan 3 Left Tab.
  3. Klik tepat pada kotak Tab tersebut, lalu klik beberapa kali hingga muncul tulisan Left Tab.
  4. Pada jarak 1 cm di sebelah kiri garis pinggir, lalu letakkan lagi Left Tabulasi pada ruler untuk tempat tanda titik dua misalnya pada ruler 6,5 dan seterusnya.
  5. Kemudian klik satu kali lagi di bagian ruler tepat pada angka 7 sebagai tempat penulisan nama Anda. Sehingga, secara keseluruhan, Left Tab diletakkan pada 3 bagian.
  6. Setelah itu, mulailah untuk mengetik naskah atau teks yang Anda inginkan sesuai kebutuhan Anda. Tekan tombol Tabulasi di keyboard sekali, lalu ketik Nama.
  7. Kemudian klik lagi, lalu klik tombol titik dua ( : ) pada keyboard.
  8. Lanjutkan lagi menekan tombol Tab, lalu ketik nama Anda.
  9. Lalu klik Enter untuk pindah baris ke bawah. Tekan Tab, lanjutkan dengan mengetik Tempat dan Tanggal Lahir, kemudian tekan lagi Tabulasi lalu ketik titik dua di keyboard dan tekan lagi Tabulasi lalu ketik Jakarta, 22 Mei 1999.
  10. Selanjutnya sama seperti tadi, tekan [Enter], ulangi langkah tersebut sampai selesai mengetik naskah atau teks.
  11. Apabila dalam penulisan Alamat, hasilnya masih belum rapi. Atau jika pada beberapa kasus hasil tabulasi di word tidak rata, maka tips ini akan bermanfaat dengan klik Hanging Indent ke posisi Left Tabulasi ketiga.
  12. Silahkan pilih Hanging Indent di mana yang diklik adalah bagian 2 : Hanging Indent , jangan sampai salah jika tidak ingin hasilnya semakin berantakan.
  13. Terakhir, klik Tabulasi sambil tahan dan geser atau drag & drop dan pindahkan tepat di Left Tabulasi yang ketiga, 7 cm dari kiri.
Trending:  Cara Ganti Nama TikTok Paling Mudah

Cara Memindahkan Posisi Tabulasi Pada Word

Setelah mengetahui Cara membuat tabulasi, lakukanlah koreksi. Apabila ternyata posisi Tabulasi yang sudah kita atur belum sesuai dengan yang kita mau, kita bisa memindahkan dan menyesuaikan. Bagaimana cara memindahkan posisi tabulasi pada word?

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pada bagian Horizontal Ruler, klik Tabulasi yang ingin  dipindahkan.
  2. Kemudian, pindahkan dengan cara menggeser Tabulasi di word ke sebelah kanan atau ke sebelah kiri, menyesuaikan keinginan Anda.
  3. Apabila posisinya dirasa sudah tepat maka Anda bisa melepaskan klik Tabulasi tersebut.
  4. Yang perlu diperhatikan adalah jika Tabulasi kita pindahkan maka teks yang ikut menyertai Tabulasi tersebut juga akan ikut bergeser.

Cara Menghapus Tabulasi Pada Word

Ketika terjadi peletakan Tabulasi yang berlebihan atau Tabulasi yang tidak digunakan lagi, maka dirasa perlu kita hapus dari ruler. Jika dibiarkan saja maka akan mengganggu kerapian dokumen Anda.

Hal ini mengganggu tampilan teks yang lain. Nah, Untuk menghapus Tabulasi di word tersebut, caranya juga sangat mudah sekali. Ikuti cara menghapus tabulasi di word berikut:

  1. Pertama, pada Horizontal Ruler klik Tabulasi yang ingin Anda hapus.
  2. Lalu, pindahkan Tabulasi dengan menggeser ke luar area Horizontal Ruler, Anda boleh menggeser ke atas atau ke bawah.
  3. Selesai, sekarang Tab yang salah tadi sudah terhapus.

Cara Menggunakan Tabulasi Singkat

Nah, jika di atas tadi kita telah mengetahui berbagai hal mengenai cara membuat tabulasi di word, memindahkan dan menghapus tabulasi. Maka, kini kita bisa belajar cara menggunakan tabulasi secara cepat dan singkat.

Menggunakan fitur ruler atau penggaris, Anda dapat menggunakan sambil mengatur Tabulasi dengan mudah.

  1. Pada sudut kiri bagian atas, itu merupakan tempat bertemunya penggaris (ruler) Horizontal dan Vertikal, ada logo kotak dan sebuah tanda Tabulasi di sana.
  2. Anda lalu bisa mengklik beberapa kali pada bagian dalam logo kotak tersebut dan pilihlah jenis Tabulasi yang mau Anda gunakan. Misalnya left tab.
  3. Setelah menentukan tab, langkah berikutnya adalah dengan menempatkan Tabulasi tersebut.
  4. Caranya dengan mengklik mouse Anda dengan satu ukuran spesifik di Horizontal Ruler sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Contohnya, jika Anda menempatkan Right-Tabulasi tersebut, yakni ukuran 4,25 cm pada Horizontal Ruler.
  6. Setelah itu, Anda mencoba posisi Tabulasi tersebut. Caranya adalah dengan menekan Tab yang Anda bisa lihat di keyboard.
  7. Maka, Anda akan melihat jika secara otomatis, kursor akan berpindah posisi pada Tabulasi tersebut berada, seperti sebelumnya yakni pada ukuran 4,25 cm.
  8. Ketika Anda menuliskan sebuah teks, maka akan terlihat akhir teks itu akan berada pada ukuran 4,25 cm sesuai setting sebelumnya.
  9. Setelah itu, Anda juga bisa mencoba kembali tekan tombol Enter, setelah itu tekan Tab lagi.
  10. Coba input lagi teks dan lanjutkan dengan beberapa teks lagi setelahnya
  11. Jika Anda melakukan cara tersebut dengan benar, maka semua teks yang telah Anda ketik akan selalu secara otomatis berpindah pada posisi rata kanan sesuai dengan setting ukuran 4.25 cm sebelumnya
Trending:  Panduan Mudah Cara Menghapus Toko di Shopee

Akhir Kata

Itulah tadi cara membuat tabulasi di Microsoft. Word serta beberapa hal lainnya seperti menggunakan, memindahkan hingga menghapus tabulasi di Word. Semoga dengan mengetahui cara membuat tabulasi, dokumen Anda semakin rapi.

Kahfi Talk less Do More