Kahfi Talk less Do More

4 Cara Dapat Canva Pro Gratis, Mudah Loh!

4 min read

Cara Dapat Canva Pro Gratis

Era digital saat ini telah melahirkan banyak tools aplikasi yang membantu memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah aplikasi Canva yang paling sering digunakan untuk mendesain. Tak heran banyak orang mencoba mencari cara dapat Canva Pro gratis.

Karena dengan Canva Pro, banyak fitur dan pilihan elemen premium yang bisa digunakan untuk menunjang tampilan suatu desain. Nah, berikut 3 cara mendapatkan akun Canva Pro secara gratis untuk semua kalangan!

4 Cara Dapat Canva Pro Gratis

Cara Dapat Canva Pro Gratis

Canva Pro bisa didapatkan dengan cara gratis, lho. Walaupun umumnya user menggunakan Canva Pro gratis hack yang ilegal, dan tentunya dapat merugikan perusahaan Canva itu sendiri, ternyata ada cara mendapatkan akun Canva Pro secara gratis dan legal!

Berikut ini 3 cara mudah untuk dapatkan akun Canva Pro gratis di tahun 2022.

1. Cara Dapat Canva Pro Gratis Via Github

Apakah Canva gratis untuk mahasiswa? Ya, dan caranya dengan menghubungkan akun Github anda ke akun Canva untuk mendapatkan akun Canva Pro 2022 free secara legal dan mudah.

Ini merupakan bentuk kerja sama antara Canva dan Github yang keduanya merupakan aplikasi yang mendukung bidang edukasi.

Program Github Education memberikan mahasiswa, guru, dan semua orang yang berkecimpung di dunia pendidikan fasilitas berupa Canva Pro yang dapat diakses secara gratis.

Syarat cara dapat Canva Pro gratis untuk mahasiswa dan guru sangat mudah, yakni anda memiliki akun Gmail instansi. Jadi, bukan akun Gmail biasa, namun yang berisi nama instansi tempat anda belajar atau bekerja.

Misal, anda seorang mahasiswa di Universitas Bunga Bangsa, anda bisa meminta bagian administrasi/IT kampus untuk dibuatkan akun Gmail instansi secara gratis pula. Contoh alamat Gmail instansi biasanya seperti berikut: [email protected]

Bisa dilihat berbeda ya, ada identitas dan nama institusi tempat anda belajar atau bekerja. Nah, tahapan menghubungkan akun Github anda dengan Canva adalah sebagai berikut.

  • Buka browser dan masuk ke link berikut: https://education.github.com/.
  • Anda akan dibawa menuju homepage Github Education. Kemudian ada tombol “Join Global Campus”, dan klik tombol tersebut.
  • Anda akan dibawa ke halaman “Sign Up”. Terdapat list aplikasi dan platform lain yang bekerja sama dengan Github, salah satunya adalah Canva dengan keuntungan Canva Pro 2022 free selama 12 bulan.
  • Pada halaman tersebut, klik tombol “Sign Up” berwarna hijau untuk membuat akun “Student Development Pack” anda.
  • Anda akan dibawa lagi ke halaman selanjutnya, “Benefit for Everyone at School”. Kemudian cari dan pilih tombol warna biru dengan tulisan “Get Student Benefits”. Klik tombol tersebut untuk cara dapat Canva Pro gratis untuk mahasiswa.
  • Untuk anda yang telah berprofesi sebagai guru, dosen, dan pengajar lainnya, anda bisa pilih tombol biru dengan tulisan “Get Teacher Benefits”.
  • Pada halaman selanjutnya, “Creat an Account”, anda diminta untuk membuat akun Github dengan menggunakan Gmail instansi yang telah anda persiapkan selanjutnya.
  • Ingat untuk melengkapi data diri lainnya, seperti KTM untuk mahasiswa. Verifikasi akun dan data diri yang telah dilengkapi akan diselesaikan dalam waktu 2-3 hari.
  • Setelah akun anda terverifikasi, anda bisa langsung menghubungkan akun Github dengan akun Canva anda. Caranya, “Login” akun anda melalui “Github Student Developer Pack”.
  • Lalu pilih menu “Offers”, dan cari opsi “Canva”.
  • Pada kotak opsi “Canva”, pilih tulisan berwarna biru “Get Access by Connecting your Github Account on Canva”.
  • Voila! Cara dapat Canva Pro gratis Github telah berhasil anda dapatkan!

2. Dapatkan Canva Pro Gratis via Canva for Education

Kalau anda tidak memiliki Gmail instansi anda bisa menggunakan cara download Canva Pro gratis kedua ini untuk mendapatkan akses akun Canva Pro gratis. Yakni dengan program fasilitas bernama Canva for Education.

Program ini dikhususkan untuk para guru, dosen, dan pengajar lainnya agar memiliki fasilitas untuk membuat media pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Syarat yang harus dipenuhi adalah anda harus mengunggah Surat Keterangan Mengajar atau SK lainnya yang setara pada saat mengisi formulir pengajuan untuk mendaftarkan akun Canva Pro for Education tersebut.

Anda bisa mendaftar dengan email pribadi, atau menggunakan email dengan belajar.id yang dibagikan oleh Kemendikbud khusus untuk guru di Indonesia.

Cara untuk mendapatkan akun premium via Canva for Education adalah sebagai berikut.

  • Buka browser, dan ketik keyword Canva for Education”. Lalu tekan “Enter”.
  • Pilih dan klik hasil pencarian paling atas, “Canva untuk Pendidikan – Alat Bantu Desain Grafis Gratis”.
  • Atau anda bisa juga kunjungi link berikut: “com/id_id/pendidikan/”.
  • Klik tombol berwarna ungu dengan tulisan “Daftar Sekarang Secara Gratis”.
  • Anda akan dibawa ke halaman “Mengajukan Canva untuk Pendidikan”, klik tulisan “Ajukan Akun Sekarang”.
  • Anda akan sampai pada halaman untuk mengisi formulir. Scroll layar ke bawah karena formulir terletak di bagian bawah halaman.
  • Anda juga bisa sebelumnya membaca terlebih dahulu informasi dan ketentuan terkait Canva Pro for Education.
  • Isi data diri anda pada formulir dengan lengkap dan benar.
  • Kemudian file unggah SK mengajar anda.
  • Pengajuan anda akan diproses selama kurun waktu 1×24 jam, dan diberi email balasan konfirmasi ke email yang anda gunakan untuk mendaftarkan akun Canva Pro for Education.
  • Selamat! Sekarang anda bisa mengakses Canva versi premium secara gratis!

3. Cara Dapat Canva Pro Gratis via Team Invitation

Cara terakhir, anda bisa menggunakan cara mendapatkan akun Canva Pro gratis melalui team invite 2022.

Ini adalah keunggulan dari fitur teams yang dimiliki oleh Canva, yakni bila pemilik collaboration team Canva memiliki akun Canva Pro, maka semua team member juga dapat menikmati fasilitas dari akun Canva Pro tersebut. Wow banget, kan!

Nah, anda harus mencari team Canva Pro terlebih dahulu. Berikut cara mendapatkan akun Canva Pro gratis melalui team invite 2022, dengan permisalan anda yang sebagai pemilik collaboration team Canva yang memiliki Canva Pro, ya. Agar lebih mudah pahamnya.

  • Miliki akun Canva Pro terlebih dahulu. Login akun, dan pilih fitur “Team” atau akses melalui link berikut: https://www.canva.com/teams/.
  • Kemudian pilih opsi “Orang”. Nantinya akan muncul tombol ungu bertuliskan “Dapatkan Tautan Undangan”. Klik tombol tersebut, untuk dibagikan kepada anggota tim yang membutuhkan akses premium Canva Pro.
  • Anda juga bisa menggunakan email untuk mengundang anggota tim.
  • Nanti, minta anggota tim yang telah diberi akses masuk ke collaboration team untuk menerima undangan tersebut, “Gabung ke Tim”.
  • Secara otomatis anggota tim akan tergabung ke dalam collaboration team Canva Pro milik anda, dan bisa mengakses fitur premium Canva Pro 2022 free.

4. Cara Membuat Canva Pro Menggunakan Email Edu

Cara ini bisa menggunakan email edu. Dan untuk mendapatkan email edu bisa menggunakan gmail atau menggunakan email temporary lewat link di bawah ini.

Untuk caranya Anda bisa mengikuti langkah step by step dibawah ini.

1. Create Email https://10minutesemail.net/

Jangan lupa anda harus mencoba mendapatkan email edu. Anda bisa menghapusnya jika tidak mendapatkannya dan membuat email baru lagi.

2.  Buat akun di canva.com

Jika sudah mendapatkan akun email edi, langsung daftar dan Konfirmasi Email.

4. Setelah itu, Anda buka tautan berikut ini https://www.canva.com/edu-signup

Setelah mengonfirmasikan Anda dapat mengedit email sementara ke akun gmail Anda langsung dari canva

Sunting Email Akun dari sini : https://www.canva.com/settings/your-account

5. Selesai

Itulah pembahasan mengenai cara dapat Canva Pro gratis dengan 3 cara mudah yang telah dijelaskan tadi. Semoga bermanfaat untuk menunjang profesi anda agar lebih baik lagi. Semangat belajar!

Kahfi Talk less Do More