Kahfi Talk less Do More

Cara Login Edmodo: Sebagai Siswa, Guru Dan Orangtua

5 min read

Cara Login Edmodo

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, terdapat banyak sekali kemudahan dalam kehidupan yang dapat dicapai oleh manusia. Termasuk di bidang pendidikan melalui penggunaan pembelajaran sistem online dengan cara login Edmodo.

Nama Edmodo mungkin agak terdengar asing di telinga Anda. Wajar saja karena pemakaian platform pembelajaran online ini memang masih jarang digunakan di tanah air. Padahal Edmodo ini telah dirilis sejak tahun 2008 lalu lho.

Untuk lebih paham tentang Edmodo yang didirikan oleh Nic Borg, Jeff O’Hara dan Crystal Hutter ini, berikut pembahasan tentang cara login Edmodo serta cara membuat akunnya. Selain itu akan ada juga informasi tentang cara pembuatan akun serta syarat-syaratnya.

Apakah Edmodo Itu?

Edmodo adalah sebuah terobosan baru di dunia pendidikan yang dihasilkan dari perkembangan teknologi informasi. Inovasi yang dicapai oleh perusahaan yang bermarkas di San Mateo, California, AS ini merupakan sebuah cara belajar baru.

Yaitu sebuah cara belajar yang mampu menembus batas pembelajaran tradisional yang mengharuskan kehadiran secara fisik. Dengan Edmodo maka guru atau dosen serta siswa atau mahasiswa dapat hadir dalam sebuah forum pembelajaran secara online.

Platform layanan pembelajaran online ini cukup populer di Amerika Serikat, terutama di lingkungan para gurunya. Hal tersebut tak bisa dilepaskan dari banyaknya kemudahan kegiatan pembelajaran. Mulai dari pemberian tugas, mengerjakan ujian, kuis, dan berbagai hal lain.

Untuk dapat menggunakan Edmodo maka Anda harus melakukan proses daftar Edmodo terlebih dahulu. Dengan cara membuat Edmodo yang mudah, maka penggunanya akan dapat merasakan Learning Management System (LMS).

Cara login Edmodo sebagai platform pembelajaran online ini dapat diakses baik dengan perangkat PC atau laptop serta gawai pribadi. Khusus untuk pemakaian Edmodo lewat HP, maka Anda diharuskan untuk melakukan download Edmodo terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Membuat Akun Edmodo? Jelaskan Secara Urut!

Cara Login Edmodo

Sebelum melakukan cara login Edmodo, maka Anda harus membuat akun Edmodo terlebih dahulu. Pihak-pihak yang dapat membuat Edmodo antara lain adalah tenaga pendidik, yaitu guru atau dosen. Selain itu juga ada siswa atau mahasiswa serta orangtua siswa.

Berikut ini tutorial menggunakan Edmodo dengan perangkat PC atau laptop melalui pemakaian browser. Sebelumnya harap pastikan jika perangkat Anda telah memiliki koneksi internet untuk dapat membuat akun Edmodo.

Trending:  Chord Kunci Gitar Lagu Oi Adek Berjilbab Ungu Lengkap

1. Akun Edmodo Guru

Penjelasan yang pertama ini diperuntukkan bagi para guru atau dosen yang menjadi tenaga pengajar. Cara login Edmodo harus dimulai terlebih dahulu dengan melakukan proses cara daftar Edmodo sebagai guru. Untuk melakukannya lakukanlah langkah sebagai berikut ini.

1.  Gunakanlah mesin perambah sematan dari perangkat yang Anda gunakan, contohnya Chrome, Mozilla atau yang lainnya. Buka mesin perambah atau browser tersebut.

2. Pada bagian pencarian masukkan alamat atau link berikut: https://www.edmodo.com/

3. Setelah itu pada kolom pilihan yang ada tekan pilihan I’m a Teacher.

4. Tahap berikutnya, masukkan alamat email serta kata sandi Anda, kemudian tekan tombol Sign up for Free.

5. Langkah selanjutnya, masukkanlah data pribadi Anda yang berupa nama depan dan nama belakang, lantas tekan tombol Continue.

6. Carilah nama sekolah Anda. Namun Anda bisa pilih Skip jika tak menginginkannya. Hal yang sama pada pilihan tentang sinkronisasi kontak teman-teman Anda. Jika tak berminat, silahkan langsung skip saja.

7. Selanjutnya pilihlah menu yang disediakan, yaitu Set up my first Class atau Collaborate with Educators.

Set up my first Class ditujukan bagi guru yang akan membentuk kelas online guna melaksanakan proses belajar mengajar. Collaborate with Educators digunakan untuk melakukan diskusi bersama sesama guru lainnya.

8. Setelah memilih, tekan tombol Get Started untuk memulai.

2. Akun Edmodo Orangtua

Penjelasan berikutnya adalah cara daftar Edmodo sebagai orang tua dengan melakukan beberapa tahapan langkah sebagai berikut:

  1. Buka dan masuk ke dalam browser yang terdapat di perangkat Anda. Jenis browser yang digunakan bebas, bisa jenis Chrome, Mozilla atau yang lainnya.
  2. Langkah selanjutnya, bukalah link berikut ini https://www.edmodo.com/
  3. Selanjutnya tekan tombol I’m a Parent, untuk menunjukkan status Anda sebagai pengguna Edmodo.
  4. Lantas masukkan detail data pribadi yang meliputi nomor HP, email dan kata sandi.
  5. Tekan atau klik bagian Create your account.
  6. Kemudian pada langkah ini inputlah kode verifikasi yang telah dikirimkan oleh Edmodo ke nomor seluler Anda lewat pesan singkat melalui SMS.
  7. Jika Sudah segera tekan tombol Next.
  8. Berikutnya ketikkan nama depan dan nama belakang Anda.
  9. Akhiri langkah dengan menekan tombol Let’s go!

Nah sekarang Anda pun telah memiliki akun di Edmodo sebagai orang tua. Untuk selanjutnya akun Edmodo Anda dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemantauan proses belajar mengajar yang dijalani buah hati Anda.

Nantinya ketika melakukan login ke dalam akun Edmodo, Anda akan diminta untuk mengisi kode. Kode ini adalah kode akun anak Anda, jadi silahkan untuk meminta kodenya terlebih dahulu.

Trending:  Nomor Pusat Pesan Telkomsel, XL, Axis, Three, Smartfren [Lengkap] 2021

3. Akun Edmodo Murid

Berikutnya adalah pembuatan akun Edmodo untuk murid, baik siswa atau mahasiswa melalui situs www.edmodo.com daftar siswa. Serta tutorial cara masuk di aplikasi Edmodo dengan langkah serta tahapan sebagai berikut.

a. Cara Mendaftar

Untuk cara daftar Edmodo sebagai siswa silahkan Anda lakukan langkah berikut ini:

  1. Buka dan masuklah ke dalam mesin perambah atau browser semacam Chrome, Mozilla, atau jenis browser lainnya yang kompatibel dengan perangkatn yang Anda pakai.
  2. Masuklah ke dalam link berikut ini https://www.edmodo.com/.
  3. Selanjutnya pilihlah status I’m a Student.
  4. Pada tahap berikutnya, Anda akan diminta untuk mengisi data identitas pribadi. Data tersebut meliputi nama depan dan nama belakang Anda, kode kelas yang telah diberi oleh guru.
  5. Setelah itu masukkan juga username yang Anda gunakan, alamat email serta kata sandi. Jika semua telah diinput, maka tekan tombol Sign Up For Free.
  6. Nah sekarang akun Edmodo untuk murid milik Anda telah berhasil dibuat.

jangan lupa untuk membagikan kode milik Anda pada orang tua agar dapat login ke dalam akun Edmodo orang tua. Sedangkan Anda dapat melakukan cek pada menu assignment untuk  melihat apakah telah ada tugas yang dibagikan atau belum.

b. Cara Bergabung Di Kelas

Selanjutnya adalah tutorial tentang cara login Edmodo. Langkah ini perlu Anda kuasai agar dapat segera bergabung ke dalam kelas guna mengikuti kegiatan belajar mengajar yang diadakan. Langkah ini kurang lebih sama dengan cara login Edmodo di HP.

Cara masuk Edmodo jika sudah punya akun adalah sebagai berikut:

  1. Setelah Anda memiliki akun maka pada halaman menu utama, carilah pilihan yang bertajuk Classes, lalu masuklah ke dalamnya.
  2. Setelah berhasil masuk, tekan tombol sub menu My Classes.
  3. Lanjutkan dengan memilih menu yang diwakili dengan iko tanda tambah yang terletak pada bagian ujung sebelah kanan.
  4. Selanjutnya masukkan kode kelas di bagian menu kode kelas yang terdapat pada kolom Class Code.
  5. Apabila kode kelas telah Anda input, lanjutkan dengan menekan tombol Join.
  6. Proses login selesai, Anda pun sekarang telah berada di dalam kelas dan siap mengikuti pembelajaran.

Apakah Edmodo Bisa Mendeteksi Kecurangan?

Sistem pembelajaran secara online adalah suatu sistem di dalam proses belajar mengajar yang tak mengharuskan adanya pertemuan fisik. Tentu saja model pembelajaran seperti ini menimbulkan banyak tanda tanya besar.

Salah satunya masalah efektifitas platform Learning Management System Edmodo ini untuk mampu mendeteksi adanya kecurangan yang dilakukan oleh para siswanya.

Dari banyak riset atau studi yang dilakukan, kesimpulannya selalu merujuk pada ketersediaan fitur-fitur Edmodo. Fitur yang disematkan di dalam platform Edmodo memungkinkan pembatasan kecurangan yang dilakukan oleh siswa.

Trending:  Tips dan Kumpulan Contoh Judul Karya Tulis Ilmiah (KTI) Yang Menarik

Contohnya, pada saat digunakan sebagai sarana ujian online, guru dapat mengatur waktu serta memberi batasan waktu pengerjaan ujian. Akibatnya, jika batasan waktu yang ditetapkan habis, maka siswa tidak akan dapat lagi melanjutkan untuk menyelesaikan ujiannya.

Lantas apakah guru bisa melihat aktivitas kita saat ulangan?

Karena pada Edmodo belum disematkan fitur video conference, maka aktivitas pada saat ulangan tak akan mungkin dapat dilihat oleh guru. Akan tetapi sebagai sarana ujian online, Edmodo dilengkapi dengan beberapa fitur yang bermanfaat melatih disiplin siswa.

Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Mendaftar Edmodo? Sebutkan!

Ada beberapa hal yang diperlukan oleh para pengguna pada saat melakukan pendaftaran maupun pada cara login Edmodo, yaitu:

  • Perangkat yang digunakan. Anda bisa menggunakan HP atau PC/Laptop/Desktop.
  • Jaringan internet yang stabil.
  • Nama awal Anda.
  • Nama belakang Anda.
  • Kode grup. Kode ini bisa Anda peroleh dari guru pengajar.
  • Alamat email Anda pribadi yang masih aktif. Bagian ini sebenarnya tidak wajib. namun dengan menginput alamat email, maka akan memudahkan jika suatu saat Anda lupa kata sandi pribadi yang digunakan.
  • Username atau nama pengguna. Bagian ini dapat Anda isi dengan nama asli atau nama samaran.
  • Kata Sandi. Bersifat wajib karena kata sandi ini akan digunakan saat Anda akan melakukan login ke dalam akun di Edmodo.

Kelebihan dan Kekurangan dari Edmodo

Sebagaimana semua hal di dunia, Edmodo juga memiliki kelebihan serta kekurangan, karena memang tidak ada kesempurnaan di dunia ini. Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi Edmodo antara lain adalah:

  • Fitur yang dirancang pada Edmodo belum dapat menjadi satu kesatuan dengan berbagai jenis sosial media. Padahal integritas dengan berbagai sosial media saat ini mutlak diperlukan
  • Pilihan bahasa yang ada di Edmodo masih terbatas dalam bahasa Inggris saja. Hal ini tentu akan menyebabkan kesulitan bagi para pengguna yang memiliki keterbatasan penggunaan bahasa asing, terutama Bahasa Inggris.
  • Edmodo belum dilengkapi dengan fasilitas video conference, sehingga tidak ada kontak visual antara guru dengan muridnya.

Meski memiliki kekurangan, namun aplikasi pembelajaran secara online Edmodo juga memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan yang dimiliki oleh Edmodo, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Antarmuka pada Edmodo sangat ramah sehingga mudah untuk dioperasikan siapa saja, baik guru maupun siswa bahkan orang tua.
  • Berfungsi pada berbagai jenis format file.
  • Dapat digunakan di berbagai jenis perangkat, baik di smartphone maupun laptop/PC.

Demikian uraian tentang cara login Edmodo, semoga dapat membantu dan tidak merasa kesulitan lagi!

Kahfi Talk less Do More