Kahfi Talk less Do More

3 Cara Pembulatan ke Satuan Terdekat dengan Mudah

4 min read

Pembulatan ke Satuan Terdekat

Pembulatan ke Satuan Terdekat

Pembulatan bilangan adalah materi kelas 4 SD yang pasti diajarkan. Mulai dari pembulatan ke satuan, puluhan, ratusan, hingga ribuan terdekat. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan jelaskan gimana sih cara pembulatan ke satuan terdekat dengan mudah?

Sebenarnya, ada banyak lho cara membulatkan bilangan. Kamu bisa bulatkan secara manual, pakai kalkulator pembulatan, ataupun dengan bantuan Microsoft Excel. Tenang, semua cara tersebut akan dijelaskan pada artikel ini.

Namun, sebelum melihat cara membulatkan bilangan ke satuan terdekat, lebih baik Kamu tahu dahulu apa itu satuan, persepuluhan, dan perseratusan.

Mengenal Satuan, Persepuluhan, dan Perseratusan

Mari kita bahas dahulu bagaimana konsep satuan sebelum mencoba membulatkan bilangan ke satuan terdekat. Berikut adalah pengertiannya:

  • Satuan adalah sebuah angka tunggal (1, 2, 3, dan seterusnya). Sebuah angka ini terdiri dari 1 buah, tidak di belakang 0, dan tidak di depan 0.
  • Persepuluhan adalah angka yang menempati posisi pertama setelah tanda koma dalam penulisan bilangan desimal. Misal, 0,1, 2,8, ataupun 0,3. Angka 1, 8, dan 3 pada bilangan desimal tersebut adalah persepuluhan.
  • Perseratusan adalah angka yang memiliki posisi kedua setelah tanda koma pada bilangan desimal. Misal, 0,01, 6,82, 9,43. Angka 1, 2, dan 3 merupakan perseratusan. Karena memiliki tempat di urutan kedua setelah koma.

Maka jika ditanya apa itu pembulatan ke satuan terdekat? Maka jawabannya adalah sebuah perhitungan matematika dengan cara mengurangi ataupun menambah nilai bilangan agar menjadi satuan. Dengan begitu,  bilangan tersebut tidak memiliki koma maupun nol.

Ingat konsep pembulatan: pembulatan itu artinya menjadikan angka < 5 yakni: 1, 2, 3, dan 4 menjadi 0, dan menjadikan angka >  4 yakni: 5, 6, 7, 8, dan 9 menjadi 10.

Bagaimana? Apakah sudah paham dengan pengertian tersebut. Jika belum, silahkan dipahami kembali. Sebab, jika konsep tersebut tidak Kamu pahami, maka Kamu akan kesulitan memahami bagaimana cara pembulatan ke satuan terdekat.

Cara Pembulatan ke Satuan Terdekat

Pembulatan ke satuan terdekat adalah materi yang sangat penting dipahami oleh siswa. Sebab, pembulatan akan selalu dipakai dalam menghitung apapun ketika menginjak di materi-materi sesudahnya.

Bisa dikatakan, materi pembulatan ini  adalah materi dasar yang menjadi pondasi perhitungan matematika di kelas-kelas berikutnya. Bahkan, konsep pembulatan ini akan dibawa ke jenjang SMP, SMA, Kuliah, dan dalam kehidupan sehari-hari.

Trending:  Daur Hidup Hewan Lengkap Dengan Penjelasan Dan Jenis Hewan

Inilah 3 cara pembulatan ke satuan terdekat yang bisa Kamu coba di rumah:

1. Pembulatan Secara Manual

Cara pertama yang harus Kamu kuasai adalah cara manual. Kenapa cara ini harus dikuasai? Karena cara ini sangat diperlukan agar Kamu tidak perlu alat bantu saat mendapatkan persoalan tentang pembulatan ke satuan terdekat.

Sebenarnya, membulatkan bilangan ke satuan terdekat itu gampang banget. Bahkan Kamu bisa lakukan di luar kepala. Nah, bagaimana langkah-langkah pembulatan ke satuan terdekat secara manual yang bisa dilakukan? Simak penjelasannya!

  1. Pertama, perhatian angka yang berposisi di belakang koma (apakah ada satu, dua, atau tiga)
  2. Setelah itu, perhatian angka yang paling kanan dan ingat konsep pembulatan
  3. Bulatkan angka tersebut sesuai dengan konsep pembulatan
  4. Jika menjadi 0, maka hilangkan. Jika menjadi 10, maka angka di depannya bertambah 1.
  5. Lakukan hal tersebut sampai pada bilangan persepuluh
  6. Sehingga, hasilnya adalah satuan menjadi 0, atau satuan menjadi ditambah 1

Apakah Kamu kesulitan memahami cara-cara tersebut? Mari kita langsung ke contohnya:

  • 0,92 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi?  Jawaban: Kita lihat angka paling kanan yakni: 2. Karena 2 lebih kecil daripada 5, maka 2 dibulatkan menjadi 0. Setelah itu, kita lihat angka sampingnya yakni 9. Nilainya tetap 9 karena angka 2 tadi menjadi 0. Karena 9 itu lebih besar dari 5, maka dibulatkan menjadi 10. Maka pada angka satuan yakni 0, ditambah 1 hasilnya 1. Maka pembulatan 0,92 adalah 1.
  • 1,48 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi? Jawaban: Tetap lihat angka yang posisinya paling kanan yakni 8. Karena 8 itu lebih dari 5, maka dibulatkan jadi 10. Otomatis angka 4 + 1 = 5. Karena angka 4 sudah jadi 5, maka angka tersebut dibulatkan lagi menjadi 10. sehingga pada satuan ditambah satu, yakni 1+ 1 = 2.
  • 4,125 dibulatkan menjadi (satuan terdekat)? Jawaban: Pada kasus semacam ini, Kamu tidak perlu melihat yang paling kanan. Sebab angka di belakang koma adalah 1. Jika angka di belakang koma 1, maka otomatis dibulatkan jadi 0. Maka hasilnya adalah 4.
  • Pembulatan ke satuan terdekat dari 346,2 cm adalah 346. Kenapa? Sebab angka di belakang koma adalah 2 dimana 2 itu lebih kecil daripada 5.
  • 19,8 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 20. Alasannya: 8 lebih besar daripada 4, sehingga 19 + 1 = 20.
  • 32,6 jika dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 33. Sebab, 6 itu lebih dari 4. Sehingga dibulatkan menjadi 10, sehingga 32 + 1 = 33.
  • Contoh lagi: Pembuatan ke satuan terdekat dari 7,8?  Hasilnya adalah 8. Sebab, 8 lebih dari 4, sehingga dibulatkan menjadi 10 sehingga 7 + 1 = 8.
  • Kita coba yang lebih sulit: 4 2/7 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi? Jawabannya adalah 4. Kenapa? Sebab 2/7 = 0,26. Sehingga pembulatan dari 4,26 adalah 4. Sebab, 2 lebih kecil daripada 5. (Note: Jika ada nilai pecahan, maka harus dijadikan desimal dulu).

Contoh lain:

  • 3,51 pembulatan ke satuan terdekat menjadi 4
  • 5,67 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 6
  • 6,13 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 6
  • 12,5 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 13
  • 90,7 meter dibulatkan ke satuan terdekat adalah 91 meter
  • 76,88 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 77
  • 523,5 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 524
  • 88722,87 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 88723
  • 23,45 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 25
  • 32,6 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 33
  • 1/3 dibulatkan menjadi satuan terdekat = 0 sebab 1/3 = 0,33
  • 6 2/3 dibulatkan ke satuan terdekat = 7. Sebab 2/3 = 0,67 sehingga 6 + 1 = 7
Trending:  Cari Tahu Contoh Surat Undangan Resmi Dan Cara Membuatnya

Mudah bukan? Sekarang waktunya Kamu mencoba cara pembulatan ke satuan terdekat tersebut. Pastikan mengingat konsep pembulatan ke satuan terdekat, sehingga semua soal yang Kamu hadapi akan terasa mudah untuk dikerjakan.

2. Menggunakan Kalkulator Pembulatan

Ternyata, saat ini sudah banyak kalkulator yang memudahkan kamu menghitung pembulatan. Entah ke satuan, puluhan, ratusan, ataupun ribuan terdekat. Kalkulator ini tentu tidak perlu Kamu jagakan. Sebab, perhitungan manual harus Kamu pahami terlebih dahulu.

Namun, bagi Kamu yang memang benar-benar butuh tentu tidak masalah. Maka dari itu, kami akan jelaskan bagaimana cara pembulatan ke satuan terdekat dengan kalkulator pembulatan. Sebelum itu, berikut adalah beberapa rekomendasi website kalkulator pembulatan:

Beberapa kalkulator online tersebut bisa Kamu akses secara gratis. Sehingga, Kamu tidak perlu tahu cara pembulatan ke satuan terdekat jika menggunakan alat tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, masuk ke salah satu kalkulator tersebut
  2. Setelah itu, setting ke satuan terdekat (unit)
  3. Kemudian, masukkan angka yang Kamu ingin cari pembulatannya
  4. Jika sudah, klik hitung atau calculate
  5. Ubah angka sesuai keinginan dan kebutuhan Kamu

Mudah bukan? Tentu saja mudah. Hasilnya bisa langsung tersebut di bagian hasil. Kalkulator ini bisa Kamu pakai jika tidak yakin dengan jawaban. Namun sebelum itu, pastikan sudah berusaha untuk menghitungnya ya. Jangan sampai Kamu gunakan kalkulator ini karena malas menghitung.

3. Cara Pembulatan ke Satuan terdekat dengan Excel

Berbeda dengan cara-cara sebelumnya, pembulatan ke satuan terdekat dengan bantuan excel mungkin sudah masuk ke ranah administrasi. Sehingga, bukan untuk dipelajari, namun untuk mendapatkan hasilnya pembulatan secara cepat saat mengerjakan banyak angka.

Pada dasarnya, cara pembulatan ke satuan terdekat dengan excel itu gampang. Syaratnya, Kamu sudah memiliki data angka yang hendak diubah. Selain itu, susun angka tersebut secara vertikal dalam satu kolom.

Rumus yang digunakan untuk membulatkan angka di Microsoft Excel adalah rumus ROUND. Sekedar informasi, rumus ini sudah sangat umum digunakan untuk pembulatan bilangan di Excel, terlebih untuk kepentingan administratif di kantor maupun sekolah.

Trending:  1 Barel Berapa Liter? Begini Penjelasannya

Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih kolom dimana hasil akan ditampilkan
  2. Setelah itu, klik sama dengan (=)
  3. Ketikkan ROUND (
  4. Klik angka yang ingin Kamu bulatkan
  5. Setelah itu ketik , (koma) atau ; (titik koma) tergantung PC Kamu
  6. Kemudian ketik 0
  7. Jika sudah, klik enter
  8. Selesai

Maka, Kamu akan melihat hasil pembulatan ke satuan terdekat. Nah, mari kita bahas agar Kamu lebih paham apa maksud rumus tersebut.

  • Di dalam Excel, ketik = (Sama dengan), maka artinya memulai perhitungan atau rumus
  • Rumus ROUND artinya bulat atau pembulatan, rumus ini berlaku untuk semua jenis pembulatan bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya)
  • Angka 0 merupakan num_digits. Bisa dikatakan, digits adalah posisi pembulatan dalam bilangan desimal. 0 artinya satuan. 1 artinya puluhan. 2 artinya ratusan. Begitu juga sebaliknya. -1 artinya persepuluhan, -2 artinya perseratusan.

Dengan begitu, dapat disimpulkan jika rumus pembulatan adalah:

=ROUND(number;num_digits) atau = ROUND(number,num_digits)

Tips: Jika Kamu ingin cepat mendapatkan hasil pembulatan, coba tarik ke bawah bagian pojok kanan bawah kolom hasil. Pastikan bilangan sudah Kamu susun secara urut secara vertikal ya. Menarik rumus ini akan memudahkan Kamu mendapatkan hasil bilangan.

Bagaimana? Mudah dipahami bukan. Setelah paham cara pembulatan satuan terdekat dengan rumus excel, Kamu tidak perlu lagi melakuksan pembulatan secara manual. Terlebih untuk data angka yang begitu banyak. Jika ada 1000 angka yang perlu dibulatkan, maka akan capek juga jika dilakukan secara manual. Maka dari itu, rumus excel ini akan sangat membantu.

Penutup

Demikian sedikit informasi tentang bagaimana cara pembulatan ke satuan terdekat. Ketiga cara tersebut bisa Kamu lakukan. Bagi adek-adek yang masih SD, jangan pakai kalkulator dulu ya. Pastikan tahu terlebih dahulu bagaimana cara menghitung secara manual. Baru jika sudah paham, boleh menggunakan cara yang kedua atau ketiga. Selamat mencoba…

Kahfi Talk less Do More