Kahfi Talk less Do More

Pembulatan ke Ratusan Terdekat yang Harus Dipelajari

5 min read

Pembulatan ke Ratusan Terdekat

Pembulatan ke Ratusan Terdekat

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan sejak TK, hanya saja tingkat kesulitannya berbeda. Dalam pelajaran Matematika, Anda akan bertemu dengan angka-angka, termasuk saat belajar pembulatan ke ratusan terdekat.

Materi matematika pembulatan ini mulai diberikan pada pelajar di tingkat pendidikan Sekolah Dasar. Hanya saja, bentuk pembulatan masih sederhana, misalnya hanya terbatas pada satuan hingga puluhan jadi lebih mudah bagi pelajar memahaminya.

3 Cara Pembulatan ke Ratusan Terdekat yang Mudah

Setelah mempelajari materi pembulatan di Matematika, sudahkah Anda tahu bagaimana cara melakukan pembulatan ke ratusan terdekat? Ternyata, tidak hanya satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pembulatan terdekat.

Ada dua cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan pembulatan terdekat dengan mudah, apalagi sekarang ini sudah banyak teknologi yang berkembang. Anda juga bisa memanfaatkan kalkulator dan Microsoft Excel untuk pembulatan terdekat.

1. Pembulatan ke Ratusan Terdekat secara Manual

Dibandingkan cara lain yang akan kita bahas dalam artikel ini, cara paling baik untuk membulatkan angka ke ratusan terdekat adalah dengan cara manual. Khususnya bagi pelajar yang harus memahami konsep pembulatan ke ratusan terdekat adalah.

Dengan cara manual, kita diharuskan untuk memahami konsep atau aturan pembulatan lebih dulu.

Jika Anda sudah memahami konsep dan aturan pembulatan bilangan yang benar, maka akan lebih mudah dalam menentukan hasilnya. Pembulatan bisa dilakukan ke satuan paling dekat, puluhan terdekat, ratusan terdekat dan seterusnya.

Pembulatan ke ratusan terdekat adalah menambah atau mengurangi nilai bilangan untuk dapatkan nilai terbaik yang hasilnya makin kecil atau makin besar. Perubahan angka sebelah kanan ratusan (satuan dan puluhan) menjadi 0 adalah hasilnya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembulatan pembulatan ini, yakni angka puluhannya dan berikut ulasan lengkapnya.

  • Hilangkan atau ubah angka jadi 0 jika nilai puluhan tidak lebih dari 50 (00 sampai 49), sedangkan angka ratusan tetap, misalnya angka 17.
  • Bulatkan menjadi 100 dan tambahkan pada nilai ratusan jika puluhannya lebih besar atau sama dengan 50 (50 sampai 99), misalnya angka 65.

Kemungkinan besar, semua bilangan yang bersifat bulat dapat dibulatkan, termasuk bilangan desimal ke ratusan terdekat. Hasil pembuatan bernilai genap dan logis, terlebih jika pembulatan berhubungan dengan uang.

Sebagai contoh, Rp 7.393,41 dibulatkan ke ratusan paling dekat maka jadi Rp 7.400. Nilai uang menjadi lebih logis karena nilai tersebut bisa dibayarkan, yaitu 7 lembar uang seribuan dan 4 keping uang logam Rp 100.

Trending:  Daur Hidup Hewan Lengkap Dengan Penjelasan Dan Jenis Hewan

Contoh lainnya adalah pembulatan uang dari 34.765 adalah 34.800. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak contoh pembulatan ke ratusan terdekat berikut ini.

3.719 dibulatkan menjadi 3.700

3.729 dibulatkan menjadi 3.700

3.739 dibulatkan menjadi 3.700

3.749 dibulatkan menjadi 3.700

3.759 dibulatkan menjadi 3.800

3.769 dibulatkan menjadi 3.800

3.779 dibulatkan menjadi 3.800

3.789 dibulatkan menjadi 3.800

3.799 dibulatkan menjadi 3.800

Menurut contoh di atas yang sudah dibahas, diketahui bahwa bilangan yang nilai puluhannya 50 sampai dengan 99 maka dibulatkan ke atas dengan menambah 100 pada angka ratusan.

Sedangkan, bilangan yang nilai puluhannya 00 sampai 49, maka dibulatkan ke bawa menjadi 00. Meskipun sudah terlihat jelas prinsip pembulatannya, tapi Anda masih perlu belajar dari contoh soal beserta jawabannya.

  1. 849 dibulatkan ke ratusan paling dekat menjadi 700.
  2. Pembulatan ke ratusan paling dekat dari 21.987 adalah 22.000.
  3. 341 dibulatkan ke ratusan paling dekat jadi 300, mengapa? (Karena angka puluhannya 41 jadi dibulatkan ke bawah menjadi 0)
  4. 677 dibulatkan ke ratusan paling dekat menjadi 700.
  5. Pembulatan ke ratusan paling dekat 25 adalah 0.
  6. 728 dibulatkan menjadi berapa? (700)
  7. Bulatkan ke ratusan paling dekat dari 698! (700)
  8. Pembulatan ratusan paling dekat 2.791 adalah 2.800.
  9. 53 dibulatkan ke ratusan paling dekat jadi? (100)
  10. Pembulatan ke ratusan paling dekat 4.350 adalah 4.400.
  11. Bulatkan ke ratusan paling dekat dari bulangan 1.671! (1.700)
  12. Pembulatan ke ratusan paling dekat dari 8.752 adalah 8.800
  13. 8.879 dibulatkan ke ratusan paling dekat jadi 8.900, mengapa? (Karena nilai puluhan 79, maka angka ratusan paling dekat adalah 100 lalu ditambahkan ke nilai ratusannya, 100 + 700 dan hasilnya 800)

2. Pembulatan ke Ratusan Terdekat dengan Kalkulator

Kalkulator pembulatan ialah salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil pembulatan bilangan ke ratusan paling dekat. Seperti yang kita tahu, belajar Matematika tidak bisa lepas dari yang namanya kalkulator.

Dengan bantuan kalkulator, Anda bisa menghitung dengan lebih mudah, cepat dan tepat. Hasil dari nilai pembulatan atau perhitungan bahkan bisa muncul secara otomatis menggunakan kalkulator jadi Anda tidak perlu susah susah menghitungnya.

Sebagai contoh, 815 pembulatan ke ratusan terdekat akan menjadi 800. Penggunaan kalkulator untuk pembulatan ke ratusan terdekat harus dilakukan setting atau pengaturan terlebih dahulu dan berikut beberapa langkah yang harus Anda ikuti.

  • Ketik suatu bilangan yang hendak dibulatkan (bulangan desimal atau bilangan bulat)
  • Setelah itu, klik tombol “Cari Hasil”.
  • Cari tahu hasil pembulatan ke ratusan pada kolom yang ada di bawahnya.
Trending:  7+ Daftar SMP Swasta Terbaik di Jakarta

Jika Anda ingin mencari hasil pembulatan bilangan yang lain, maka caranya sangat mudah, yakni tinggal klik “Hapus” terlebih dulu untuk membersihkan hasil dan form bilangan, selanjutnya ketik lagi nilai bilangan yang hendak dibulatkan.

Hal lain yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan kalkulator dalam membulatkan bilangan. Jika angka yang dibulatkan adalah desimal, maka gunakan tanda titik (.) sebagai ganti tanda koma (,).

Misalnya saja, bilangan 3456,980 maka ketik menjadi 3456.980 jika Anda gunakan kalkulator ini. Jangan sampai salah penggunaan karena alat ini hanya bisa mencari hasil pembulatan ke ratusan terdekat.

Contoh lainnya jika Anda ingin menemukan hasil pembulatan dari 3,581 adalah 3,600, maka penulisan koma (,) harus diganti titik (.) dahulu, maka hasilnya menyesuaikan tanda tersebut pada bilangan yang dibulatkan

Meski terbatas, penggunaan kalkulator untuk membulatkan bilangan ke ratusan paling dekat cukup membantu pekerjaan, terlebih jika bilangan yang dibulatkan jumlahnya sedikit jadi bisa mempercepat tugas.

3. Pembulatan ke Ratusan Terdekat dengan Microsoft Excel

Aplikasi Microsoft Office Excel juga bisa Anda gunakan sebagai cara alternatif untuk mendapatkan hasil pembulatan bilangan ke ratusan paling dekat. Penggunaan kalkulator bisa dibilang cara lama karena sudah ada alat lebih canggih, Ms. Office.

Dengan teknologi yang lebih canggih, aplikasi Microsoft Office Excel lebih mumpuni dan hasilnya pun tidak perlu diragukan lagi. Penggunaan aplikasi ini sangat cocok untuk jumlah bilangan yang akan dibulatkan ke ratusan paling dekat cukup banyak.

Bayangkan saja jika pembulatan ke ratusan terdekat harus dilakukan dalam jumlah yang sangat banyak, ratusan hingga ribuan bilangan dengan cara manual, maka akan menghabiskan lebih banyak waktu dan energi.

Itulah mengapa solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah menggunakan aplikasi Microsoft Excel yang lebih canggih. Anda tinggal mengetik rumus atau formula untuk membulatkan bilangan dan nilai yang akan dibulatkan.

Setelah semua bilangan yang akan dibulatkan sudah siap beserta rumusnya, Anda tinggal menarik formula tersebut maka hasil pembulatan ke ratusan terdekat akan muncul secara otomatis di layar desktop PC atau laptop.

Fungsi Excel untuk membulatkan bilangan adalah ROUND, maka Anda akan mendapatkan hasil pembuatan terbaik dari suatu bilangan.

Sejumlah konsep pembulatan, mulai dari nilai tempat desimal hingga ke nilai tempat bilangan bulat dapat terhitung dengan cepat, misalnya pembulatan ke ratusan paling dekat.

Penggunaan aplikasi Microsoft Excel ini membuat penggunanya tidak perlu paham konsep pembulatan karena semua hasilnya akan dikerjakan oleh aplikasi sesuai aturan pembulatan bilangan secara otomatis. Misalnya, pembulatan dari 2.479 adalah 2.500.

Trending:  Tips dan Kumpulan Contoh Judul Karya Tulis Ilmiah (KTI) Yang Menarik

Contoh penulisan fungsi ROUND yang nantinya diketikkan ke form atau sel Ms. Excel adalah

=ROUND(number;num_digits)

Keterangan:

number berisi bilangan yang akan dibulatkan atau Anda juga bisa menggunakan referensi sel jika sudah mengetik sebelumnya di sel.

num_digits berisi angka satu digit, misalnya -2, -1, 0, 1, 2 dan lain sebagainya.

Jika angka -1 maka pembulatan dilakukan ke puluhan paling dekat, angka -2 maka pembulatan dilakukan ke ratusan paling dekat, angka -3 maka pembulatan dilakukan ke ribuan paling dekat dan seterusnya.

num_digits berisi angka -2 karena dalam artikel ini kita sedang membahas pembulatan ke ratusan terdekat. Contoh penulisan formula di Microsoft Excel adalah =ROUND(B2;-2).

A B C D

E

1

No. Bilangan Desimal Posisi Tempat Pembulatan Hasil Pembulatan

Rumus Excel

2

1 7404 Ratusan terdekat

7400

=ROUND(B2;-2)

3

2 9415 Ratusan terdekat

9400

=ROUND(B3;-2)

4

3 4926 Ratusan terdekat

4900

=ROUND(B4;-2)

5

4 2060 Ratusan terdekat

2100

=ROUND(B5;-2)

6

5 3893 Ratusan terdekat

3900

=ROUND(B6;-2)

 

Misalkan ada pertanyaan, bulatkan dibilangan berikut ke ratusan terdekat:

671

834

298

Anda tinggal memasukkan angka angka tersebut ke kolom Bilangan Desimal maka hasil pembulatan akan muncul pada kolom Hasil Pembulatan jika Anda menggunakan rumus excel yang benar.

Pembulatan pada Harga

Salah satu aplikasi dari pembulatan bilangan di Matematika adalah dalam bidang ekonomi, yakni harga suatu barang. Bukan hanya pembulatan ke ratusan terdekat, tapi juga satuan atau puluhan terdekat sesuai dengan harga dari suatu produk.

Aturan pembulatan pada harga dibahas dalam Pasal 6 Permendag Nomor 35 Tahun 2013. Sebagian besar pelaku usaha pasti pernah melakukan pembulatan harga jika harga produk dijual memuat pecahan nominal rupiah yang sulit atau tidak beredar.

Pembulatan yang dilakukan oleh pelaku usaha harus diinformasikan pada konsumen saat melakukan pembayaran atau transaksi. Misalnya, suatu produk dijual dengan harga Rp 973 maka harga tersebut boleh dibulatkan menjadi Rp 1.000.

Contoh lainnya adalah pembulatan uang rupiah dari 1550 adalah Rp 1600 karena angka puluhan 50 sama sesuai dengan aturan kedua yang seharusnya dibulatkan ke atas.

Pembulatan ke ratusan terdekat ini bisa meningkatkan keuntungan yang akan didapatkan oleh penjual, tapi harus sesuai dengan aturan Permendag. Materi tentang pembulatan ini sangat berguna di bidang ekonomi, yakni pembulatan harga.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mendapatkan hasil pembulatan ke ratusan terdekat yang mudah, jangan ragu untuk menerapkan beberapa cara di atas. Dengan belajar dan latihan secara rutin, Anda akan memahami materi ini dengan baik.

Kahfi Talk less Do More