Kahfi Talk less Do More

Ketahui Cara Memperbaiki Printer Epson L120 dan Penyebabnya

3 min read

Cara Memperbaiki Printer Epson L120

Cara Memperbaiki Printer Epson L120

Epson L120 merupakan jenis printer yang banyak digunakan usaha percetakan karena harganya yang terjangkau. Namun, printer ini sering mengalami error sehingga penting mengetahui cara memperbaiki printer Epson L120.

Bagi pengguna baru mungkin tidak mengetahui cara memperbaiki printer Epson L120. Hal ini tentunya bisa membuat pengguna kewalahan mengatasi printer yang sedang error. Apalagi, jika printer tidak bisa print di saat waktu mendesak.

Printer Epson menyala lampu merah bisa jadi menandakan bahwa ada kerusakan atau error yang harus segera diperbaiki. Jangan khawatir, karena artikel ini akan membahas cara perbaiki error printer Epson L120 dengan mudah.

Cara Memperbaiki Printer Epson L120

Error pada Epson L120 bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari cartridge yang bermasalah hingga kertas yang macet di tengah saaat proses printing. Oleh karena itu,, ketahuilah cara memperbaiki printer Epson L120 seperti berikut:

1. Reset Manual

Cara memperbaiki kerusakan Printer Epson L120 yaitu dengan melakukan reset manual. Cara ini bisa dikatakan sebagai cara termudah dan paling sering dijadikan sebagai alternatif ketika printer Epson bermasalah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Cabut terlebih dahulu kabel printer, lalu diamkan selama 3 sampai 5 menit
  • Nyalakan kembali printer dan tunggu sampai spooling printer berhenti
  • Tekan tombol power dan tombol resume secara bersamaan, lalu tahan dalam waktu 5 detik
  • Lepaskan kedua tombol dan tekan lagi tombol resume selama 3 detik
  • Tunggu beberapa saat hingga proses spooling selesai

Cara ini biasanya dilakukan jika printer bermasalah karena pemasangan cartridge kurang tepat dan ada kertas yang tersangkut ketika proses printing. Jika printer bermasalah setelah reset printer Epson L120, maka Anda harus kembali meresetnya dengan software.

2. Reset dengan Software

Reset printer Epson L120 dengan software perlu dilakukan jika cara memperbaiki printer Epson L120 di atas tidak berhasil. Anda perlu membuka software printer terlebih dahulu. Kemudian, lakukan cara reset printer Epson L120 seperti berikut:

  • Instal software resetter L120 Epson. Software ini bisa didownload atau langsung instal dari driver bawaan
  • Buka software, lalu pilih opsi L120 pada kolom ‘Model Name’
  • Pada daftar fungsi pilih ‘Waste Ink Pad Counter’, lalu klik OK
  • Centang pada kolom ‘Main Pad Counter’
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi yang meminta Anda mematikan printer
  • Setelah muncul notifikasi, klik ‘OK’

Setelah Anda mengklik OK, matikan printer kemudian nyalakan lagi. Cara ini juga biasa dilakukan untuk mengatasi lampu berkedip bersamaan pada printer Epson L120. Jika printer masih belum beroperasi normal, sepertinya Anda masih harus mencoba cara berikutnya.

  1. Pasang Ulang Cartridge

Cara memperbaiki printer Epson L120 berikutnya yang juga harus dicoba yaitu memasang ulang cartridge pada printer. Tak jarang error pada printer Epson L120 disebabkan karena penempatan  cartridge yang tidak pas sehingga perlu diperbaiki.

Selain itu, error yang menyebabkan lampu printer juga bisa jadi karena salah satu tinta telah habis sehingga cartridge perlu digantu. Namun, jika tinta masih terisi maka sebaiknya lakukan pasang ulang cartridge seperti berikut:

  • Matikan printer terlebih dahulu
  • Buka penutup cartridge lalu ambil seluruh cartridge
  • Hidupkan kembali printer sebelum dipasang cartridge
  • Tekan tombol resume sampai print head bergeser ke bagian tengah
  • Pasang kembali cartridge merah, kemudian tekan tombol resume
  • Pasang kembali cartridge hitam, kemudian tekan tombol resume
  • Pasang kembali cartridge kuning, kemudian tekan tombol resume
  • Pasang kembali cartridge biru, kemudian tekan tombol resume
  • Matikan printer, kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol power
  • Printer siap digunakan lagi

Faktor Penyebab Error Pada Printer Epson

Permasalahan error printer Epson L120 perlu dipahami secara mendalam agar Anda tidak kewalahan lagi dalam mengatasinya. Selain itu mengetahui informasi ini juga bisa mencegah anda melakukan hal yang bisa memicu terjadinya kerusakan printer.

Berikut beberapa faktor penyebab error pada printer Epson L120:

1. Error pada Tinta   

Memahami error pada printer Epson itu sangat penting. Nah, salah satu hal yang menjadi faktor penyebabnya yaitu error pada tinta. Bagi yang sudah lama menggunakan printer Epson pasti sudah tidak asing lagi dengan masalah ini.

Error pada tinta akan sering terjadi apalagi ketika printer sering digunakan. Error pada tinta juga tidak melulu berkaitan dengan cartridge yang sudah rusak dan harus diganti, bukan juga tinta yang harus diisi ulang.

Masalah error ini juga dikenal dengan istilah Ink Out Error. Artinya, printer tidak bisa mendeteksi bahwa cartridge sudah terisi tinta. Jadi, error bisa saja terjadi meskipun tinta terisi penuh.

2. End of Service Life

End of Service Life adalah penyebab yang membuat printer mendeteksi bahwa tinta terisi terlalu penuh. Hal ini bisa saja terjadi karena tempat penampungan tinta yang harus segera dibersihkan atau bahkan diganti.

Dalam sebuah printer biasanya terdapat wadah penampungan tinta yang bentuknya mirip seperti spons. Bagian ini menampung tinta yang terbuang dalam proses printing.

Semakin sering digunakan, wadah penampungan ini tentunya menjadi penuh sehingga harus dibersihkan. Jika wadah yang mirip seperti spons ini masih terlihat bagus, Anda hanya perlu mencucinya saja dan tidak perlu diganti dengan yang baru.

3. Printer Sudah Terlalu Banyak Mencetak Kertas

Jika anda mencetak kertas dalam jumlah yang terlalu banyak tanpa dijeda, hal ini bisa membuat daya tahan printer menurun sehingga terjadi kerusakan pada salah satu motor. Oleh karena itu, printer Epson tidak disarankan mencetak banyak kertas tanpa dijeda.

Ketika Anda memang harus mencetak tugas dalam jumlah yang banyak sebaiknya jangan mencetaknya sekaligus. Sebaiknya cetak tugas tersebut secara berkala dan berilah jeda beberapa menit yaitu mulai dari 15 sampai 20 menit.

Mencetak kertas dalam jumlah banyak tanpa dijeda bisa membuat motor printer menjadi panas hingga terjadi internal korsleting. Nah, hal inilah yang bisa menyebabkan printer Anda error hingga mengalami kerusakan.

4. General Error

Masih ada satu lagi faktor penyebab yang bisa membuat printer Epson Anda mengalami error, yaitu general error. Faktor penyebab yang satu ini memang jarang di jumpai karena tergolong masalah yang cukup berat.

Dalam beberapa kasus printer yang mengalami kerusakan berat dalam general error disebabkan karena rusaknya motherboard, sensor, hingga chip pada printer itu sendiri. Jika Anda bukan teknisi mungkin tidak bisa memperbaikinya sendiri

Satu-satunya cara untuk mengatasi general error yaitu membawa printer Epson ke tempat service. Anda bisa mendatangi tempat service terpercaya dan berpengalaman agar printee benar-benar bisa diperbaiki.

Itulah cara memperbaiki printer Epson L120 yang error. Setidaknya ada tiga cara yang perlu dicoba untuk mengatasi error pada printer Anda. Supaya tidak terjadi error lagi, rawatlah printer dan jangan abaikan penyebab error seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Kahfi Talk less Do More