Kahfi Talk less Do More

Mengatasi Printer Canon MP237 Tidak Bisa Print

1 min read

Printer Canon MP237 Tidak Bisa Print

Printer Canon MP237 Tidak Bisa Print

Biasa yang memiliki printer jenis Canon MP237 pasti pernah mengalami permasalahan printer eror dan tidak bisa digunakan untuk kegiatan printing. Tapi hal seperti ini sebenarnya sudah biasa terjadi. Permasalah printer Canon MP237 tidak bisa print bisa disebabkan beberapa masalah.

Sebenarnya permasalahan seperti ini bisa diatasi sendiri di rumah tanpa harus mengundang teknisi untuk memperbaiki. Untuk dapat mengatasi permasalahan ini, simak ulasan tentang mengatasi printer Canon MP237 tidak bisa print berikut ini.

Mengenali Permasalahan Eror Printer Canon MP237

Printer Canon MP23 tidak bisa print biasanya disebabkan oleh beberapa masalah. Berikut beberapa masalah yang biasa menyebabkan printer Canon MP23 tidak bisa digunakan.

1. Error 1000

Saat Canon MP237 error, layar laptop/PC akan menunjukan tanda error. Kode kerusakan yang biasanya muncul adalah eror 1000. Kode ini sebagai penanda habis kertas.

2. Error 1300

Kedipan di tanda segitiga pada printer canon bisa jadi indikator terjadinya kerusakan atau maslah. Error 1300 ini biasanya ditandai dengan kedipan dari lampu sebanyak 3 kali. Kesalahan ini biasanya berhubungan dengan roller berkaitan dengan paper jam.

3. Error 1486

Error 1486 biasanya berhubungan dengan cartridge, permasalahan yang sering terjadi adalah cartridge tidak terpasang dengan baik. Error ini ditandai dengan printer Canon MP237 lampu power dan alarm berkedip bergantian sebanyak 7 kali.

4. Error 1401

Jika printer ready tapi tidak bisa print, ini biasanya disebut error 1401. Hal ini biasanya juga disebabkan oleh masalah pada cartridge. Masalah yang terjadi pada printer ditandai dengan adanya kedipan sebanyak 5 kali pada lampu penanda di printer.

Cara Mengatasi Printer Canon MP237 Tidak Bisa Print

1. Mengatasi Error 1000

Masalah printer Canon MP237 tidak bisa print yang berhubungan dengan kertas bisa diatasi dengan mudah. Pertama lepas kertas terlebih dahulu, lalu matikan printernya, kemudian nyalakan lagi dan taruh kertasnya lagi.

Jika cara ini tidak berhasil, coba cek bagian roller, lalu bersihkan dengan kain secara hati-hati, hal ini dilakukan untuk membersihkan kotoran yang mengganggu performa printer.

2. Mengatasi Error 1300

Masalah error 1300 biasanya terjadi karena paper jam, hal ini bisa diatasi dengan menarik kertas yang nyangkut dengan perlahan. Jika kertas sudah ditarik keluar, selanjutnya bersihkanlah roller pada print. Terkadang permasalahan terjadi karena ada objek kecil yang tersangkut.

3. Mengatasi Error 1486

Cara mengatasi MP237 tidak bisa print, yang pertama adalah melepaskan cartridge dari print, lalu pasang lagi dengan posisi yang benar. Coba nyalakan kembali dan print satu dokumen untuk mencobanya.

Jika masih tidak bisa digunakan nge-print, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian sensor printer atau pada catridge. Untuk mengatasi kerusakan sensor dan cadridge tentunya solusinya adalah mengganti dengan yang baru.

4. Mengatasi Error 1401

Untuk mengatasi masalah cadrige ini pertama adalah mencopot kedua cartridge, lalu lihat bagian belakang cartridge yang terbuat dari bahan tembaga. Bersihkan bagian tembaga ini dengan tisu atau kain micro lembut.

Encoder yang kotor ini biasanya menyebabkan masalah error ini. Setelah benar-benar bersih, pasang kembali cadrige, lalu ulangi print dokumennya.

Penutup

Masalah printer Cannon MP237 tidak bisa print kadang hanya disebabkan hal biasa. Tidak usah khawatir dan buru-buru membawanya ke reparasi, coba atasi dengan cara yang telah disebutkan di atas.

Kahfi Talk less Do More