Kahfi Talk less Do More

Cara Memperbaiki Printer HP Laserjet P1102: Ketahui Masalahnya!

1 min read

Cara memperbaiki printer HP laserjet P1102

Cara memperbaiki printer HP laserjet P1102

HP Laserjet P1102 adalah printer dengan harganya terjangkau dan kualitas cetaknya cukup bagus. Meskipun sering terjadi masalah, namun cara memperbaiki printer HP laserjet P1102 ini cukup mudah dilakukan.

Masalah yang sering terjadi seperti kertas yang macet, hasil print tebal sebelah, tidak bisa print dan masalah lainnya. Permasalahan tersebut disebabkan perangkat yang aus atau kotor.

Printer Tidak Bisa Menarik Kertas

HP Laserjet adalah printer yang mempunyai tray atas serta bawah. Masalah yang sering terjadi adalah printer tidak bisa menarik kertas sehingga mengalami macet.

Cara memperbaiki printer Hp Laserjet P1102 yang tidak bisa menarik kertas ini bisa dilakukan dengan beberapa trik berikut ini.

  • Gunakan tray atas bawah secara bergantian. Jika bagian atas macet cobalah tray bagain bawah.
  • Periksalah Pickup Roller atas dan bawah, jika kendor lepas dan pasang dalam posisi terbalik.
  • Ganti Pickup Roller dengan yang baru jika karet penarik sudah tidak bsia diperbaiki.

Hasil Cetak Printer Kotor

Printer laser adalah printer dengan kualitas tinta yang jauh lebih baik dibandingkan dengan printer inkjet. Namun, dalam beberapa kasus sering terjadi hasil print kotor, dan hal tersebut tentu saja menganggu.

Penyebab hasil print kotor bisa disebabkan beberapa alasan, yaitu drum atau wiper blade printer tersebut sudah aus. Cara memperbaiki printer hp yang seperti ini tentu saja dengan mengganti drum atau wiperblade dengan yang baru.

Harga dari dari drum ini bervariasi mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 40 ribu. Namun, jika hasil print tetap saja kotor setelah diganti, artinya wiperbladenya yang bermasalah dan harus diganti.

Hasil Printer Tipis Sebelah

Masalah yang umumnya terjadi pada print laser adalah hasil print tipis sebelah. Jadi dokumen yang dihasilkan tidak rata karena ada bagian yang tipis, dan ada bagian yang tebal.

Cara memperbaiki printer HP laserjet P1102 bisa dilakukan dengan mengetahui penyebabnya. Ada 4 hal yang menyebabkan hasil printer tidak rata, antara lain

1. Optik Printer

Penyebab pertama adalah optik printer yang terdapat pada unit laser kotor. Hal ini membuat hasil print tidak merata. Memperbaiki printer HP laserjet P1102 yang kotor ini tidak bisa memakai tisu tapi harus menggunakan cairan pembersih khusus.

2. Drum Printer

Drum printer laser yang aus juga menyebabkan hasil print menjadi tidak rata. Solusinya adalah menggantinya dengan yang baru. Namun, printer yang baru juga bisa mengalami aus karena sampah toner yang sudah penuh.

Solusi untuk memperbaiki printer HP seperti ini adalah memeriksa sampah toner. Jika sudah penuh bersihkan dan pastikan toner tidak bocor.

3. Busing Printer

Busing adalah benda semacam ring plastik yang ada diujung magnet. Jika busing ini kotor maka jarak magnet dan drum akan lebih lebar dari biasanya. Hal tersebut membuat perpindahan toner dari magnet ke drum menjadi terhambat.

Jika pemindahan ini terhambat hasil cetak printer akan menjadi tipis. Jadi periksalah busing printer dan bersihkan bagian tersebut jika kotor.

4. Per Kecil dalam Catridge

Pada catridge printer terdapat per kecil yang berada di dekat ujung drum. Jika per ini kendor hasil cetak printer akan menajdi tipis sebelah. Solusinya gantilah per tersebut dengan yang baru.

Penutup

Cara memperbaiki printer HP laserjet P1102 bisa dilakukan dengan tepat asalkan mengetahui penyebab permasalahannya. Jika masalah cukup serius bawalah ke tempat servis terdekat untuk mencegah printer semakin rusak dan tidak bisa digunakan.

Kahfi Talk less Do More