Kahfi Talk less Do More

Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang Di Semua Merk TV

3 min read

Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang

Informasi tentang cara mengembalikan suara TV yang hilang biasanya banyak dicari oleh para pemilik televisi jenis tabung atau televisi lama zaman dulu, seperti TV tabung dengan merek Sharp, Polytron atau LG.

Hingga saat ini televisi memang masih dianggap sebagai saluran untuk mendapatkan berita akurat sekaligus media hiburan di tanah air. Meski berkat kemajuan teknologi kedua hal tersebut telah bisa didapatkan dari saluran lain, namun tetap saja posisi TV belum tergantikan.

Itulah mengapa bagi orang yang paham masalah elektronik, cara mengembalikan suara TV yang hilang akan dianggap sebagai hal yang mudah sekaligus menantang. Untuk membantu dan menambah referensi, di bawah ini akan disajikan rangkumannya dari beberapa sumber.

1. Periksa Mode Mute dan Level Volume

Cara mengembalikan suara TV yang hilang dapat ditempuh dengan melakukan beberapa pemeriksaan awal untuk mencari tahu kenapa tv tidak ada suaranya. Hal ini perlu dilakukan sebelum dilanjutkan pemeriksaan rumit pada komponen yang ada di bagian dalam televisi.

Yang pertama, perhatikan terlebih dahulu mode mute pada pesawat televisi yang diperkirakan telah mengalami kerusakan pada bagian suaranya tersebut. Selain itu cek juga level volume suara dari pesawat televisi dengan remote.

Mengapa? Karena pada kenyataannya ada beberapa kasus yang diduga telah timbul kerusakan pada bagian suara atau audio sebuah televisi namun ternyata setelah dilakukan pemeriksaan masalah yang timbul tidak serumit itu.

Ternyata pesawat TV tidak ada suara gambar normal hanya disebabkan oleh karena mode mute pada remote TV, tanpa sengaja telah diaktifkan. Sebab lain yang juga pernah terjadi adalah karena tombol volume suara yang berada pada level 0.

Nah itulah mengapa penting untuk memeriksa hal remeh temeh tersebut sebelum lanjut pada pemeriksaan yang lebih rumit.

2. Periksa Channel TV

Langkah mudah berikutnya sebagai cara mengembalikan suara TV yang hilang adalah melakukan pemeriksaan pada channel TV lain selain dari saluran yang sedang ditonton.

Hal sederhana ini perlu dilakukan untuk memastikan kenapa TV tabung tidak ada suaranya memang disebabkan ada masalah pada bagian audio pesawat televisi. Bukan karena adanya gangguan teknis pada saluran TV yang sedang ditonton ketika masalah hilang suara terjadi.

3. Lakukan Pemeriksaan pada Input TV

Apabila kedua langkah tersebut telah dilakukan dan ternyata permasalahan masih ada, maka mulai lakukan untuk memeriksa komponen dari pesawat televisi yang mengalami masalah. Mulailah dari bagian paling sederhana sehingga tanpa membuka casing TV terlebih dahulu.

Cara mengembalikan suara TV yang hilang berikutnya adalah melakukan pemeriksaan pada bagian input TV. Mengapa? Karena terkadang gejala yang mengarah pada kerusakan TV yaitu suara hilang, tidak disebabkan dari bagian dalam mesin TV LG.

Oleh karena cara mengembalikan suara tv LG yang hilang sebelum membuka casing televisi, periksa dulu jack dan kabel RCA yang mungkin mengalami masalah seperti jack sudah longgar atau berkarat. Kemudian ikuti langkah berikut:

  • Naikan level volume suara TV hingga mencapai 100% full.
  • Setelah itu perhatikan jack RcA yang memiliki warna merah dan putih, cobalah untuk menyentuhnya.
  • Jika timbul respon berupa suara yang berasal dari speaker ini artinya masalah terletak pada sumber input. Sumber input di sini contohnya DVD atau receiver parabola yang mengalami kerusakan. Solusinya cek pada kedua komponen tersebut, kemudian lakukan pergantian pada bagian komponen yang rusak.
  • Akan tetapi apabila memang kerusakan itu bersumber dari kabel input, maka akan timbul gangguan berupa suara mendengung atau bunyi berisik yang keluar dari speaker yang tadi volumenya telah dinaikkan hingga 100%. Solusinya segera ganti kabel RcA dengan yang baru, agar kerusakan tak merembet ke bagian IC suara TV.

4. Periksalah Bagian Loudspeaker

Cara mengembalikan suara TV yang hilang selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan pada bagian loudspeaker.

Sebenarnya terjadinya kerusakan loudspeaker pada sebuah pesawat televisi itu sangat kecil sekali kemungkinannya. Namun karena masalah yang terjadi itu pada bagian suara maka tentu saja semua komponen dari pesawat televisi yang berkaitan dengan audio harus diperiksa.

Selain itu, pemeriksaan loudspeaker ini dilakukan agar mendapatkan kepastian jika masalah yang timbul memang pada bagian blok audio bukan pada bagian speaker.

Artinya jangan sampai setelah melakukan utak-atik pada bagian blok audio yang sangat rumit, ternyata masalah yang timbul berasal dari bagian speakernya.

Pastikan pada saat memeriksa bagian loudspeaker, telah dilakukan pemeriksaan juga di bagian kabel loudspeakernya yang mungkin rusak karena aus dimakan usia.

Kasus seperti ini biasa dialami oleh beberapa TV merek China, bukan pada TV merek populer semacam Sharp jenis LED atau pada LED Polytron

Untuk melakukan pemeriksaan pada loudspeaker, pergunakanlah alat Ohm Meter. Permasalahan umum pada speaker biasanya adalah kumparan speaker yang putus. Hal ini kemudian menyebabkan listrik dari output IC sound tidak berubah jadi magnet statis.

Karena tidak ada magnet statis maka membran speaker pun tidak dapat bergerak, sehingga suara tidak timbul.

Jangan lupa periksa juga kabel konektor speaker atau kabel lilitan di dalam speaker apa ada yang putus, karena hal ini akan dapat membuat TV Sharp tidak mengeluarkan suara.

Nah apabila semua bagian speaker beserta kabelnya tidak ditemukan masalah, maka bisa dilanjutkan pemeriksaan ke tahap berikutnya.

5. Lakukan Pemeriksaan pada IC Audio

Melakukan pemeriksaan pada bagian IC Audio adalah langkah yang harus dilakukan sebagai bagian dari cara mengembalikan suara TV yang hilang. Untuk itu lakukan pemeriksaan kemudian atasi masalahnya dengan mengikuti uraian berikut:

  • Ada kemungkinan suara pada TV Polytron tidak keluar karena IC audio rusak atau retak. Jika ternyata benar seperti itu maka gantilah dengan komponen IC Audio baru yang memiliki jenis seri yang sama.
  • Periksa kaki-kaki pada IC audio.

Terjadinya retak pada timah patrian yang merekatkan beberapa komponen merupakan penyebab TV Samsung mengalami masalah pada bagian suara. Jalan keluarnya, apabila ada keretakan sehingga tak dapat melekat dengan seharusnya, maka lakukan penyolderan ulang pada bagian timah patrian sekaligus pada bagian komponen yang sering mengalami panas berlebih.

Selain itu jika pada kaki IC audio ditemukan ada karat maka bersihkan bagian yang mengalami  korosi dengan sikat dan cairan tiner.

  • Lakukan pemeriksaan tegangan pada IC Audio.

Tegangan normal pada IC Audio adalah sebesar12 volt hingga 15 volt arus DC, Nah apabila setelah dilakukan pemeriksaan ternyata nilainya di bawah itu, maka ada kemungkinan terjadi masalah seperti resistor putus, diode bocor atau jalur PCB putus. Solusinya setelah tahu bagian mana yang rusak, maka segera ganti komponen yang rusak tersebut agar masalah segera teratasi.

Semoga uraian tentang cara mengembalikan suara TV yang hilang tersebut di atas bermanfaat.

Kahfi Talk less Do More