Kahfi Talk less Do More

Contoh Iqlab Dan Hukum Bacaan Nun Mati atau Tanwin

3 min read

Contoh iqlab

Contoh iqlab

Membaca Al Qur’an sesuai tajwid hukumnya fardhu ain bagi muslim. Jadi, sangat penting untuk mempelajari tajwid. Salah satu hukum bacaan tajwid yaitu iqlab. Di artikel kali ini akan banyak dibahas mengenai pengertian iqlab, contoh iqlab, hingga cara membaca iqlab dalam Al Qur’an.

Mengabaikan iqlab dan cara bacanya bisa mengakibatkan salah pelafalan dan pembacaan suatu huruf hijaiyah. Jika sudah demikian makan bisa beresiko merubah makna dari ayat-ayat Al Qur’an yang dibaca. Berikut penjelasan mengenai hukum bacaan iqlab selengkapnya.

Pengertian Iqlab dalam Ilmu Tajwid

Ilmu tajwid merupakan tuntunan bagaimana cara membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Dalam ilmu tajwid penting untuk diperhatikan makhraj tiap huruf hijaiyah dan sifat-sifat yang melekat pada suatu huruf.

Hukum iqlab yang berkaitan dengan pembacaan nun sukun/nun mati atau tanwin ketika bertemu huruf hijaiyah  terbagi menjadi empat. Diantaranya, izhar, idgham, iqlab, dan ikhfa.

Dalam ilmu tajwid, huruf iqlab adalah  ‘mengganti’. Dalam pengertian ini yang diganti yaitu suatu huruf menjadi huruf lain dalam Al Qur’an.

Hukum bacaan iqlab adalah apabila dengan mengganti nun sukun  (ن) atau tanwin ( ـَــًـ , ـِــٍـ , ـُــٌـ ) menjadi mim sukun (مْ) sebelum ba’ (ب) dimana pembacaannya disertai dengan bacaan dengung samar.

Yang perlu Anda tandai disini yaitu huruf iqlab hanya satu yaitu huruf ba’ (ب) saja. Tanda lainnya yaitu huruf mim kecil (م) di antara huruf mim (مْ) dan ba’ (ب) yang menjadi penanda iqlab.

Kesalahan yang banyak terjadi dalam membaca iqlab ialah tidak menukar bunyi nun sukun atau tanwin kepada bunyi huruf mim sukun. Sehingga, bacaan tidak mendengung.

Cara Membaca Hukum Iqlab

Cara membaca (مْ) mim sukun pada iqlab, Anda harus merapatkan kedua bibir atas dan bawah sehingga tertutup. Saat penyebutannya juga disertai dengungan sepanjang 2 harakat atau ketukan. Sama halnya sifat gunnah pada نْ nun dan مْ mim.

Agar bunyi dengung terdengar jelas maka saat membaca مْ mim sukun pada iqlab sebaiknya berasal dari pangkal hidung. Sehingga bisa menghasilkan bunyi dengung yang panjangnya sampai 2 harakat.

Trending:  Mukjizat dan Kisah Nabi Musa AS Melawan Firaun

Contoh Iqlab dalam Ayat Al Qur’an

Jika Anda sudah memahami pengertian iqlab, Anda tentu perlu memperhatikan contoh iqlab dalam kutipan ayat-ayat Al Qur’an beserta cara membacanya seperti berikut ini.

  1. Contoh Iqlab, Nun Sukun Bertemu Huruf Ba’

Contoh 1:

 

لَيُنْبَذَ نّ

 

Cara bacanya yaitu layumm badana. Pembacaan nun sukun (نْ) dengung dan diganti dengan mim (م). Dibaca demikian karena terdapat huruf Ba’ (ب) yang bertemu dengan nun sukun (نْ)

Contoh 2:

مِنْ بَعْدِ

Cara bacanya yaitu mimm ba’da. Pembacaan nun sukun (نْ) dengung dan diganti dengan mim (م). Dibaca demikian karena terdapat huruf Ba’ (ب) yang bertemu dengan nun sukun (نْ)

Contoh 3:

مَنْ بَخِلَ

Cara bacanya yaitu mamm bakhila.

Contoh 4:

كَلَّا لَيُنْبَذَ نَّ

Cara bacanya yaitu kalla layumm ba dzann na

Contoh 5:

مِنْ بَعْدِ

Cara bacanya yaitu mimmba’di him

  1. Contoh Iqlab, Tanwin Bertemu Ba’

Contoh 1:

 

لَنَسْفَعًا بِا لنَا صَيةِ

Cara bacanya yaitu lanasfangammbi nama shoy ti. Pembacaan tanwin dengung dan diganti dengan mim (م). Dibaca demikian karena terdapat tanwin yang bertemu huruf Ba’ (ب)

Contoh 2:

 

حِلٌّ بِهذَااْلبَلَدِ

Cara bacanya yaitu hill lumm bihaa dal baladi. Pembacaan tanwin dengung dan diganti dengan mim (م). Dibaca demikian karena terdapat tanwin yang bertemu huruf Ba’ (ب)

Contoh 3:

كِرَامٍ بَرَرَةٍ

Cara bacanya yaitu kiroo mimm ba ro roti.

Contoh 4:

يَوْ مَئِذٍ بِجَهَنَّمَ

Cara bacanya yaitu yauma idin bija hannama.

Contoh 5:

سَمِيْعٌ بَصِيْرٌ

Cara bacanya samiingumm basiirun.

Contoh Iqlab dalam Surat Al-Baqarah

Terdapat lebih dari 50 ayat dalam surat Al-Baqarah yang merupakan contoh iqlab. Beberapa diantaranya yaitu:

Ayat 10

اَلِيْمٌ ۙ بِۢمَا

Cara bacanya aliimum bimas

Ayat 18

صُمٌّۢ بُكْمٌ

Cara bacanya shummum bukmun

Ayat 19

مُحِيْطٌ بِۢا لْكٰفِرِيْنَ

Cara bacanya muhiithum bil-kaafiriin

Contoh Iqlab dalam Surat Yasin

Dalam surat Yasin yang menggunakan hukum bacaan iqlab, beberapa diantaranya yaitu:

Ayat 9

مِنْۢ بَيْنِ

Cara bacanya mimbaini aidiihim

Ayat 28

Trending:  10 NAMA MALAIKAT DAN TUGASNYA YANG WAJIB DI KETAHUI

مِنۢ بَعْدِهِۦ

Cara bacanya mim ba’dihim

Ayat 36

مِمَّا تُنۢبِتُ ٱلْأَرْضُ

Cara bacanya mimma tubitul Ardhi

Ayat 40

ليَنۢبَغِى لَهَآ

Cara bacanya yambagii lahaa

Ayat 52

مَنۢ بَعَثَنَا

Cara bacanya mamba’atsanaa

Contoh Iqlab dalam Al Qur’an Juz 30 atau Juz Amma

Dalam Juz 30 yang merupakan contoh iqlab ada pada surat-surat berikut ini:

  1. Qur’an surat Abasa ayat 16

كِرَامٍ بَرَرَةٍ

Cara membacanya kiroomimm barorotin

  1. Qur’an surat Abasa ayat 27

فَأَنبَتْنَا

Cara membacanya fa’ammbatnaa

  1. Qur’an surat At Takwir ayat 9

ذَنبٍ

Cara bacanya dzammbin

  1. Qur’an surat At Thariq ayat 7

مِن بَيْنِ

Cara bacanya mimm baini

  1. Qur’an surat Al Balad ayat 2

حِلٌّ بِهَٰذَا

Cara bacanya hillumm bihaadzaa

  1. Qur’an surat As Syams ayat 12

إِذِ انبَعَثَ

Cara bacanya idzimm ba’atsa

  1. Qur’an surat As Syams ayat 14

بِذَنبِهِمْ

Cara bacanya bidzammbihim

  1. Qur’an surat Al Lail ayat 8

مَن بَخِلَ

Cara bacanya mamm bakhila

  1. Qur’an surat Al Akan ayat 15

لَنَسْفَعًا بِالنَّاصِيَةِ

Cara bacanya lanasfa’amm binnaashiyati

  1. Qur’an surat Al Bayyinah ayat 4

مِن بَعْدِ

Cara bacanya mimm ba’di

  1. Qur’an surat Al Humazah ayat 4

لَيُنبَذَنَّ

Cara bacanya layummbadzanna

Hukum Bacaan Nun Mati atau Tanwin Selain Iqlab

Dalam hukum nun sukun atau tanwin ada 4 selain iqlab masih ada ikhfa haqiqi, izhar halqi, idgham bighunnah, dan idgham bilaghunnah.

  1. Izhar Halqi

Izhar halqi adalah hukum bacaan yang terjadi apabila nun mati atau tanwin bertemu salah satu dari lima huruf izhar halqi.

Izhar memiliki arti ‘jelas’ dan halqi artinya ‘tenggorokan’. Jadi cara membaca huruf Izhar saat bertemu nun sukun yaitu jelas, pendek, serta tidak samar atau tidak dengung. Huruf-huruf izhar Halqi yaitu Alif, Kha’, ‘Ain, Ha’, Gha’.

  1. Ikhfa Haqiqi

Dalam ilmu tajwid ikhfa memiliki arti menyamarkan atau menyembunyikan. Hukum bacaan ikhfa Haqiqi berlaku jika nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu dari 15 huruf ikhfa.

Huruf-huruf ikhfa yang dimaksud yaitu Ta’, Tha’, Jim, Dal, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Fa’, Qof, dan Kaf. Cara baca saat nun sukun atau tanwin bertemu salah satu huruf ikhfa yaitu harus dibaca samar atau dengung sebanyak 2 ketukan.

  1. Idgham Bighunnah
Trending:  Huruf Ikhfa: Pengertian, Contoh, dan Cara Bacanya

Hukum bacaan idgham Bighunnah  yaitu melebur dengan disertai dengung. Hal ini berarti memasukkan salah satu huruf nun sukun atau tanwin ke dalam huruf setelahnya.

Cara baca idgham bighunnah haruslah mendengung saat nun sukun atau tanwin bertemu salah satu dari empat huruf yaitu Nun, Mim, Wau, dan Ya’.

  1. Idgham Bilaghunnah

Hukum bacaan idgham Bilaghunnah  yaitu melebur tanpa disertai dengung. Hal ini terjadi dengan memasukkan huruf nun sukun atau tanwin ke dalam huruf setelahnya tanpa dengung atau samar.

Cara baca idgham bilaghunnah tanpa dengung saat nun sukun atau tanwin bertemu huruf Lam dan Ra’. Meskipun demikian hukum ini tidak berlaku apabila nun mati atau tanwin serta huruf tersebut tidak ada dalam satu kata.

Itulah ulasan panjang mengenai hukum bacaan serta contoh iqlab yang banyak. Anda akan terbiasa dan mampu membedakan hukum bacaan nun sukun atau tanwin jika selalu dilatih dengan sering tadarus.

Kahfi Talk less Do More