Kahfi Talk less Do More

10 NAMA MALAIKAT DAN TUGASNYA YANG WAJIB DI KETAHUI

3 min read

10 Nama Malaikat Dan Tugasnya

10 Nama Malaikat Dan Tugasnya

BUNDA yuk perkenalkan kepada anak-anak kita sejak dini tentang 10 nama Malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui didalam Islam. Seperti kita ketahui, bahwa Iman kepada Malaikat terdapat didalam rukun iman yaitu rukun iman yang kedua.

Menurut ajaran agama Islam, jumlah Malaikat sebenarnya banyak sekali, akan tetapi yang wajib kita ketahui hanya 10 nama malaikat. Setiap malaikat memiliki nama dan tugasnya masing-masing dan setiap nama malaikat memiliki tanggung jawab pekerjaan nya masing-masing. Seorang Muslim wajib mempercayai tentang keberadaan malaikat karena sesuai dengan rukun iman yang ke-2, tentang iman kepada malaikat.

Malaikat diciptakan Allah dari nur (cahaya). Layaknya seorang manusia biasa, kita tidak bisa melihat malaikat karena hanya Nabi dan Rasul yang diberi keistimewaan oleh Allah SWT sehingga dapat melihat makhluk istimewa Allah tersebut. Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang sangat taat dan selalu bertasbih kepada Allah SWT.

Malaikat tidak mempunyai keistimewaan dalam rububiyah dan uluhiyah. Akan tetapi, malaikat adalah satu-satu nya dari sekian makhluk ciptaan Allah yang memiliki sifat ketaatan yang sangat luar biasa. Malaikat sebagai makhluk Allah yang tidak pernah melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT, dan mereka selalu mengawasi setiap perilaku manusia.

Allah menciptakan Malaikat dan menjadikan mereka pasukan_Nya (junudullah) yang memiliki jumlah yang banyak yang hanya Allah lah yang mengetahui jumlahnya. Dan yang wajib kita ketahui yaitu ada 10 nama malaikat Allah.

BACA JUGA: SIFAT-SIFAT WAJIB ALLAH

Tidak diketahui secara pasti jumlah malaikat, karena hal ini tidak di sebutkan dalam Al-qur’an.

Allah SWT telah berfirman :
نَّ الَّذِيْنَ عِنْدَ رَبِّكَ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِهٖ وَيُسَبِّحُوْنَهٗ وَلَهٗ يَسْجُدُوْنَ

Qs Surat Al A'raf 206
10 Nama-Nama Malaikat  Dan Tugasnya:

Berikut ini ada 10 Nama Malaikat Dan Tugasnya yang mungkin belum kamu ketahui, yuks simak nama-nama malaikat dan tugasnya berikut ini:

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril memiliki tugas dalam menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada Nabi dan rasul dimana nabi dan rasul adalah utusan Allah swt.
– Malakat Jibril juga meiliki tugas dalam mengatur angin, memenuhi dan menahan apa yang menjadi hajat manusia, serta membawa rahmat dari Allah SWT bagi siapa saja yang selalu menjaga kesucian saat sakaratul maut.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail memiliki tugas dalam mengatur pembagian rezeki kepada makhluk , diantaranya membagikan rezeki kepada manusia baik itu berupa rezeky uang, makanan, kesehatan, dll, mengirim hujan ke tempat tertentu, memberi kehidupan pada hewan dan tumbuh-tumbuhan. Malaikat Mikail juga bertugas dalam mengatur hujan, panas, dan tumbuh-tumbuhan yang ada dibumi

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil bertugas dalam meniup terompet sangkakala pada waktu datangnya hari kiamat atau hari akhir dimana semua makhluk Allah akan mati.

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail bertugas sebagai pencabut nyawa semua makhluk ciptaan Allah jika sudah waktunya tiba ajalnya.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar bertugas untuk menanyakan amal manusia di alam barzah (alam kubur).

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir tugasnya sama dengan malaikat Munkar yaitu bertugas untuk menanyakan amal manusia di alam barzah, apa yang telah dilakukan selama didunia, baik itu perihal tentang siapa tuhanmu, siapa nabi kita, apa kitab suci menjadi pedoman kita, dan perilaku kita terhadap sesama manusia,dll.

7. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib bertugas dalam mencatat semua amal dan perbuatan yang baik yang dilakukan manusia selama hidup di dunia.

8. Malaikat Atid

Kebalikan dari Malaikat Raqib, Malaikat Atid bertugas di dalam mencatat setiap amal dan perbuatan buruk yang dilakukan manusia selama hidup di dunia.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik mempunyai tugas sebagai penjaga dari pintu neraka. Malaikat Malik memiliki sifat yang sangat keras sehingga tidak mempunyai sifat rasa belas kasihan kepada semua penghuni neraka.

10. Malaikat Ridwan

– Malaikat Ridwan bertugas sebagai penjaga dan pengawas pintu surga.
– Malaikat Ridwan disini memiliki tugas dalam menyambut semua hamba Allah yang beriman yang akan memasuki surga.
– Malaikat Ridwan memiliki sifat yang kebalikan dari Malaikat Malik, yaitu sifat yang sangat lemah lembut.
– Sikapnya Sangat ramah dalam mempersilakan masuk kepada setiap hamba Allah yang taat ke dalam surga nya Allah SWT.
Taukah bunda, Hukum beriman kepada Malaikat Allah adalah wajib atau fardu ‘ain

Sebagaiman telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an:
آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ
QS Al Baqarah 285

Nah, Setelah kenal dengan 10 Malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui, sudah kah bunda mengetahui manfaat serta fungsi bila beriman kepada Malaikat ? Mari kita lihat bersama-sama penjelasan tentang manfaat dan fungsi beriman kepada malaikat di bawah ini.

Manfaat Dan Fungsi beriman kepada Malaikat :

a. Patuh dalam melaksanakan perintah Allah SWT, dan berusaha menjauhi apa yang menjadi larangannya.
b. Memiliki sikap tolong-menolong, menjaga, selalu optimis, semangat dan tidak mudah putus asa.
c. Selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.
d. Selalu bersyukur atas rezeki yang diberikan oleh allah SWT.
e. Selalu bersikap berhati-hati dalam berbicara dan bertindak sehingga tidak menyakiti hati orang lain.
f. Mengenal betapa Maha besar dan Maha Agung nya Allah SWT telah menciptakan makhluk-makhluk yang mulia, salah satu nya Malaikat.
g. Berusaha untuk berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan kepada sesama ciptaan Allah SWT.
h. Mempunyai rasa cinta kepada makhluk Allah yang diantara nya yaitu malaikat, oleh karena begitu taat nya mereka dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT.

Adapun Malaikat memiliki Sifat-Sifat sebagai berikut. Mari kita mengenal sifat-sifat malaikat sehingga meningkatkan kecintaan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

SIFAT-SIFAT MALAIKAT

1. Malaikat diciptakan dari nur atau cahaya.
2. Tidak pernah mendurhakai Allah SWT.
3. Selalu taat dalam melaksanakan apa yang diperintahkan Allah SWT.
4. Tidak mempunyai nafsu. (surat Adz-Dzariyat ayat 24-28).
5. Tidak makan dan minum (surat Adz-Dzariyat ayat 24-28).
6. Mempunyai sayap, masing-masing ada yang dua, tiga dan bahkan ada yang 4. (Q.S Al-Fathir ayat 1).
7. Tidak pernah bosan dengan apa yang diperintahkan Allah SWT. (surat Al-Anbiya’ ayat 20).
8. Selalu bertasbih menyebut nama Allah SWT baik malam maupun siang tiada henti-hentinya.” (Q.S Al-Anbiya’ ayat 20.

Demikian lah penjelasan tentang 10 malaikat dan tugas nya yang wajib diketahui. Semoga dapat bermanfaat ya buat para bunda dalam membimbing dan memberi pemahaman kepada anak-anak sejak dini. Terima kasih.

 

Kahfi Talk less Do More