Iswanda Pemuda yang Lahir di Tahun 2000 dan Tinggal di Daerah Sumatra Utara, Hobi Belajar dan Berbagi Tentang Teknologi dan Sosial Media.

Tematik Adalah: Arti, Manfaat, Tujuan Pembelajaran, Karakteristik

50 sec read

Tematik Adalah

Pendidikan tematik terpadu menempatkan satu tema dikaji dari beberapa pelajaran. Lewat pendekatan riset permasalahan, riset ini menguak penerapan pendidikan tematik di SDN Percobaan 01 Malang.

Fokus kajian terhadap aspek pendukung, penghambat, serta upaya guru menanggulangi hambatannya.

Temuan riset melaporkan kalau penerapan pendidikan sudah baik serta mencakup seluruh komponen pendidikan tematik.

Aspek pendukung paling utama adalah dari kepala sekolah, guru, siswa, serta lingkungan Sekitar sekolah; aspek penghambat berbentuk sulitnya mencari kaitan antar mata pelajaran; guru berlatih meningkatkan jaringan tema secara kontekstual serta memantapkannya lewat aktivitas team teaching serta KKG.

Arti Tematik

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa (Effendi, 2009: 129).

Trianto (2010: 78) menyatakan bahwa pembelajaran tematik dimaknai sebagai pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema-tema tertentu, dalam pembahasannya tema itu ditinjau dari berbagai mata pelajaran.

Manfaat Pembelajaran Tematik

Berikut adalah manfaat dan tujuan pembelajaran tematik.

  • Bermanfaat untuk penghematan, hal ini disebabkan tumpang tindihnya pembelajaran dapat dihindari
  • Para siswa akan dapat mengetahui hubungan yang bermakna karena materi pembelajaran dapat lebih berperan sebagai suatu sarana bukan menjadi tujuan akhir
  • Mendapatkan pengertian mengenai proses dan materi yang tak terpecah belah
  • Dapat menguasai konsep menjadi semakin baik

Karakteristik Tematik

Pembelajaran tematik mempunyai ciri tertentu, ialah berpusat kepada siswa, membagikan pengalaman langsung kepada siswa, pemisah mata pelajaran tidak jelas, menunjukkan konsep dari beragam mata pelajaran, sifatnya fleksibel, hasil pendidikan cocok dengan atensi dan kebutuhan siswa, mengenakan prinsip belajar sembari bermain sehingga bisa mengasyikkan.

Demikian semoga bermanfaat!

Iswanda Pemuda yang Lahir di Tahun 2000 dan Tinggal di Daerah Sumatra Utara, Hobi Belajar dan Berbagi Tentang Teknologi dan Sosial Media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *