Kahfi Talk less Do More

Cara TEF SOCL 504 yang Bisa Dicoba Sendiri

3 min read

Mungkin Anda sedang mencari cara TEF SOCL 504 dan masih belum mendapatkan referensi yang tepat? Memang belum banyak yang mengetahui mengenai cara TEF SOCL 504 yang benar. Hari ini dikarenakan tidak banyak orang yang ingin mencobanya.

Adapun tujuan dari mempelajari cara TEF  power SOCL 150 watt yaitu karena ingin mengetahui bagaimana langkah yang tepat jika ingin memasangnya. Metode TEF sendiri dalam bahasa mudahnya lebih dikenal dengan metode untuk menambahkan transistor pada driver.

Bagi yang ingin mengetahui cara merakit SOCL 504 TEF, ada baiknya memahami terlebih dahulu mengenai sistem TEF.

Sebab, masih banyak yang keliru dan sulit membedakan dengan transistor TEF SOCL 504. Setelah itu, barulah kita masuk pada pembahasan cara TEF power.

Apa Itu Sistem TEF?

TEF atau dikenal juga dengan nama panjang Triple Emitor Follower adalah sistem pada pengeras suara atau speaker. Sistem ini juga merupakan suatu perkembangan dan kemajuan dari dunia audio.

Banyak orang ingin mempelajari cara TEF SOCL 504, tetapi sayang sekali masih sedikit yang memahami tentang sistem TEF ini. Sistem audio sendiri menggunakan berbagai macam power amplifier untuk menghasilkan suara dengan kualitas terbaik.

BACA JUGA: Cara Menyambungkan 3 Speaker Agar Tidak Gampang Jebol

Selain kejernihan dari suara yang dihasilkan, kualitas suara juga bisa dilihat dari daya watt yang keluar. Memang cukup rumit memahaminya bagi orang awam. Oleh karena itu, Anda tidak bisa langsung mempraktikan rangkaian TEF SOCL 504.

Mengenal Fungsi TEF

Mengenal Fungsi TEF

Cara pasang TEF SOCL 504 adalah salah satu cara yang cukup populer saat ini dalam meningkatkan performa serta daya watt dari sistem sound. TEF sendiri memiliki fungsi si yang dapat menambahkan satu tingkat pendorong pada driver.

Karena TEF merupakan sistem yang ada pada power amplifier, maka sistem ini juga memanfaatkan sistem triple follower untuk menambahkan satu tingkat pendorong. Penambahan tingkatan ini nantinya akan diakomodasi oleh driver untuk disalurkan pada transistor final.

Pada umumnya, skema cara TEF SOCL 504 hanya membutuhkan satu tingkat transistor saja pada driver. Sedangkan power amplifier yang memiliki jenis TEF mengandalkan dua tingkatan transistor driver.

Dengan adanya sistem TEF ini dihadapkan daya power dari amplifier menjadi lebih besar. Apalagi, jika teknisi mampu melakukan modif SOCL 504 buat lapangan dengan tepat.

Pentingnya Merakit TEF SOCL 504 dengan Benar

Sebetulnya ada banyak cara TEF SOCL yang bisa Anda coba. Namun, sebelumnya tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti ukuran resistor untuk TEF SOCL 504 serta berbagai komponen penting lainnya.

Lalu, seberapa penting modif TEF SOCL 504? Dalam memodifikasi dan mempraktekkan cara TEF SOCL tentunya pemahaman seseorang mengenai sistem TEF sangat dibutuhkan untuk meningkatkan potensi keberhasilan.

BACA JUGA: Ini Dia Cara Memasang Dioda dan Elco pada Trafo

Adapun, cara TEF SOCL penting dilakukan untuk meningkatkan daya serta power amplifier dengan teknik memparalel sejumlah komponen transistor. Pada dasarnya hal ini merupakan ilmu paling basic untuk meningkatkan daya watt.

Banyak orang beranggapan bahwa untuk meningkatkan daya watt serta power dari amplifier dapat dilakukan dengan jumlah transistor yang ditambah. Namun, hal ini saja tentu tidak cukup. Karena teknisi juga harus memahami cara modif power SOCL 504 TEF.

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504

Pada umumnya, pemasangan TEF SOCL 504 dilakukan bagi para penggemar speaker yang dibuat dengan sistem rakitan. Selain itu, TEF juga dipasang untuk kapasitas speaker dengan ukuran lebih dari 15 inci.

Maka tak heran jika banyak pengguna yang menggunakan daya suplay lebih besar mengkombinasikannya dengan sistem TEF. Sementara itu, pemasangan TEF pada daya suply lebih kecil tidak dianjurkan karena beban speaker akan semakin berat.

Berikut cara yang tepat untuk menambah TEF SOCL 504:

  • Pasang transistor dengan posisi NPN berada di kutub positif, sementara PNP pada bagian sisi negatif.
  • Masukan emitor transistor ke deretan basis TEF. Sementara itu, pastikan bahwa colector tetap berhubungan dengan transistor final.
  • Ganti resistor kapur dengan resistor berdaya 100 ohm.
  • Masukan emitor TEF pada basis transistor final.
  • Untuk suplai berdaya tinggi sebaiknya gunakan daya diatas 45 volt dan dipasang heatsing bersamaan transistor final.

Apa Bedanya Amplifier yang Ditambahkan TEF dengan yang Tidak Ditambahkan?

Karena sangat erat kaitannya dengan amplifier, di mana TEF sering kali berperan sebagai komponen tambahan, maka timbul pertanyaan apakah penting penambahan tersebut? Sebelum menjawabnya, kita perlu memahami terlebih dahulu perbedaan antara amplifier yang ditambahkan TEF dengan yang tidak.

Sebelum Anda memahami cara pasang TEF SOCL, memang sangat penting untuk mengetahui perbedaan dari kedua hal tersebut. Perbedaan dari amplifier yang ditambahkan TEF dengan yang tidak sudah jelas berbeda.

Di mana TEF dapat berfungsi untuk meningkatkan kualitas suara pada driver. Maka, amplifier yang ditambahkan TEF sudah pasti memiliki performa serta kualitas suara yang lebih unggul.

Bayangkan saja, TEF mampu mengubah kualitas suara menjadi lebih jernih dan terdengar lebih halus. Amplifier yang tidak ditambahkan TEF biasanya menghasilkan suara lebih keras dan kasar.

Spesifikasi Speaker yang Cocok Dipasang TEF SOCL

Penting juga untuk mengetahui spesifikasi speaker sebelum Anda menggunakan cara TEF power SOCL 504. Setiap speaker atau sistem audio apapun pastinya memiliki spesifikasi yang berbeda. Nah, Anda perlu mengetahuinya terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan pemasangan TEF pada spesifikasi speaker yang tidak tepat tentunya akan menimbulkan berbagai masalah. Bukannya mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda justru bisa rugi karena sistem speaker yang menjadi rusak.

Lalu, bagaimana spesifikasi speaker yang cocok untuk dipasang TEF? Salah satunya yaitu speaker dengan ukuran sekitar 15 inch sehingga nada yang dihasilkan akan terdengar lebih lembut.

Sementara itu, speaker dengan ukuran di bawah 12 inci dan kapasitas daya 300 watt sebaiknya tidak dipasang TEF. Hal ini dikarenakan pemasangan TEF pada spesifikasi tersebut justru akan memperburuk kualitas audio.

Pentingnya Memperhatikan Daya Power Supply

Dalam pemasangan TEF sangat penting untuk memperhatikan daya power supply. Hal ini dikarenakan kombinasi diantara power supply dengan penggunaan TEF akan berpengaruh pada kualitas suara dari speaker.

Power supply dengan daya yang besar tentunya mampu menghasilkan suara berkualitas tinggi jika dipasangkan dengan TEF. Sementara itu daya dari power supply yang tidak cukup besar dapat menimbulkan error jika dipaksakan untuk menambah TEF.

Oleh karena itu Anda harus memastikan terlebih dahulu bagaimana kekuatan dari power supply tersebut. Jangan sampai kesalahan seperti ini membuat speaker error hingga rusak karena tidak cocok dipasangkan dengan power supply.

Misalnya, daya supply dengan kapasitas 10 A baru diperbolehkan untuk memasang TEF. Dengan kombinasi ini tentunya kerja dari transistor final akan menjadi lebih maksimal.

Penutup

Demikian ulasan penting mengenai cara TEF SOCL 504 serta beberapa informasi penting lainnya. Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya memperhatikan terlebih dahulu detail dan spesifikasi komponen sebelum coba memasang langsung TEF SOCL 504 pada rangkaian.

Kahfi Talk less Do More