Kahfi Talk less Do More

Cara Menyambungkan 3 Speaker Agar Tidak Gampang Jebol

3 min read

Cara Menyambungkan 3 Speaker

Anda bisa melakukan cara menyambungkan 3 speaker tergantung dari tipe speaker yang digunakan.  Hal ini karena cara menyambung kabel 3 speaker akan berbeda jika tipe amplifier, watt, dan spesifikasi speakernya juga berbeda.

Itu sebabnya melakukan cara menyambungkan 3 speaker butuh perhitungan. Contohnya menyambungkan 3 speaker 8 ohm, bagaimana cara menyambung seri paralel 3 speaker yang pas agar tidak jebol.

BACA JUGA: Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang Di Semua Merk TV

Nah, Anda bisa perhatikan perhitungan  cara pasang 3 speaker berikut ini:

Cara Menyambungkan 3 Speaker Series

Menyambungkan 3 Speaker Series

Perlu Anda ingat bahwa hanya speaker yang sama persis yang bisa dihubungkan secara berurutan, termasuk menyambungkan 3 speaker secara seri. Hal ini karena speaker yang berbeda bisa memiliki impedansi yang berbeda, yakni dalam kisaran 0,5 ohm perbedaannya.

Ketika menyambungkan speaker secara seri, maka arus akan bersama mengalir melaluinya. Daya yang dihamburkan di masing-masing speaker adalah I 2 R 1 dan I 2 R 2.

Jadi cara menghitungnya adalah menggunakan rumus P= I2R1 + I 2 R 2 di mana I adalah arus total yang melalui 3 speaker. Berdasarkan gambaran rumus menyambungkan 3 speaker secara seri di atas, maka ohm yang bisa dihasilkan adalah sebagai berikut:

  • Jika 4 ohm speaker, maka jadi 12 ohm load
  • Jika 6 ohm speaker, maka jadi 18 ohm load
  • Jika 8 ohm speaker, maka jadi 24 ohm load
  • Jika 16 ohm speaker, maka jadi 48 ohm load

BACA JUGA: Panduan Mudah Cara Perbaiki TV Mati Total Otodidak Di Rumah

Dari persamaan itu menunjukan bahwa daya akan dihamburkan lebih banyak ke speaker yang memiliki hambatan lebih tinggi. Itu artinya jika Anda menyambungkan 3 speaker 8 ohm secara seri, maka akan lebih banyak yang dimuat. Mungkin terdengar aneh, tetapi memang demikian.

Itulah sebabnya Anda disarankan melakukan cara menyambung seri 3 speaker dengan resistensi yang berbeda, bahkan hanya ada satu speaker yang akan bekerja. Ini dapat jadi cara menyambungkan kabel speaker subwoofer menjadi lebih maximal dan powerfull.

Secara umum, Anda memang tidak direkomendasikan untuk menyambungkan 3 speaker secara seri karena distribusi daya tidak menyebar secara merata. Impedansi speaker itu tidak konstan, tetapi tergantung dari frekuensi sinyal yang diterapkan ke loudspeaker.

Menyambungkan 3 Speaker Paralel

Menyambungkan 3 Speaker Paralel

Cara menyambungkan 3 speaker secara paralel membuat daya keluaran jadi meningkat dan impedansinya berkurang. Saat menyambungkan speaker dengan cara ini, impedansi gabungannya akan turun.

Selain itu Anda harus tahu, apakah aplifernya bisa menangani beban yang sangat rendah ini. Jadi, cara menyambungkan speaker pasif ke speaker aktif dengan koneksi paralel secara normal adalah menggunakan resistansi 2 ohm daripada 1 atau 0,5 ohm yang sulit ditemukan.

Menyambungkan amplifier dengan impedansi beban lebih rendah bisa merusak perangkat. Cara menghubungkan 3 speaker secara paralel dapat dihitung dengan resistansi rumus berikut ini: R= (R1 R2) / (R1 + R2) dimana R adalah impedansi beban paralel yang Anda Cari.

Sedangkan R1 dan R2 adalah impedansi speaker yang terhubung dengan cara paralel ini. Berdasarkan gambaran cara menyambung speaker 3 paralel di atas, maka ohm yang bisa dihasilkan adalah sebagai berikut:

  • Jika 4 ohm speaker, maka Anda memperoleh 1,33 ohm beban (peringatan: sangat sedikit menghasilkan power amp yang dapat mendorong 1,33 ohm beban)
  • Jika 6 ohm speaker, maka Anda memperoleh 2 ohm beban (peringatan: daya amp harus bisa untuk menggerakan 2 ohm beban)
  • Jika 8 ohm speaker, maka Anda memperoleh 2,67 ohm beban (peringatan: daya amp harus bisa untuk menggerakan 2 ohm beban)
  • Jika 16 ohm speaker, maka Anda memperoleh 5,33 ohm beban

Sebagai catatan saat Anda melakukan cara menyambung kabel 3 speaker secara paralel, jangan gunakan speaker yang memiliki tipe yang berbeda dalam hal koneksi seperti ini, terutama dengan impedansinya yang berbeda.

Jika Anda membangun bagian depan speaker yang keras dengan sejumlah speaker lain, maka Anda harus mengalihkan secara bersama-sama untuk cara menyambung kabel 3 speaker atau lebih speaker satu ke satu saluran amplifier.

Jika menyambungkan 3 speaker 8 ohm dan 4 ohm dalam saluran, maka Anda bisa melakukan cara menyambungkan 3 speaker dengan 4 ohm dihubungkan secara seri dan 8 ohm-nya dihubungkan secara paralel.

Cara menyambungkan kabel speaker ini akan menghasilkan suara yang baik-baik saja tanpa takut speaker mudah jebol. Masalahnya hanya satu, yakni daya yang tidak terdistribusi secara merata di antar speaker. Anda harus menghubungkan speaker dengan impedansi yang sama.

Sehingga distribusi daya idi antara speaker akan sangat berbeda yang akan jadi sistem umpan balik negatif klasik. Artinya, semakin besar impedansi speakernya membuat semakin sedikit pula daya yang dihamburkan. Sistem akan beroperasi lebih stabil dan distribusi daya merata.

Secara umum, cara menyambungkan 3 speaker secara paralel jadi pilihan terbaik untuk setiap speaker. Hal ini karena cara menyambung speaker 3 paralel dapat mengatur keseimbangan persebaran daya  diantara speaker tersebut.

Tips Menyambungkan Banyak Speaker

Setelah mengetahui cara menyambungkan seri paralel 3 speaker ada beberapa tips agar saat Anda menyambungkan banyak speaker tidak mudah jebol dan tetap menghasilkan suara yang maksimal.

Meskipun loudspeaker tetap berbunyi walaupun kutubnya terbalik, tetapi suara yang dihasilkan akan tidak sempurna. Itulah sebabnya Anda perlu melakukan cara menyambungkan kabel power speaker aktif agar speaker menendang secara normal, seperti tips berikut ini:

  1. Biasanya Speaker sudah memiliki tanda di kutubnya, yakni negatif atau positif. Tapi jika loudspeaker sudah ada di dalam box, maka cara termudah menyambungkannya adalah menggunakan batu baterai 1,5 sampai 3 volt.

Caranya, Anda bisa alirkan setrum baterai ke kutub atau pin speaker. Jika daun speaker terdorong keluar, maka itu sudah benar.

  1. Untuk menghindari kerusakan, Anda bisa menggunakan impedansi 4 atau 8 ohm yang disesuaikan dengan kebutuhan daya power amplifiernya.
  2. Sedangkan untuk menyambungkan banyak speaker tidak disarankan menggunakan 2 ohm tanpa mengetahui spesifikasi dan class power amplifiernya sebagai pendorong. Semakin besar impedansinya, maka potensi daya yang dihasilkan semakin kecil.
  3. Selain itu, jika terlalu besar justru dapat menyebabkan power amplifiernya jadi kepanasan dan bisa merusak TR finalnya, bahkan bisa merusak komponen speaker lainnya.

Itulah pentingnya memperhatikan jumlah ohm dan cara menyambungkan banyak speaker. Hal ini karena kalau kita memutar volumenya melebihi batas kemampuan dari speaker tersebut, pasti speaker akan jebol dan jebolnya itu karena power yang masuk terlalu besar.

Nah, demikian penjelasan tentang cara menyambungkan 3 speaker, baik cara pasang 3 speaker secara seri atau paralel.

Sebenarnya dua-duanya bisa diterapkan, namun bisa disimpulkan bahwa cara menyambung speaker 3 paralel lebih baik untuk menghindari speaker mudah jebol

Kahfi Talk less Do More