Kahfi Talk less Do More

Panduan Mudah Cara Perbaiki TV Mati Total Otodidak Di Rumah

3 min read

Cara Perbaiki TV Mati Total

Televisi apa yang anda gunakan di rumah? Apakah televisi anda dalam keadaan rusak dan mengalami gangguan? Tenang, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara perbaiki TV mati total dengan panduan yang mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah, alias otodidak.

Terdapat beberapa penyebab TV mati total yang bisa menjadi indikasi atau tanda-tanda terjadinya kerusakan pada TV di rumah anda. Untuk mengatasi hal tersebut terdapat juga cara cek kerusakan TV tabung mati total, serta informasi terkait televisi lainnya.

Mari simak bersama penjelasan dan pembahasan mengenai faktor-faktor penyebab kenapa TV tidak mau menyala serta cara memperbaiki TV mati total lampu indikator tidak menyala. Cara ini dapat anda lakukan di rumah sendiri secara otodidak.

5 Penyebab TV Mengalami Kerusakan

Kenapa TV tidak mau menyala? Terdapat 4 faktor umum penyebab TV mati total. Penyebab TV rusak ini dapat terjadi dan dialami pada berbagai macam dan jenis TV yang biasa digunakan di rumah.

Sebelum mengetahui cara perbaiki TV mati total, berikut penjelasan lebih lengkapnya mengenai 4 faktor umum penyebab TV mengalami kerusakan sehingga menjadi mati total.

1. Penyebab Kerusakan TV Menjadi Mode Standby

Penyebab utama TV mengalami kerusakan jenis pertama ini adalah dikarenakan oleh tegangan yang diterima oleh TV. Bisa jadi tegangan yang terjadi pada TV mengalami drop dan menyebabkan playback pada TV menjadi tidak bekerja. Terkadang hal ini juga bisa terjadi walaupun tegangan TV dalam keadaan normal.

Hal ini disebabkan oleh tidak bekerjanya sistem transistor horizontal pada TV dan dalam keadaan mati (off). Sistem transistor horizontal tidak bekerja akibat tidak diterimanya sinyal ke transistor dari osilator IC prosesor, sehingga playback tidak bekerja.

2. Regulator atau Supply Power Mengalami Konslet

Penyebab TV mati total bisa terjadi karena kerusakan regulator atau supply power TV mengalami konslet akibat sekring terputus, atau jika sekring tidak terputus namun MCB menurun.

Selain itu juga bisa dikarenakan sekring dalam keadaan normal namun tegangan output tidak ada. Terdapat juga kasus televisi dalam keadaan hidup namun setelah beberapa menit kemudian mati dengan sendirinya, disertai dengan matinya indikator LED pada TV.

Ini menjadikan TV mati total indikator tidak menyala. Setelah ini TV akan menjadi mati total dan harus segera dilakukan pemeriksaan dan perbaikan pada TV.

3. Terjadi Konslet pada Transistor Horizontal

Faktor terjadinya konslet pada transistor horizontal TV adalah playback mengalami kerusakan dan berstatus short. Selain itu, bisa juga diakibatkan transistor horizontal mengalami overheat (kepanasan).

Tegangan yang masuk pada sistem transistor horizontal terlalu tinggi juga dapat menjadi penyebab konsletnya transistor horizontal TV. Hal ini dapat menyebabkan TV mengalami kerusakan sehingga menjadi mati total dan tidak dapat dinyalakan.

4. Kerusakan pada Osilator

Kerusakan pada osilator dapat menyebabkan TV mengalami kerusakan mati total. Kerusakan pada osilator ditunjukan dengan tanda munculnya raster satu garis horizontal pada layar televisi.

Munculnya raster satu garis horizontal juga tidak disertai gambar program TV, kalaupun disertai dengan gambar maka gambar yang ditampilkan tidak benar, rusak atau yang biasa disebut dengan layar kresek-kresek (menampilkan gambar dengan tidak maksimal).

5. Program yang Tidak Betul

Program TV yang tidak betul juga dapat menyebabkan kerusakan pada TV. Walaupun termasuk dalam kategori kerusakan yang ringan, namun jika dibiarkan hal ini dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada TV.

Faktor utama bisa diakibatkan dari antena yang tergeser atau tertiup angin, namun jika TV yang digunakan tidak menggunakan bantuan antena mungkin salah satu komponen penyetel dan penyedia program yang terdapat dalam TV yang mengalami masalah.

Lakukan pengecekan dan perbaikan sesegera mungkin untuk meminimalisir potensi TV menjadi rusak ke tahap yang lebih berat atau parah.

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab TV mati total, berikut akan dijelaskan secara khusus mengenai cara memperbaiki TV mati total lampu indikator tidak menyala dan rusak dalam keadaan mode standby.

Cara Memperbaiki TV yang Rusak Mode Standby

Langkah pertama cara perbaiki TV mati total dalam mode standby adalah dengan mencoba cara cek kerusakan TV tabung mati total dengan melakukan turn on (menyalakan) TV dengan dengan remote atau dengan menekan tombol CH pada TV.

Jika tidak berhasil dan TV tidak bereaksi, atau jika TV memberikan reaksi berupa lampu indikator yang menyala dan berkedip-kedip, maka segera matikan TV karena jika dibiarkan akan membahayakan.

Ukur tegangan pertama pada TV (playback). Jika tegangan b+ drop, maka tindakan yang dilakukan adalah mencopot transistor horizontal lalu ukur tegangan kembali. Kemudian, jika tegangan b+ normal, maka tindakan yang dilakukan adalah memeriksa transistor horizontal.

Jika yang ditunjukan adalah “short”, maka terjawab sudah permasalahan penyebab TV anda mati total dan dalam mode standby. Lain halnya jika b+ tetap drop, meski transistor horizontal telah dicopot, maka permasalahan TV anda terdapat pada power supply TV.

Pada beberapa jenis televisi memiliki sistem kerja mode standby yang hampir sama, yakni di program dari IC prosesor utama jika komponen yang digunakan pada TV adalah IC prosesor tunggal.

Maka dari itu, ketika b+ normal atau drop, juga bisa disebabkan oleh IC prosesor. Silakan cek dan cari letak titik standby power. Jika pada kaki TV tidak terdapat tegangan, maknanya IC prosesor TV dalam keadaan mati dan tidak bekerja.

Penting untuk diingat akan cara perbaiki TV mati total mode standby, perlunya untuk mengecek kondisi supply IC prosesor utama terlebih dahulu sebelum memvonis apakah hal tersebut merupakan penyebab dari TV mati total mode standby.

Kesulitan dalam cara perbaiki TV mati total mode standby adalah pada IC prosesor utama. Selain karena harganya yang mahal, TV yang dimiliki menggunakan IC prosesor tempel, karena agak susah untuk mencari gantinya yang baru.

Gunakan dan Rawat TV dengan Baik

Dalam menggunakan TV sebaiknya tidak terlalu sering dinyalakan. Selain untuk mengistirahatkan mata anda dari blue light, TV juga memerlukan istirahat agar komponen-komponen penting pada TV tidak mengalami overheat.

Matikan TV jika sudah tidak digunakan lagi. Bersihkan TV dari debu secara berkala untuk meminimalisir kerusakan pada TV. Jika terlihat tanda-tanda TV mengalami kerusakan, segera cek kondisi TV dan lakukan perbaikan jika permasalahan pada TV telah diketahui.

Itulah pembahasan dan penjelasan mengenai beberapa faktor-faktor penyebab kenapa TV tidak mau menyala serta cara perbaiki TV mati total dengan mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah secara otodidak.

Semoga ilmu pada artikel kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua yang ingin mengetahui cara perbaiki TV mati total dan menambah wawasan tentang penyebab TV mati total dan tidak mau menyala.

Kahfi Talk less Do More