Kahfi Talk less Do More

Perbedaan Countif dan Countifs dari Pengertian hingga Fungsinya

1 min read

Perbedaan Countif dan Countifs

Perbedaan Countif dan Countifs

Secara umum, fungsi Countif dan Countifs memiliki kegunaan yang hampir sama. Kedua fungsi tersebut sering digunakan untuk menghitung data statistik pada Microsoft Excel. Lalu, apa saja perbedaan Countif dan Countifs secara fungsi maupun penggunaannya? Simak penjelasan berikut.

4 Perbedaan Countif dan Countifs

Pengertian

Pengertian dari Countif adalah salah satu fungsi statistik yang biasanya digunakan untuk menghitung atau mencacah jumlah sel dengan syarat atau ketentuan tunggal yang ada di dalam Microsoft excel. Karena kriterianya tunggal, Countif lebih mudah dipahami dan digunakan untuk mengolah data.

Sementara untuk Countifs merupakan salah satu fungsi statistik yang ada di Microfoft Excel yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah sel dengan banyak syarat atau kriteria. Kriteria yang dapat digunakan pada fungsi Countifs hingga 127 kriteria.

Keduanya memiliki kegunaan yang hampir sama untuk menghitung sebuah data dalam Microsoft Excel. Meskipun demikian, keduanya memiliki perbedaan dalam sintaks atau rumus serta cara penggunaannya.

Fungsi

Fungsi dari Countif sendiri adalah untuk menghitung jumlah sel yang ada pada range dengan ketentuan telah memenuhi kriteria tunggal yang sebelumnya sudah ditentukan. Selain kriteria tunggal yang disebutkan, maka yang lain cukup diabiakan saja dan tidak perlu dihitung.

Sebagai salah satu dari fungsi yang ada dalam excel, Countif layak dipakai sebagai alat untuk menghitung jumlah atau total data sama yang berada dalam sebuah range. Tidak hanya itu, fungsi ini juga dapat digunakan untuk menghitung sel yang sebelumnya sudah terisi dan sejenisnya.

Berdasarkan pada pengertian Countifs, fungsi ini berfungsi untuk menghitung suatu data yang memiliki lebih dari satu kriteria. Fungsi Countif hanya dapat digunakan minimal pada Microsoft Excel 2007.

Perbedaan Countif dan Countifs hanya tergantung dengan jumlah kriteria yang digunakan. Dalam penerapannya, penggunaan fungsi Countifs nlebih rumit dibandingkan dengan fungsi Countif. Karena banyaknya kriteria yang digunakan, penggunaan fungsi Countifs harus berhati-hati.

Rumus Countif dan Countifs

Sintaks yang digunakan pada fungsi Countif adalah =COUNTIF(range;criteria). Berdasarkan sintaks fungsi tersebut dapat diketahui bahwa “Range” merupakan referensi sel yang akan dihitung dan “Criteria” adalah referensi sel yang digunakan sebagai syarat.

Ketika menerapkan fungsi Countif dalam excel, apabila menggunakan kriteria bukan numerik misalnya teks atau simbol maka harus ditulis dengan menambahkan dua tanda kutip (“…”).

Berbeda dengan Countif, ketika menggunakan fungsi Countifs harus memenuhi sintaks “COUNTIFS(criteria_range1;criteria;{criteria_range2;criteria2]…). Beberapa kriteria yang dapat digunakan ketika menerapkan fungsi Countifs yaitu teks, angka, ekspresi logika, dan sebagainya.

Penjelasan mengenai sintaks di atas yaitu criteria_range1 merupakan rentang data sebagai range pertama yang digunakan. criteria1 sebagai kriteria pertama dapat berupa referensi sel, teks, dan angka. Criteria_range2 serta criteria2 merupakan sintaks kriteria tambahan yang bersifat opsional.

Contoh Penggunaan Countif dan Countifs

Contoh penerapan fungsi Countif di antaranya adalah menghitung jumlah antara laki-laki ataupun perempuan yang berada dalam satu range atau menghitung jumlah murid yang memiliki nilai di atas 70.

Beralih ke Countifs, fungsi Countifs dalam penerapannya digunakan untuk menghitung dengan banyak kriteria, contohnya menghitung nilai IPA dan IPS siswa. Dalam contoh tersebut, terdapat kriteria yang digunakan yaitu nilai IPA dan nilai IPS.

Secara garis besar, penggunaan fungsi Countif dan Countifs tidak jauh berbeda. Perbedaan Countif dan Countifs hanya berada pada jumlah kriteria yang dihitung. Jika hanya satu kriteria maka dapat menggunakan fungsi Countif sedangkan jika banyak kriteria harus menerapkan fungsi Countifs.

Kahfi Talk less Do More