Kahfi Talk less Do More

Yuk Kenali dan Ketahui Persamaan Transistor D882

3 min read

Persamaan Transistor D882

Penasaran dengan persamaan transistor D882? Namun sebelumnya apa sudah tahu tentang transistor D882? Jika belum, sebaiknya ikuti dan simak penjelasan detail tentang jenis transistor yang satu ini.

Hidup di negara tropis seperti di tanah air, kita pasti sangat kenal dengan yang namanya raket nyamuk. Alat elektronik yang sangat membantu dalam mengusir nyamuk ini ternyata dalam rangkaiannya terdapat transistor dengan jenis transistor D822.

Transistor D882 seringkali mudah ditemukan di dalam susunan komponen elektronik dalam bentuk switch, relay atau penguat audio serta pada raket nyamuk. Karena transistor D822 ini seringkali susah ditemukan di pasaran, maka persamaan transistor D882 pun jadi banyak dicari.

Mengenal Transistor D882

Mengenal Transistor D882

Jenis transistor D882 adalah jenis transistor yang sangat umum digunakan sebagai salah satu komponen elektronik dalam sebuah rangkaian dengan kinerja yang sangat tinggi. 

Transistor D822 ini terkenal memiliki keunggulan daya dorong atas banyak relay, LED, lampu, dynamo atau jenis susunan komponen elektronik lain dengan konduksi penuh minimum 0.3A. 

Hal tersebut disebabkan karena Transistor D822 memiliki kemampuan untuk dapat menampung arus kolektor maksimal hingga 3A. 

Kelemahan yang dimiliki oleh Transistor D822 ini bukan terletak pada mutu yang dimilikinya, namun justru pada terbatasnya produksi transistor. Keadaan ini pun akhirnya menyebabkan keberadaan jenis transistor D822 di pasaran online maupun offline jadi sangat terbatas.

Akibatnya bisa ditebak, persamaan transistor D882 pun jadi banyak yang mencarinya. Tentu saja mencari pengganti transistor D882 itu tak semudah membalik telapak tangan, karena kita harus mencari transistor yang spesifikasinya sesuai agar rangkaian sirkuit berhasil dibangun.

BACA JUGA: Ini Persamaan Transistor C1815 Beserta Fungsi Lengkapnya

Misalkan saja ketika harus mengganti kaki transistor D882 pada rangkaian sirkuit raket nyamuk yang rusak, namun ternyata tak menemukan jenis kaki transistor D882 ini, maka bisa digunakan persamaan transistor raket nyamuk.

Transistor D882 merupakan transistor dengan tujuan umum dan perangkat yang memiliki banyak fitur dengan kinerja yang cukup tinggi. Jenis transistor D882 ini dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan seperti switching dan amplifikasi.

Itulah mengapa transistor D822 ini akan sangat cocok dan sesuai pada pemakaian berbagai jenis rangkaian proyek elektronik di dunia pendidikan bagi para pelajar, penyaluran hobi ataupun untuk tujuan komersial.

Tingginya demand terhadap keberadaan transistor yang tidak dibarengi dengan supply yang cukup di pasaran membuat tinggi pula kebutuhan pasar dalam mencari persamaan transistor D882 berikut gambar dari transistor D882.

Daftar Persamaan sebagai Pengganti Transistor D882

Transistor 2SD882 atau transistor D882 merupakan transistor dengan tujuan umum paket TO -126. 

Transistor yang memiliki kinerja tinggi karena kemampuannya dalam menampung arus listrik hingga 3A ini juga dapat dimanfaatkan sebagai alat penguat audio jika memakai fitur keluaran 10 watt. Atau juga bisa digunakan secara terpisah sebagai penguat.

Namun karena keberadaannya yang sering susah untuk didapatkan maka Anda yang sedang mencari transistor D882, bisa memanfaatkan transistor pengganti yang sesuai. Berikut ini daftar dari persamaan transistor D882 NPN:

  1. Transistor BD189.
  2. Transistor BD185.
  3. Transistor BD131.
  4. Transistor BD187.
  5. Transistor BD349.
  6. Transistor MJE802.
  7. Transistor MJE182.
  8. Transistor TIP122L.
  9. Transistor 2SD1693.
  10. Transistor 2SC4342.
  11. Transistor 2SD1018.
  12. Transistor 2SD1712.

Beberapa konfigurasi yang dimiliki oleh berbagai jenis transistor dalam daftar persamaan transistor D882 di atas mungkin akan berbeda dengan konfigurasi transistor D882. 

Untuk itu sangat penting jika sebelum menggunakan atau memasangnya, dilakukan pemeriksaan PIN konfigurasi terhadap masing-masing transistor tersebut, termasuk melihat gambar transistor D882.

Jika ada yang bertanya apakah transistor D882 NPN atau PNP, maka jawabannya transistor D882 adalah jenis transistor NPN, dengan pasangan PNP nya adalah Transistor 2SB772-PNP.

Fungsi Transistor D882

Sebagaimana umumnya sebuah transistor, maka jenis transistor D882 juga memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Sebagai Saklar

Contohnya sebagai pengontrol relay AC dengan Arduino sebab tegangan output Arduino tidak sanggup mengontrol relay AC jika dihubungkan langsung, oleh karena itulah diperlukan rangkaian transistor. 

2. Sebagai Driver Motor DC

Pada motor DC, keberadaan transistor akan diperlukan sebagai pengendali serta sebagai penentu arah putaran motor DC.

3. Sebagai Pembangkit Sinyal Flip–Flop

Lampu LED pada rangkaian flip flop akan hidup dan padam secara bergantian karena keberadaan transistor sebagai pembangkit sinyal pada rangkaian.

4. Sebagai Penguat Arus

Sama dengan fungsi transistor yang lain, maka transistor B882 juga digunakan sebagai penguat arus pada jenis rangkaian power supply regulator. 

Karakteristik Transistor D882

  1. Model cangkang Transistor D882 adalah TO-126.
  2. Transistor D882 NPN atau PNP? Tr D882 termasuk NPN.
  3. Max collector current (IC) = 3A.
  4. Tekanan listrik tertinggi antara kolektor dan emitor (VCE) adalah 30V.
  5. Sedangkan tekanan listrik antara kolektor dan basis (VCB) max 40V.
  6. Tekanan listrik paling tinggi antara emitor dan basis (VEBO) adalah 5V.
  7. Daya maksmal menghasilkan panas pada kolektor (PC) sebesar10 Watt.
  8. Frekuensi perpindahan paling tinggi (fT) adalah  90 MHz.
  9. Penguat arus pada DC adalah (hFE): antara 60 hingga 400.
  10. Penyimpanan suhu paling rendah -55, dan paling tinggi 150 derajat Celcius.
  11. Maximum Collector Power Dissipation (Pc) adalah sebesar 0.5 W.
  12. Maximum Collector-Base Voltage |Vcb| adalah sebesar 40 V.
  13. Maximum Collector-Emitter Voltage |Vce| hingga sebesar 30 V.
  14. Maximum Emitter-Base Voltage |Veb| hingga sebesar 6 V.
  15. Maximum Collector Current |Ic max| sampai 3 A.
  16. Max. Operating Junction Temperature (Tj) adalah 150 °C.
  17. Transition Frequency (ft) adalah 50 MHz.
  18. Forward Current Transfer Ratio (hFE) adalah MIN 60.

Contoh Penggunaan pada Transistor D882

Dalam kehidupan sehari-hari transistor D882 serta persamaan transistor D882 dapat diaplikasikan di berbagai rangkaian elektronika apapun. Contohnya penerapan dalam sistem pengisian baterai, rangkaian pengatur tegangan, atau  contoh lain seperti:

  1. Driver relay.
  2. Penguat audio.
  3. Sistem switching.
  4. Pasangan transistor Darlington.
  5. Pengatur dimmer Led.
  6. Mengalihkan beban di bawah 3A.

Dalam pembuatan rangkaian sirkuit yang dipergunakan untuk tujuan amplifikasi dan switching, pada dasarnya transistor D882 serta persamaan transistor D882, merupakan jenis komponen elektronik yang cocok.

Selain itu transistor D882 juga dapat digunakan pada berbagai rangkaian elektronik lainnya, seperti dalam sirkuit catu daya, regulator tegangan, sirkuit pengisi daya baterai, switch dengan beban dibawah 3A, motor penggerak dan lain-lain.

Fungsi lainnya, transistor D882 atau persamaan transistor D882 juga umum ditemukan dalam penggunaan pada rangkaian sirkuit penguat sinyal Audio pada amplifier kecil, dan rangkaian elektronik yang serupa. 

Hal yang harus diperhatikan, agar transistor ini dapat berjalan dengan baik, maka beban yang diberikan jangan lebih dari 3A serta memakai resistor basis yang sesuai.

Semoga pembahasan mengenai persamaan transistor D882 beserta pengenalan, fungsi dan contoh penerapannya tersebut dapat membantu untuk lebih mengenal dan memahami jenis transistor ini.

Kahfi Talk less Do More