Kahfi Talk less Do More

Sifat Wajib Allah Swt  Beserta Artinya Yang Harus Diketahui

3 min read

Sifat Wajib Allah

Sifat Wajib Allah

Yuk bunda, perkenalkan kepada anak sejak dini. Pada usia dini, hendak nya bunda sudah memperkenalkan sifat wajib Allah untuk anak. Mungkin dari sebagian anak sudah mulai bertanya kepada bunda nya, pengen tau dan penasaran, “Allah itu siapa sih, Bunda? Allah itu tinggalnya di mana sih?” nah, bunda mungkin bingung untuk menjawab pertanyaan yang muncul dari bibir mungil anak bunda.

Tapi,  Itu baru segelintir saja penasarannya tentang Allah. Nah, maka dari itu untuk memberi pemahaman kepada si kecil, penting banget  nih bagi bunda atau orang tua untuk membekali anak dengan pengetahuan yang berhubungan dengan sifat – sifat Allah.

Allah sebagai Tuhan mempunyai  sifat-sifat yang  sempurna. Sifat-sifat Allah inilah yang kemudian kita kenal dengan “ sifat wajib Allah”. Jadi, apa saja ya bunda yang termasuk sifat tersebut? Yuk bunda kita pahami dan beritahu agar anak kita nanti nya bisa mengerti dan paham tentang  Sifat Allah. Dengan begitu, secara tidak sadar akan menjadikan anak kita mengenal lebih dekat Allah SWT sebagai pencipta. Sehingga diharapkan menjadikan anak kita memiliki kepribadian yang baik, melaksanakan apa yang menjadi perintah Allah SWT dan menjauhi laranganNya.

Berikut ada 20 Sifat Allah yang wajib dan Harus Bunda Diketahui. Selanjutnya akan dijabarkan 20 sifat-sifat Allah dan Artinya sebagai berikut :

20 Sifat-Sifat Allah Dan Artinya

  1. WUJUD

Allah SWT mempunyai sifat wujud yang berarti ada. Mengandung arti bahwa Allah   SWT itu ada dengan zat-Nya sendiri, dan Allah SWT itu ada bukan oleh ada yang mengadakan atau yang menciptakan nya.

  1. QIDAM

Qidam mengandung arti  zat yang terdahulu. Sebagai pencipta, Allah sudah pasti ada terlebih dahulu dari apa yang Ia ciptakan, contohnya alam semesta beserta isinya. Sifat Allah ini menjabarkan  bahwa tidak ada permulaan bagi Allah, karena Dia adalah Sang Maha pencipta.

  1. BAQA’

Berikut adaAllah yang memiliki sifat kekekalan, yaitu sifat Baqa’. Allah mempunyai sifat baqa’ yang berarti kekal. Allah SWT tidak akan binasa dan tidak akan pernah berakhir. Sementara  makhluk hidup ciptaan-Nya dan  alam semesta suatu saat pasti  akan mengalami kebinasaan.

  1. MUKHALAFATU LILHAWADITS.
Trending:  10 NAMA MALAIKAT DAN TUGASNYA YANG WAJIB DI KETAHUI

Mukhalafatuhu lilhawadits yang berarti bahwa Allah itu berbeda dengan ciptaan-Nya,  ini memperjelas bahwa tidak ada satu makhluk pun yang dapat menyerupai-Nya.

  1. QIYAMUHU BINAFSIHI.

Sifat Allah berikutnya yaitu Qiyamuhu Binafsihi yang mengandung arti berdiri sendiri. Allah SWT  itu ada, tanpa ada yang menciptakan, dan dalam menciptakan seriap makhluk-makhluk-Nya Ia  tidak membutuhkan bantuan dari makhluk nya atau ciptaannya.

  1. WAHDANIYAT.

Wahdaniyat yang berarti  Esa atau tunggal.  Umpama  jika Allah itu jumlahnya lebih dari satu, maka kemungkinan  alam semesta ini pastilah akan mengalami kehancuran. Karena itu akan berakibat terjadi nya kekacauan sehingga alam semesta tidak akan mengalami keseimbangan.

  1. QUDRAT.

Sifat wajib  Allah berikutnya yaitu Qudrat  yang artinya  berkuasa, dimana mengandung makna bahwa Allah SWT memiliki kekuasaan yang mutlak atas segala sesuatu tanpa ada batasan.Pabila Allah SWT telah berkehendak, maka tidak ada satu pun yang dapat menghalangi-Nya.

  1. IRADAT.

Sifat wajib Allah yang berikutnya yaitu Allah SWT memiliki sifat Iradat yang berarti maha berkehendak,  kebalikannya atau  sifat mustahil bagi allah yaitu Karahah yang berarti terpaksa (tidak berkemauan).

  1. ILMUN.

Sifat Wajib Allah selanjutnya yaitu  Ilmun yaitu Maha mengetahui.Sedangkan  sifat Allah yang mustahil yaitu memiliki sifat Jahlun yang berarti  bodoh. Makna yang terkandung dari sifat Allah Ilmun adalah Kemampuan yang dimiliki Allah SWT adalah sangat tidak terbatas dan sifat Allah  tidak  pula dibatasi dalam mengetahui segala hal tentang makhluknya.

  1. Hayat.

Sifat wajib Allah berikutnya yaitu Allah juga mempunyai sifat Hayat yang berarti hidup. Dan Allah sangat lah mustahil memiliki sifat maut yang berarti mati atau binasa. Allah adalah Tuhan Yang Maha Sempurna. Allah SWT memiliki kemampuan  hidup dengan dzat-Nya sendiri, bahkan  tidak ada satupun makhluk yang mampu menghidupkan-Nya.

  1. Sama’ 

Allah dengan sifat wajib Sama’ yang berarti mendengar. Allah SWT  mampu mendengarkan setiap detail suara yang ada di alam semesta ini, dan bahkan  tidak ada satu pun bunyi atau suara sekecil apapun yang bisa terlepas dari pendengaran Allah, walaupun suara tersebut mungkin hanya lah berupa bisikan.

  1. Basar
Trending:  Contoh Iqlab Dan Hukum Bacaan Nun Mati atau Tanwin

Kata Basar mengandung arti yaitu melihat. Allah SWT dengan kemahaan nya mampu melihat segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, baik dari yang terkecil maupun besar, baik itu tampak maupun tidak tampak. Allah SWT memiliki kemampuan dalam hal  Penglihatan yang tidaklah terbatas maupun dapat dibatasi oleh sesuatu pun.

  1. Kalam

Sifat wajib bagi Allah berikutnya yaitu adalah Kalam yang berarti berbicara atau berfirman. Allah mempunyai  sifat kalam yang begitu sempurna, sehingga Allah disini memiliki kemampuan berbicara tanpa harus menggunakan bantuan dalam bentuk apapun.

  1. Qadiron

Allah SWT itu memiliki sifat Qadiron. Allah tidak lemah, karena Ia adalah penguasa atas seluruh makhluk di alam semesta dan ciptaan-Nya itu secara mutlak. Ini membuktikan bahwa Sifat wajib bagi Allah Qadiron yang artinya berkuasa.

  1. Muriidan 

Sifat wajib Allah yang selanjutnya yaitu Muriidan yang memiliki makna yaitu Maha berkehendak. Allah SWT memiliki sifat Dzat yang  berkehendak atas segala sesuatu. Maka Jika Allah sudah berkehendak, maka segala hal yang dikehendaki-Nya tersebut barang tentu pastilah akan terlaksana tanpa ada yang bisa menghalanginya.

  1. ‘Aliman 

Sifat wajib Allah berikutnya yaitu  ‘Aliman yang berarti mengetahui. Allah dengan sifat  Dzat yang maha mengetahui segala hal yang telah terjadi , akan terjadi, maupun yang belum terjadi. Bahkan termasuk isi hati maupun pikiran dari makhluk ciptaan-Nya.

  1. Hayyan 

Sifat wajib Allah yang berikutnya yaitu Hayyan yang berarti hidup. Allah SWT itu  memiliki sifat Dzat yang hidup, yang  tidak ada rasa ngantuk sehingga tidak pernah tidur, tidak akan mati, maupun  lengah dari segala macam  hal yang menjadi kebiasaan ciptaan-Nya.

  1. Sami’an

Pada hakekatnya, sifat  sami’an mengandung arti mendengar. Ini bahwasanya Allah SWT adalah Dzat yang memiliki pendengaran yang sangat sempurna, yang tidak ada batasan bahkan tiada hal yang bisa dan dapat membatasinya.

  1. Bashiiran

Berikutnya yaitu Allah SWT  adalah Dzat yang memiliki kemampuan melihat segala hal yang ada di alam semesta ini, tanpa adanya batasan. Ini sesuai dengan sifat wajib bagi Allah yaitu Bashiiran yang artinya  melihat.

  1. Mutakalliman
Trending:  Contoh Iqlab Dan Hukum Bacaan Nun Mati atau Tanwin

Berikutnya sifat Allah mutakalliman yang berarti berbicara, bahwasanya Allah SWT memiliki kemampuan berbicara atau berfirman di dalam kitab-kitab yang Ia turunkan kepada para utusan-Nya. Dan sifat mustahil bagi Allah bersifat abkam yang artinya bisu.

Dari penjabaran satu persatu sifat wajib Allah yang harus diketahui di atas semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Menjadi pertanyaan, apakah  sifat wajib tersebut mampu membatasi kesempurnaan Allah? Jawaban nya adalah  tentu saja tidak, karena sifat wajib Allah merupakan sifat-sifat pokok kesempurnaan Allah SWT yang sangat tidak terbatas jumlahnya.

 

Kahfi Talk less Do More