Kahfi Talk less Do More

Cara Download Video Telegram dan File Lainnya

5 min read

Download Video Telegram

Saat ini platform untuk chatting sudah banyak tersedia di play store dan app store, mulai dari Line, Whats App, dan juga yang sedang populer saat ini yaitu Telegram. Tidak terbatas hanya untuk chatting saja, Telegram juga dapat Anda gunakan untuk membagikan berbagai jenis file seperti video maupun foto. Namun banyak pengguna yang belum mengetahui cara download video telegram.

Dengan mendownload video yang Anda dapatkan dari telegram, maka Anda dapat menonton video tersebut kapan pun tanpa perlu terhubung ke sinyal internet. Video yang telah berhasil Anda download juga secara otomatis akan langsung tersimpan pada galeri di smartphone Anda

Mengenal Apa Itu Telegram

Sebelum masuk ke pembahasan utamanya, Ada baiknya Anda mengetahui dulu sejarah singkat dari platform Telegram. Telegram merupakan sebuah platform layanan pengirim pesan instan multi platform berbasis cloud yang dapat Anda download secara gratis dan nirlaba.

platform Telegram ini dapat digunakan untuk berbagai jenis telepon seluler (Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch) serta sistem perangkat komputer (Windows, OS X, Linux). Dengan menggunakan Telegram ini, Anda bisa melakukan pengiriman pesan serta mengirim video, foto, file,ataupun stiker dan file lainnya.

Hingga saat ini diketahui kalau platform ini sudah memiliki 400 juta user bulanan aktif. Setidaknya, tiap harinya terdapat sekitar 1,5 juta user baru yang mendaftarkan diri pada platform aplikasi Telegram. Banyak orang yang beralih memakai aplikasi Telegram disebabkan aplikasi yang satu ini memiliki beragam fitur macam cloud, penyimpanan untuk file folder, dan fitur – fitur menarik lainnya.

Aplikasi Telegram ini dibuat oleh seorang berkebangsaan Rusia yang bernama Pavel Valeryevich Durov pada tanggal 23 Oktober 2013. Pavel juga diketahui telah membuat satu dari sosial media terbesar di negara Rusia yang disebut Vkontakte.

Telegram bisa dimanfaatkan untuk mengirim pesan teks, video, foto, audio, dokumen dan jenis berkas penting lainnya. Apabila pada aplikasi WhatsApp pengguna batasi dengan batas ukuran file yang maksimal sebesar 100 MB, Telegram mempunyai batas ukuran file hingga 1.5GB yang membuat Anda bisa mengirim serta menerima berbagai jenis film.

Selain itu yang membuat Aplikasi Selebgram ini terkenal dikarenakan aplikasi yang satu ini dilengkapi dengan fitur chat bot atau yang sering disebut sebagai fitur chat dengan otomatis. Fitur tersebut dapat dipakai untuk membalas chat orang lain dengan otomatis saat mereka membuka chat Anda. Dengan begitu akan makin memudahkan pengguna dalam menjawab pesan dari orang lain.

Cara Download Video Telegram Dan Jenis File Lainnya

Untuk Anda yang mau mendownload file di Telegram, langsung saja simak cara download video telegram dan file lainnya berikut :

1. Cara Download Video di Telegram

Untuk melakukan download video Telegram terdapat beberapa cara yang bisa Anda gunakan. Berikut adalah beberapa caranya:

a. Mendownload dari Telegram Web

Dibawah ini adalah Langkah – Langkah untuk mendownload video dari telegram web:

√ Pertama Anda perlu masuk dulu ke web.telegram.org setelah itu langsung saja log in ke akun Telegram Anda

Room Chat Telegram

√ Kemudian buka room chat pada group atau Telegram channel

 

Cari Video pada telegram web

√ Cari video yang akan Anda unduh pada Telegram web

√ Setelah itu tekan ikon download yang terletak pada pojok kanan atas

download video telegram

√ Dengan otomatis, video yang Anda mau akan langsung terunduh pada perangkat Anda

Video Otomatis terdownload

√ Video Anda sudah dapat ditonton secara offline.

Apabila ketika Anda menekan ikon download telegram web namun video tidak mau berjalan, coba tunggu dulu beberapa saat untuk loading, apabila setelah menekan ikon download tetapi video tetap tidak terdownload maka akan ada notifikasi yang muncul untuk meminta Anda mengizinkan telegram web untuk mengunduh serta menyimpan video tersebut.

Akan muncul notifikasi bertuliskan Allow dan Block di sudut atas, langsung pilih saja Allow. Anda juga dapat secara manual mengaktifkan auto download pada situs telegram web dengan menekan ikon kunci di telegram web. Kemudian pilih Allow agar video dapat terdownload secara otomatis dan selesai. Cara tersebut dapat Anda gunakan pada berbagai jenis browser seperti uc atau chrome.

Untuk sekedar info, baik foto maupun video yang Anda unduh dari telegram web akan disimpan pada folder download di pc ataupun laptop yang Anda pakai. Anda dapat membuka menu windows, explorer, download, selesai.

b. Menggunakan Aplikasi Downloader

Anda juga dapat menggunakan Aplikasi pendownload video yang bisa Anda download baik di PlayStore ataupun app store. Aplikasi yang bisa Anda gunakan diantaranya Download All Files, Loader Droid Download Manager, Advanced Download Manager, dan Turbo Download Manager, aplikasi – aplikasi tersebut akan membantu memudahkan Anda pada proses mendownload video pada telegram.

Cara penggunaannya juga cukup mudah karena Anda hanya perlu melakukan copy link data video atau file yang mau di didownload, kemudian paste link, dan pilih start download, setelah itu tunggu data atau video yang Anda mau selesai terdownload.

2. Cara Download Foto di Telegram

Berikut ini merupakan Langkah – Langkah untuk mendownload gambar atau foto pada aplikasi telegram:

√ Pertama tama silahkan Anda buka terlebih dahulu web.telegram.org

√ Pada telegram Anda, Buka room chat

√ Kemudian buka foto yang akan Anda download

√ Lalu klik kanan dan pilih opsi “save image as”

Download Foto di Telegram

√ Terakhir klik save untuk menyimpan gambar

√ Selesai. Gambar berhasil Anda download

Terdapat Langkah lain yang dapat Anda coba dalam mendownload atau menyimpan gambar pada telegram web, Anda dapat membuka terlebih dahulu telegram web pada browser dan cari gambar yang mau Anda download. Kemudian pilih ikon download yang terletak pada pojok kanan atas, dan gambar yang Anda mau akan dapat terdownload secara otomatis dengan mudah. Cara tersebut dapat digunakan baik di browser komputer maupun browser smartphone.

3. Cara Download File di Telegram

Berikut ini merupakan Langkah – Langkah untuk mendownload file pada aplikasi telegram:

√ Pertama – tama buka terlebih dahulu webtelegram.org pada browser Anda

√ Buka history chat Anda

√ Kemudian cari file yang mau Anda download dari telegram web

√ Selanjutnya klik ikon download

√ Biarkan proses download berjalan beberapa saat

√ Secara otomatis, file akan terdownload serta tersimpan pada komputer Anda

√ Selesai

4. Penyebab Video di Telegram Tidak Dapat Di Download atau Diputar

Terkadang video telegram yang Anda download atau mau Anda putar tidak bisa berjalan karena satu dan lain hal. Walaupun hal tersebut mungkin tidak sering terjadi tetapi tetap menjadi masalah. Untuk itu ada baiknya Anda mengetahui dulu penyebab video tidak dapat di download atau diputar dan cara mengatasinya.

a. Server Telegram sedang Down

Yang menjadi sebab dari video tidak dapat diunduh dan dimainkan bisa jadi dikarenakan saat itu server telegram sedang down, apabila server aplikasi telegram sedang tidak lancar maka Anda akan menjadi terganggu untuk dapat memakai layanan telegram dan akan kesulitan untuk mengunduh atau memutar video telegram.

b. Cache Telegram Penuh

Penyebab video tidak dapat diputar atau di download yang ke dua adalah karena cache telegram penuh, jadi apabila dalam aplikasi telegram, sebuah cache yang ada sudah banyak terisi, maka hal tersebut akan membuat kerja aplikasi telegram menjadi terganggu.

c. Aplikasi Telegram Belum Anda Update

Apabila Anda tidak dapat mendownload atau menjalankan sebuah video pada Telegram, maka hal itu bisa jadi dikarenakan aplikasi Anda belum ter update, jadi Anda dapat coba mengupdate terlebih dahulu telegram Anda di App Store atau playstore.

d. Terlalu Banyak Channel

Penyebab yang berikutnya bisa dikarenakan pengikut yang banyak, atau Anda mengikuti sebuah channel yang besar, jadi apabila Anda mengikuti terlalu banyak jumlah channel, maka hal tersebut dapat menyebabkan video Anda menjadi tidak dapat di download atau memutar video.

e. Perangkat Ponsel Bermasalah

Penyebab yang terakhir video tidak dapat diputar atau di download dapat berpengaruh pada aplikasi telegram dan membuat aplikasi menjadi tidak dapat mendownload dan memutar sebuah video.

Sahabat bisa dengan mudah untuk mengatasi sebuah masalah yang sering terjadi yaitu tidak bisa memutar dan mendownload video di telegram, namun mimin sudah sampaikan penyebab masalah tersebut di ulasan yang sudah mimin berikan di atas, tapi sekarang sahabat bisa untuk lanjut cara mengatasinya di tutorial berikut ini.

5. Cara mengatasi video di Telegram Tidak Dapat Didownload atau Dijalankan

a. Mencari Informasi

Untuk cara mengatasi yang pertama dapat Anda lakukan adalah mencari sebuah informasi yang sangat tepat, karena dengan adanya pencarian informasi ini Anda dapat mengetahui tentang server Telegram sedang down atau tidak.

b. Membersihkan Cache

Seperti yang telah dibahas sebelumnya di atas mengenai penyebab kenapa tidak dapat memutar video dan mendownload sebuah video adalah dikarenakan cache pada aplikasi yang telah penuh, jadi Anda perlu melakukan pembersihan cache terlebih dahulu.

c. Melakukan Update Telegram ke Versi Terbaru

Cara mengatasi yang ketiga adalah harus selalu update aplikasi tersebut dengan menggunakan aplikasi versi terbaru, jadi ini merupakan sebuah cara mengatasi yang terbaik untuk bisa kamu coba.

d. Menghapus atau Keluar dari Beberapa Channel

berikutnya Anda dapat mencoba menghapus beberapa channel yang telah Anda ikuti, bisa jadi kenapa video tidak dapat dimainkan atau di download dikarenakan terlalu banyak channel yang Anda ikuti di aplikasi.

e. Restart Smartphone

Cara mengatasi yang terakhir bisa Anda coba adalah dengan melakukan restart pada smartphone yang Anda pakai, karena dengan melakukan restart pada perangkat smartphone Anda akan dapat membantu mengatasi masalah ini.

Penutup

Itulah beberapa cara download video telegram dan file lainnya yang dapat Anda coba. Anda dapat mencoba mendownload dari web ataupun menggunakan aplikasi tambahan yang dapat Anda download. Apabila mengalami masalah saat mendownload video telegram dapat mencoba cara-cara diatas untuk mengatasi masalah pada video telegram .

Kahfi Talk less Do More