Kahfi Talk less Do More

Cara Mengatasi Hasil Printer Berbayang Epson

1 min read

Hasil Printer Berbayang

Hasil Printer Berbayang

Hasil printer berbayang atau kadang bergaris adalah hal lain yang sering terjadi pada printer apa saja. Namun apabila Anda adalah pemilik printer Epson seri apa saja, Anda harus menyimak artikel ini.

Kami telah merangkum cara jitu, praktis, dan mudah untuk mengatasi hasil cetakan printer berbayang. Cara-cara di bawah ini juga telah terbukti berhasil sehingga Anda tinggal mengikutnya langkah-langkahnya saja.

Hasil Printer Berbayang dan Solusinya

Sebenarnya cara yang  paling mudah ketikan menghadapi hasil printer Epson garis putus-putus adalah dengan melakukan reset. Pengaturan ulang ini bisa Anda lakukan melalui komputer.

Namun tidak jarang, ada berbagai masalah serius yang mengakibatkan masalah yang satu ini. Simak beberapa cara berikut ini untuk mengatasi masalah cetakan printer Anda.

1. Cek infus

Beberapa orang memang lebih memilih menggunakan sistem infus. Hal ini karena cadangan tinta lebih banyak dan cara isi ulangnya pun lebih mudah.

Namun hal ini rupanya juga bisa memicu hasil cetakan yang tidak sempurna. Jika Anda menggunakan sistem infus, Anda harus segera membuka sistemnya dan mengecek apakah ada yang salah.

Posisi selang yang salah bahkan bisa mengganggu aliran tinta, entah itu terlalu rapat atau kendur. Selain itu, sebaiknya selang masih memiliki kelenturan yang baik.

2. CR Scale

Cara mengatasi hasil printer berbayang berikutnya adalah dengan mengecek CR Scale. Hal ini bisa dibilang sesuatu yang lebih advanced daripada sekadar mengecek selang tinta namun apabila berhasil, Anda akan menghemat uang ke tempat servis.

Komponen yang satu ini adalah yang terletak memanjang jalur pergerakan kartrid yang ada di atas timing belt. Bentuknya seperti pita dan warnanya transparan.

CR Scale harus dalam keadaan bersih. Pastikan tidak ada debu yang menempel atau tinta yang mengotorinya karena hal ini yang membuat hasil cdetakan lompat-lompat dan berbayang.

Oleh karena itu, apabila Anda menggunakan sistem kartrid, pastikan Anda mengisinya dengan benar. Apabila bocor, bukan tidak mungkin tinta akan mengotori CR Scale dan mengakibatkan hasil cetakan yang tidak sempurna.

Trending:  Cara Mudah dan Praktis reset printer epson L360

3. Print Head Alignment

Nah, apabila Anda masih belum bisa mengatasi printer Epson garis horizontal padahal sudah melakukan cara di atas, Anda bisa membuka Print Head Alignment.

Menu ini ada di driver printer dan Anda bisa mengakses menu maintenance yang tersedia. Di sana Anda bisa mengutak-atik berbagai hal yang berkaitan dengan printer Epson Anda.

Apabila Anda kurang yakin bagaimana cara menggunakannya, jangan ragu untuk cek buku manual printer dan mengikuti langkah-langkahnya.

4. Print Head rusak

Alasan lain dari kenapa printer blur dan berbayang adalah kondisi printer head yang mulai tidak prima. Apabila ini adalah masalahnya, Anda harus menggantinya sesegera mungkin sebelum mengakibatkan kerusakan lain yang lebih serius.

Ketika printhead rusak, nozzle pun semakin tidak beraturan. Bahkan setelah Anda melakukan pembersihan melalui sistem, hasil cetakan tetap blur dan berbayang. Apabila ini adalah kasus Anda, segera ganti komponen yang rusak, ya.

Apabila kerusakan sepertinya tidak bisa diidentifikasi secara mandiri, sebaiknya Anda segera membawanya ke tempat servis printer.

Akhir Kata

Apakah Anda menemukan jawaban dari masalah hasil cetak berbayang pada printer Anda? Semoga ada informasi penting dan berguna yang bisa Anda ambil dari penjelasan di atas.

Memang pada dasarnya Anda harus sering mengecek kesehatan printer untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan hasil printer berbayang bisa menjadi indikasi suatu kerusakan serius pada perangkat.

Kahfi Talk less Do More