Kahfi Talk less Do More

Mengenal Ciri, Fungsi Dan Cara Menyambung Jack XLR ke RCA

3 min read

Cara Menyambung Jack XLR ke RCA

Kebanyakan orang berpikir jika komponen audio yang sangat berperan pada hasil output maksimal adalah speaker, crossover, amplifier dan head unit saja., padahal peran konektor juga penting. Oleh karena itulah cara menyambung Jack XLR ke RCA tidak boleh sembarangan

Jack konektor sendiri dikatakan penting dalam dunia audio karena perannya sangat vital dalam menghasilkan output sound yang bening tanpa ada kendala.Salah satu jenis Jack konektor adalah XLR atau ada juga yang menyebutnya sebagai  input balanced atau keseimbangan.

Bagi yang sedang bingung bagaimana cara menyambung Jack XLR ke RCA, atau ingin tahu segala hal tentang pasang XLR dan kabel RCA, serta apa fungsi dari colokan XLR? dan Kenapa mic harus pakai kabel dengan Jack XLR? silahkan ikuti uraian dari artikel berikut.

BACA JUGA: Ini Persamaan Transistor C1815 Beserta Fungsi Lengkapnya

Mengenal Kabel RCA

Cara Menyambung Jack XLR ke RCA

Sebelum masuk ke berbagai pokok bahasan yang lebih dalam, yaitu cara menyambung Jack XLR ke RCA, maka ada baiknya dibahas terlebih dahulu tentang berbagai komponen yang diperlukan pada cara menyambung Jack XLR ke RCA.

1. Apa itu kabel RCA?

Saat sedang membongkar peralatan elektronik, pasti pernah melihat keberadaan kabel yang memiliki beberapa warna yang berbeda. Perbedaan pada warna kabel tersebut mengacu pada fungsi masing-masing yang berbeda. Nah hal yang sama juga ada pada kabel RCA.

Kesalahan menancapkan kabel RCA, akan membuat alat elektronik tidak dapat meraih kinerja fungsi dan kegunaan yang dimiliki secara maksimal. Itu juga alasannya mengapa penting untuk tahu cara menyambung Jack XLR ke RCA atau cara menyambung kabel RCA.

Masih belum paham yang manakah yang dimaksud dengan kabel RCA? Jika pernah mencoba melakukan sambungan antara pesawat TV dengan VCD player, maka akan terlihat ada kabel yang memiliki tiga colokan bukan? Nah itulah kabel RCA.

Kabel RCA termasuk jenis kabel audio. Selain itu ada juga kabel setrum dan kabel speaker yang juga termasuk ke dalam golongan kabel audio.

2. Fungsi Kabel RCA

Fungsi utama dari jenis kabel RCA adalah untuk melakukan pengiriman sinyal yang berbentuk gambar dan suara. Kabel RCA ini biasanya digunakan pada berbagai peralatan elektronik, semacam VCD atau DVD, Televisi, CCTV, dan masih banyak lagi.

Meski memiliki fungsi penting dalam mendukung sistem audio dan video, namun kabel RCA tak boleh berada pada lokasi yang berdekatan dengan arus listrik tinggi, karena bisa mengganggu hasil audio video.

3. Ciri-Ciri Kabel RCA

Agar mudah mengenali, di bawah ini akan diuraikan ciri-ciri yang dimiliki oleh kabel RCA.

  • Kabel RCA memiliki tiga kabel dengan tiga kepala kabel.
  • Setiap kabel akan memiliki warna yang berbeda.
  • Masing-masing kabel akan memiliki fungsinya masing-masing.
  • Kabel RCA kuning berfungsi mengirim sinyal video ke tujuan.
  • Kabel RCA merah dan putih berfungsi sebagai pengirim sinyal suara dengan mode stereo, kanan dan kiri. Kedua kabel ini harus tertancap karena jika tidak mode stereo tidak akan aktif.

Mengenal Kabel Jack

Setelah paham kabel RCA sekarang mari mengenal karakteristik dari kabel Jack agar semakin paham bagaiman cara pasang Jack xlr, cara menyambung Jack stereo ke mono atau cara pasang Jack stereo, hingga cara menyolder kabel Jack audio.

Kabel jack itu merupakan sebuah kabel konektor yang menjadi penyambung dari earphone atau headphone dengan perangkat yang dapat menghasilkan audio seperti Audio Player, Handphone, Komputer PC, atau Laptop.

Kabel Jack juga dapat digunakan untuk menghubungkan alat-alat musik listrik yang menerima input audio dari mikropon seperti Amplifier.

Mengenal colokan XLR

XLR Jack adalah sebuah jenis konektor yang terdapat di dalam mikrofon, yang berfungsi untuk menghubungkan mic dengan mixer atau perangkat lainnya. Ada dua jenis konektor di dalam XLR, yaitu male dan female.

Untuk membedakan manakah konektor male dan female sangat mudah.

Jika terdapat sebuah besi memanjang yang berjumlah tiga buah maka itulah konektor male. Sedangkan pada konektor female akan terdapat lubang dengan jumlah yang sama, yaitu 3 buha, yang masing-masing berfungsi sebagai pasangannya.

XLR Jack konektor sering disebut sebagai input balanced atau keseimbangan karena jadi penghubung antara mic dengan mixer. Kelebihan dari mic yang memakai  kabel XLR adalah mampu menghasilkan kualitas suara yang lebih bersih dan minim noise.

BACA JUGA: Identifikasi Persamaan IC Vertikal LA78141

Cara Menyambung Kabel Balanced XLR ke RCA

Di dalam proses cara menyambung Jack XLR ke RCA ada beberapa langkah yang tak mudah untuk dilalui.

Misalkan pada cara menyambung Jack Akai ke Jack Canon, ada beberapa perangkat audio yang tidak compatible dengan konektor mikrofon balanced ini. Demikian juga dengan cara menyambung Jack XLR ke Akai mono atau Jack XLR to Akai.

Agar mudah dipahami, maka perhatikan cara menyambung Jack XLR ke RCA sebagai berikut:

1. Peletakan Dasar

Untuk melakukan cara menyambung Jack XLR ke RCA maka ingatlah nomor urut yang ada pada setiap jack dan socket. Urutannya adalah nomer 1 untuk ground, nomor 2 untuk sinyal dan nomor 3 sebagai in return.

Untuk perakitan mono, maka pin no 1 yaitu ground harus dihubungkan dengan pin no 3 yaitu in return. Sedangkan pada perakitan stereo, setiap pin terhubung dengan 3 kabel sesuai urutan, yaitu pin 1 = ground, pin 2 = input signal A dan pin 3 = input signal B.

2. Memotong Konektor

Tahapan yang harus dikerjakan berikutnya adalah melakukan pemotongan konektor dari kabel kemudian melucuti kabelnya.

Berhati-hatilah dalam melakukan proses pelucutan kabel ini. Gunakanlah selalu pisau agar hasil pelucutan kabel menjadi bagus. Sangat tidak disarankan mengupas dengan kuku, selain berbahaya juga hasilnya akan tidak rapi.

Konektor yang ada di pasaran biasanya akan memiliki tiga atau empat kabel dengan warna yang berbeda. Jika tiga kabel maka warnanya ada 3 juga, yaitu merah, hijau, atau biru.

Sedangkan apabila berupa empat kabel, maka akan ada kemungkinan terdapat dua buah kabel yang telanjang dengan hanya dilapisi tembaga. Untuk bagian dasar pilihlah kabel yang warnanya dilapis dengan tembaga, merah di tengah dan hijau atau biru di sebelah kiri.

3. Pemasangan

Setelah semua siap, maka sampailah pada tahap terakhir yaitu melakukan pemasangan atau penyambungan dari Jack XLR ke RCA.

Langkah awal pada proses pemasangan adalah dengan cara menyelipkan konektor ke dalam kabel RCA yang sudah disiapkan tadi. Kemudian lakukan pembungkusan dengan kawat yang sesuai ke masing-masing bagian dari konektor.

Setelah itu lakukan pengikatan dengan sekrup agar sambungan yang telah terbuat tampak rapi dan tidak tergelincir.

Nah setelah semua tahapan tersebut selesai, maka cek sekali lagi dan pastikan tidak ada kabel yang berlebihan, yang menonjol atau kabel yang menyentuh kabel lainnya.  Jika perlu lakukan pengisolasian pada setiap kawat yang ada agar semakin kuat.

Demikianlah cara menyambung Jack XLR ke RCA. Selamat mencoba.

Kahfi Talk less Do More