Kumpulan Kata-kata Istiqomah di Jalan Allah [Cinta & Kehidupan]

4 min read

Kata-kata Istiqomah

Dalam kehidupan sehari-hari, istiqomah sangatlah penting untuk mencapai suatu tujuan, untuk tetap istiqomah terkadang kita memerlukan kata-kata istiqomah yang dapat memotivasi kita agar tetap selalu istiqomah.

Istiqamah atau istikamah dalam istilah Islam adalah hal berpendirian kuat atau teguh pendirian. Istiqamah berasal dari bahasa Arab istiqama, yastaqimu, istiqamah yang berarti tegak lurus.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istiqamah yang berarti sikap teguh dengan pendirian dan selalu konsekuen.

Adapun menurut istilah, istiqamah adalah tetap dalam pendirian, yaitu ketetapan dalam hati untuk tetap melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang baik atau berketetapan hati, tekun, dan terus-menerus mengiatkan usahanya untuk mencapai cita-citanya atau tujuannya.

Dalam Islam, istiqamah secara spesifik adalah sebuah komitmen dan konsisten dalam Tauhid, ibadah, dan akhlak.

Seperti yang sudah tertulis pada ayat Alquran yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan ‘Tuhan kami adalah Allah, kemudian mereka meneguhkan pendiian mereka (istiqamah)’, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih.” (QS 41:30).

Pepatah berkata, Semakin tinggi pohon maka akan semakin kencang angin menerjang.

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (QS Al-Ankabut [29]: 2-3)

Agar dapat memotivasi kita semua untuk tetap istiqomah, berikut adalah kumpulan kata – kata mutiara dan bijak tentang istiqomah yang bisa dijadikan renungan dan dapat membantu dalam menjalankan kehidupan kita.

Kumpulan Kata-kata Istiqomah

Tidak selamanya yang buruk itu buruk, karena ada orang yang menjadi baik di akhir hayatnya, lalu masuk surga. Tidak selamanya pula yang baik itu baik, karena ada juga yang tiba-tiba di akhir hayatnya menjadi buruk, lalu masuk neraka. Semoga kita termasuk yang Istiqomah sampai akhir hayat.

Dibalik kata istiqomah ada perjuangan yang kuat, pengorbanan yang banyak, dan doa yang tidak pernah berhenti

Datangnya kematian tidak menunggu anda istiqomah. Namun, istiqomahlah sambil menunggu datangnya kematian.

Jalan Allah itu Panjang, akan tetapi Kita Menempuhnya layaknya Kura-Kura. dan tujuannya bukanlah dengan engkau sampai pada ujung jalannya, tetapi tujuannya ialah dengan engkau mati di atas jalan tersebut. -Syaikh al-Albaniy

Tetaplah istiqomah pasti akan indah pada waktunya.

Shalihah, selipkan doa untukku dan para muslimah pejuang tangguh, agar tetap istiqomah bersama-sama menggapai jannahNya.

Betapa banyak kegetiran dan kesulitan yang dialami, yang bisa memalingkan jalan ibadah. Kecuali untuk orang-orang yang bersabar dan selalu istiqomah. -erickyusuf

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, “Rabb kami ialah Allah” kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih dan bergembiralah kamu dengan (memproleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu” (QS Fushilat: 30)

Hijrah dulu, istqomah kemudian. Memang berat tapi coba saja dulu. Toh, nanti jika sudah merasakan pasti ketagihan.

Siapa pun kita di masa lalu bukan berarti kita tidak berhak menjadi muslim/muslimah yang lebih baik berhijrahlah, berubahlah, walau sejengkal demi sejengkal jangan tunggu hari esok.

Wahai diri, istiqomahlah. Biar pelan yang penting konstan. Biar sedikit, yang penting rutin. Kalau mulai lelah, ingatlah Allah. Ingat bagaimana awal mula ingin hijrah dulu.

Amalan yang bagaimanakah yang paling disukai Allah? Rasulullah menjawab, “Amalan yang dikerjalan secara tetap walaupun sedikit (HR. Muslim)

Istiqomah itu berat, yang ringan namanya istirahat.

Jangan puji aku sholeha cukup doakan istiqomah karena iman sifatnya naik turun begitu pula dengan hati mudah berbolak-balik. -yannie_gisselya

Teruslah berlari, teruslah berjalan, teruslah merangkak karena setiap usah kita Allah selalu melihatnya. -anna

Kita gagal mendidik diri istiqomah kerana terlalu banyak perkara yang telah menghitamkan hati. -santapanminda

Berbuat salah itu wajar, karena mereka yang tak pernah berbuat salah adalah mereka yang tak pernah mencoba sesutu yang baru.

Hidup adalah proses, hidup adalah belajar, tanpa ada batas umur, tanpa ada kata tua. Jatuh berdiri lagi, kalah mencobah lagi, gagal bangkit lagi. “Never give up and keep istiqomah” sampai Allah berkata “Waktunya pulang”.

Istiqomah itu sulit. Ikhlas itu berat. Kenapa? Karena balasannya surga, sebab itulah iman yang terbaik. -fiqihcinta

Hijrah karena Allah akan menumbuhkan rasa istiqomah perlahan-lahan.

Berubah itu sukar, tapi yang lebih sukar adalah beristiqomah dengan perubahan diri, hanya yang berkeazaman kukuh teguh meneruskan

Istqomah is not easy, but i will do my best, Insya Allah

Sahabat sholeh/sholehah adalah kunci istiqomah dalam hijrah -tausiyahcinta

Jangan kau gadaikan prinsipmu hanya demi lembaran rupiah. Karena auratmu adalah maruah. Ladang rezeki masih melimpah, penolakan atas pakainmu yang sesuai syariah adalah bagian dari cara Allah menguji niat istiqomah. -dakwahmuslimah

Jangan berputus asa tetap semangat walaupun semua memang berat, yakin atas apa yang kita kerjakan. Tetap berdoa dan berusaha. Semua kemudahan dari Allah datang berdasarkan keyakinan kita.

Biar rebah jangan berubah. Biar terbuang terus bejuang. Ujian adalah tarbiyah dari Allah ta’ala. Semakin dekat kepadaNya, semakin kuat ribut taufan melanda. Usah resah bila diuji pasti kebahagiaan bakal dimiliki karena janji Allah itu pasti.

Andai perjuangan ini mudah pasti ramai menyertainya. Andai perjuangan ini menjanjikan kesenangan, pasti ramai yang tertarik padanya. Tapi hakikat perjuangan bukan begitu. Turun naiknya, sedikit pedihnya, umpama kemanisan yang tak terhingga. Andai rebah, bangkit lagi semula. Andai terluka, ingatlah janjinya.

Ubah kata Lelah itu menjadi Lillah, agar menjadi lebih berkah karena Allah menyukai hambaNya yang pekerja keras namun tetap taat kepadaNya -fun_fress

Seseorang akan diuji terus menerus sehingga dia berjalan di muka bumi ini bersih dari dosa-dosanya (HR. Bukhari).

Cinta itu kaya ibadah di bulan ramadhan, bukan tentang siapa yang lebih banyak, siapa yang lebih dahulu tapi tentang siapa yang istiqomah hinga akhir -eskurrr

Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu dan di atas ketaatan kepada-Mu. (HR. Ahmad dan at Tirmidzi)

Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran. (HR. Ahmad)

Aku percaya, takdir Allah pastilah yang terbaik untukku, dan untukmu juga

Rugi sekali jika seorang pria melepas wanita yang cantik akhlaknya hanya demi mengejar wanita yang cantik wajahnya

Kamu tidak berhak mengeluarkan air mata untuk seseorang yang belum halam bagimu

Jangan menyerah saat do’a-do’amu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta

Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti

Jika sayang orang tua, taati Allah, maka orang tua kita akan disenangi Allah, disayang Allah, itulah sebenar-benar balasan kita pada orang tua

Kunci hidup bahagia adalah Jalani, Nikmati dan Syukuri

Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namu kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup

Awali hari dengan Bismilah, Optimis dan Tawakal, insyaallah harimu akan berkah

Maafkan aku andai apa yang aku tulis dan aku share tentang ilmu agama tidak sesuai dengan coberku dan kehidupanku yang asli

Balaslah keburukan dengan kebaikan

Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah walaupun sudah lelah

Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintai, agar sedihpun tidak berlebihan

Aku berhijab bukan karena pandai ilmu agama, tapi aku berhijab karena mentaati perintah Allah

Apapun profesimu syukuri nikmati dan jalankan tugasmu dengan ikhlas

Meminta maaf tak perlu menunggu momen lebara, meminta maaflah ketika berbuat salah

Jangan tunggu kaya untuk bersedekah, sebalikanya bersedekahlah untuk membuka pintu rezeki dan harta

Istiqomah itu sulit dan butuh perjuangan sehingga hanya orang-orang terpilih yang mampu Istiqomah

Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah di tengah godaan

Untuk sahabat , teruslah istiqomah dalam hijrah meskipun godaan datang sesulit apapun

Tak harus kamu yang sempurna, setidaknya kamu yang selalu berusaha istiqpmah di setiap waktu yang kamu punya. Karena kita akan berkerjasama membangun rumah di surga

Akhir Kata

Demikianlah postingan kali ini tentang kata-kata istiqomah dijalan Allah, semoga dapat memberikan manfaat untuk cinta dan kehidupan kita semua.

Nantikan artikel terbaru lainnya di Efyei dan Terima kasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *