Kahfi Talk less Do More

7 Cara Menghapus Semua Unggahan atau Postingan di FB

4 min read

Cara Menghapus Semua Postingan di FB

Pernah mengunggah status atau foto alay di Facebook? Cek cara menghapus semua unggahan atau postingan di FB berikut ini. Supaya nggak ada yang tahu, kalau Anda dulu pernah narsis.

Masa remaja merupakan masa pencarian jati diri. Jadi, bukan hal aneh jika orang di usia tersebut gemar mengekspresikan perasaan dan mencoba banyak hal. Salah satunya, menggunakan aplikasi Facebook untuk upload status lucu, sedih, dan puitis. Lalu, jika ingin menghapus bagaimana caranya?

Cara Menghapus Semua Postingan di FB atau Facebook

Hampir semua orang pernah menggunakan Facebook untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga hingga pacar. Di aplikasi buatan Meta Inc itu, Anda dapat melengkapi profil, mengirim dan membuat status. Sehingga, bisa dilihat banyak orang.

Di awal kemunculan, tak sedikit yang sering mengunggah status puitis bahkan cenderung alay. Tujuannya sebagai hiburan di kala senggang. Nah, biar nggak malu melihat postingan lama, ikuti langkah di bawah ini melansir dari Kumparan.

1. Unduh Aplikasi Facebook

Bagi sebagian kalangan, memiliki unggahan narsis dan alay di sosial media adalah aib yang harus ditutup rapat. Bahkan ada yang langsung melepas pemasangan aplikasi, tanpa menghapus jejak digital.

Padahal, jika uninstall postingan tetap ada dan bisa diakses oleh siapapun. Maka dari itu, jangan langsung buang aplikasi sebelum menghapus. Namun, jika sudah terlanjur Anda wajib mengunduh kembali.

2. Masukkan Nama Pengguna dan Sandi

Setelah terunduh, masukkan nama pengguna atau alamat email lengkap beserta sandi. Apabila berhasil, maka Anda bisa mengakses menu di dalam aplikasi.

3. Pilih Menu Log Aktivitas 

Pilih Menu Log Aktivitas

Menghapus unggahan di FB menggunakan Android, tinggal pilih menu profil. Kemudian tekan log aktivitas, lalu pilih foto yang ingin dibuang. Jika ingin menghapus semua, klik bagian postingan saya, pilih ‘semua’ hingga kotak centang berubah menjadi biru lalu hapus.

Bagaimana Cara Menghapus Unggahan di Facebook Lite

Facebook lite merupakan aplikasi FB dengan ukuran file minim. Anda dapat menghemat biaya internet saat menggunakan FB Lite. Tampilan aplikasi juga terlihat lebih simpel dan ringan.

Sementara untuk fitur, tak jauh berbeda dengan yang umum yaitu bisa unggah foto dan status. Nah, cara untuk menghapus unggahan di Facebook lite, sebagai berikut:

  1. Masuk ke akun Anda
  2. Pilih menu profil lalu klik pengaturan
  3. Tekan kelola postingan atau log aktivitas
  4. Klik unggahan yang ingin dibuang
  5. Hapus menggunakan icon sampah

Otomatis, semua unggahan akan berpindah ke bagian sampah. Anda dapat menghapus secara permanen dengan pergi ke menu ‘sampah’ lalu tekan semua postingan. Klik ikon tempat sampah di paling bawah.

Cara Menghapus Semua Status FB di PC

Ingin tahu, cara menghapus semua status di FB lewat laptop tanpa aplikasi? Keep scrolling artikel ini ya. Langkah utama menghilangkan riwayat status yaitu mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Pastikan memiliki laptop dan koneksi internet lancar agar lebih mudah.

1. Pastikan Aplikasi Sudah Terunduh

Bagi Anda yang sudah mengunduh aplikasi di laptop atau komputer, langkah berikutnya hanya perlu masuk ke akun. Namun, jika tidak memiliki aplikasi dapat mengakses melalui Google. Ketik Facebook lalu pilih situs paling atas klik login.

2. Lakukan Log In ke Akun Pribadi

Masukkan nama pengguna dan kata sandi dengan tepat. Berikutnya, klik ikon triangle terbalik di kanan. Pilih menu pengaturan dan privasi. Selanjutnya, pilih informasi Facebook, posisinya terletak di bagian kanan. Klik lihat log aktivitas.

Setelah itu, Anda dapat memilih ‘sampah’ di bagian kiri. Klik semua dan hapus. Otomatis postingan akan hilang dari log aktivitas.

Bagaimana Cara Menghapus Postingan di Grup Facebook untuk Iphone

Sistem operasi dan user interface Android dengan Iphone berbeda. Begitupula dengan tampilan Facebook. Jadi, tak heran kalau pengguna smartphone buatan Apple itu, bingung menghapus semua unggahan di aplikasi berlogo huruf F tersebut. Melansir dari Facebook, seperti ini langkah menghilangkan postingan di grup FB yang dikelola.

1. Ketuk Ikon Strip Tiga di Pojok Bawah

Hapus postingan hanya bisa dilakukan oleh admin. Jika Anda hanya peserta, maka tidak diizinkan mengubah atau menghilangkan unggahan sesuka hati. Mintalah untuk dijadikan admin kedua oleh pembuat grup FB.

Setelah itu, ketuk ikon strip tiga dan pilih grup yang akan dirapikan. Jika grup yang dipilih tidak tertampil, klik selengkapnya.

2. Filter Postingan yang Ingin Dibuang

Apabila grup sudah ada, filter postingan mana saja yang akan dibuang. Kemudian, klik icon triple dot di kanan. Pilih hapus. Nantinya, unggahan akan berpindah ke bagian tempat sampah.

3. Tambahkan Pesan Opsional

Sebagai pemegang akun grup, Anda memiliki hak untuk menjaga kenyamanan anggota. Apabila ada unggahan yang mengandung SARA atau bersifat vulgar maka sebaiknya segera hapus. Terlebih jika peserta grup sangat sensitif dengan isu tersebut.

Sebelum postingan terhapus, Anda bisa menambahkan pesan. Hal ini supaya anggota grup, mengetahui alasan mengapa unggahan dilarang dan dibuang ke tempat sampah.

Langkah Menghapus Postingan FB di Grup yang Dikelola

Facebook memiliki sejumlah fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan berkomunikasi via daring. Apabila Anda bergabung di sebuah grup, lalu ada unggahan yang bersifat menyinggung perasaan, bisa langsung dihapus. Caranya:

1. Klik Foto Profil di Bagian Atas

Klik Foto Profil di Bagian Atas

Setelah masuk ke bagian profil, Anda harus mengetuk ikon titik tiga, lalu pilih log aktivitas. Pilih menu filter untuk menyaring mana saja postingan atau komentar yang ingin dihapus. Pastikan telah memilih dengan tepat, agar tak salah membuang.

2. Scroll ke Bawah dan Pilih Grup 

Gulir ke bawah dan pilih grup, klik simpan perubahan. Berikutnya, klik menu di posisi kiri kemudian filter unggahan dan komentar yang ingin dihapus. Pilih titik tiga lagi, ketuk perintah hapus. Jika ingin membatalkan tanggapan, klik hapus suka.

Cara Menghapus Postingan yang Pernah Dibagikan di Grup

Selama bermain Facebook, tentu Anda pernah membagikan momen atau unggahan di grup. Misalnya, grup keluarga, teman atau pekerjaan. Kalau unggahan terasa garing atau menyinggung, maka sebaiknya hapus agar ketentraman grup tetap terjaga.

1. Masuk ke Akun dan Bagian Foto Profil

Masuk ke Akun dan Bagian Foto Profil

Langkah utama menghapus unggahan yaitu masuk ke akun. Caranya masih sama, ketikkan akun atau alamat emal serta sandi. Klik ikon masuk. Sesudah itu, ketuk foto profil.

Di sana Anda dapat melakukan pengaturan tampilan profil hingga mengelola aktivitas akun. Sehingga, lebih terstruktur dan menarik dilihat pengguna lain.

2. Klik Titik Tiga

Nantinya akan ada ikon titik tiga, jangan lupa klik. Kemudian pilih log aktivitas, scroll ke bawah ketuk bagian aktivitas anggota. Berikutnya hanya perlu simpan perubahan.

3. Lakukan Filtering

Jika Anda pengguna Facebook yang aktif, biasanya jumlah unggahan cukup banyak. Oleh karena itu, langkah selanjutnya melakukan filtering.

Hal ini untuk menentukan, unggahan mana saja yang masih layak ditampilkan di FB dan sebaiknya dibuang. Klik menu di bagian kiri, scroll ke grup yang ingin dihapus dari konten. Ketuk titik tiga dan hapus.

4. Konfirmasi Tindakan 

Konfirmasi Tindakan
Wikihow

Unggahan yang dipilih tidak langsung terhapus, Anda akan diminta mengkonfirmasi tindakan. Jika sudah yakin, tinggal klik ok atau buang.

Menghapus Postingan Milik Orang Lain

Pernahkah Anda mendapati ada unggahan orang lain, di dalam log aktivitas? Biasanya tag ditambahkan di foto atau komentar. Solusi untuk menghilang unggahan orang lain, yaitu dengan cara berikut ini.

1. Ketuk Titik Tiga di Bagian Profil

Masuk ke Facebook dan langsung menuju ke bagian profil. Ketuk tiga titik di sisi kanan. Kemudian pilih log aktivitas. Nantinya terdapat banyak pilihan, pengguna dapat melihat aktivitas di pribadi, grup, atau ketika orang lain menandai akun Anda.

2. Klik Menu dengan Ikon Tag

Klik Menu dengan Ikon Tag

Menu dengan ikon tag berisi postingan, komentar, dan foto yang menandai Anda. Ada dua pilihan yang dapat diklik yaitu postingan dan komentar yang menandai atau foto yang menandai. Silakan pilih mana yang ingin dihapus.

Misalnya, Anda ingin menghilangkan tag dari orang lain pilih menu pertama. Ketuk kotak centang hingga berubah jadi biru. Pilih hapus tanda.

Cara ini juga berlaku untuk menghapus foto yang menandai akun Anda. Klik pilihan kedua, centang kotak atau langsung ketuk filter semua. Kini, semua posting-an orang lain sudah terhapus.

Itulah deretan cara menghapus semua postingan di FB, dapat Anda coba. Kini, unggahan lama tetap jadi rahasia diri sendiri. Jika ingin tahu cara menghapus akun Facebook lite, bisa klik di sini.

Kahfi Talk less Do More