Kahfi Talk less Do More

Cara Mudah Reset Password Spotify Apabila Di Bajak & Lupa Password

3 min read

Reset Password Spotify

Salah satu aplikasi streaming musik yang sangat populer saat ini, yaitu Spotify. Spotify menjadi salah satu platform streaming unggulan yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Untuk dapat mendengarkan lagu serta podcast melalui Spotify, Anda hanya perlu membuat akunnya saja. Untuk melakukan pendaftaran akun serta melakukan berbagai pengaturan lainnya di Spotify juga sangat mudah dilakukan. Bahkan, untuk melakukan reset password Spotify pun bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Melakukan reset password akun Spotify bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk mengetahui berbagai pengaturan mengenai password spotify, berikut adalah panduan lengkapnya yang bisa Anda simak!

BACA JUGA: Cara Ganti Password Instagram dan Mengatasi Lupa Password

Cara Reset Password Spotify

Melakukan reset password dari akun aplikasi streaming Spotify telah terbukti mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah panduan lengkapnya untuk Anda!

1.  Login di situs Spotify di alamat URL https://accounts.spotify.com/en/login melalui browser Anda. Anda bisa membuka situs tersebut melalui berbagai perangkat, misalnya saja ponsel ataupun komputer.

Login di situs Spotify
Leskompi.com

2. Masukkan alamat e-mail ataupun nama pengguna serta password akun Anda pada kolom yang muncul di layar

3. Klik Masuk untuk melanjutkan proses login

4. Masuk ke halaman dashboard pengguna, lalu klik ikon “Settings” yang terletak di bagian kanan atas halaman website Spotify

halaman website Spotify
Leskompi.com

5. Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada beberapa opsi, pilih dan klik opsi “Lihat Akun” dan Anda akan diarahkan ke tab baru yang berasal dari akun Spotify terkait. Di tab baru tersebut, Anda bisa melakukan berbagai pengaturan yang bisa digunakan untuk mengubah informasi mengenai profil Spotify Anda

klik opsi Lihat Akun
Leskompi.com

6. Apabila halaman Akun telah terbuka secara sempurna, yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menuju kolom Tinjauan Akun dengan cara meng-klik pada kolom tersebut

7. Dalam kolom Tinjauan Akun tersebut, Anda akan dihadapkan dengan berbagai opsi terkait pengaturan akun. Diantara banyaknya pilihan tersebut, kliik pada opsi “Ubah Kata Sandi”

Ubah Kata Sandi

8. Kemudian, masukkan password akun Spotify yang saat ini tengah digunakan ke kolom “Sandi saat ini”

9. Setelah itu, masukkan password baru yang ingin digunakan sebagai password pengganti Spotify ke kolom “Kata Sandi Baru” dan kolom “Ulangi Kata Sandi Baru”

Ulangi Kata Sandi Baru

10. Apabila semua kolom telah terisi, berikutnya adalah klik tombol “Atur Kata Sandi Baru”

11. Tunggu beberapa saat hingga proses penggantian password berhasil dilakukan. Apabila proses penggantian berjalan dengan lancar, maka akan muncul label notifikasi dengan highlight berwarna hijau di bagian atas halaman situs yang menampilkan keterangan “kata sandi diperbarui”

kata sandi diperbarui
Leskompi.com

12. Selesai, proses reset password Spotify berhasil dilakukan

Cara Reset Password Spotify Apabila Lupa

Cara Reset Password Spotify

Bagi Anda yang ingin mereset password akun Spotify akibat lupa, maka terdapat pula cara mudah yang bisa dilakukan. Spotify menyediakan fitur khusus untuk mereset password yang lupa tersebut sehingga Anda tetap bisa login ke akun yang dimiliki. Untuk mengetahui cara-cara tersebut, berikut ini adalah panduannya yang bisa Anda simak.

  1. Buka browser yang biasa Anda gunakan yang terinstall di perangkat komputer maupun ponsel Anda
  2. Kunjungi halaman reset kata sandi di website Spotify melalui link https://www.spotify.com/id/password-reset/
  3. Ketikkan alamat email ataupun nama pengguna akun Spotify yang lupa sandi ke dalam kolom yang telah disediakan
  4. Centang pada kotak kecil di bagian verifikasi Captcha
  5. Klik tombol Kirim dan kemudian akan muncul kotak notifikasi yang menyebutkan bahwa pesan berisi petunjuk untuk reset password Spotify telah dikirimkan ke alamat email Anda
  6. Kunjungi situs email Anda di https://mail.google.com apabila menggunakan email Google
  7. Buka pesan masuk dari Spotify. Apabila belum ada pesan masuk dari Spotify, maka Anda harus menunggunya terlebih dahulu sembari me-refresh halaman secara teratur
  8. Setelah berhasil membuka email dari Spotify, kemudian klik menu “Atur ulang kata sandi” yang berada di bagian akhir email tersebut.
  9. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan reset password. Di dalam halaman tersebut Anda bisa menemukan panduan untuk mereset password akun Spotify yang lupa sandi. Oleh karena itu, bacalah seluruh petunjuknya dengan seksama
  10. Masukkan password baru di kolom Kata Sandi Baru yang telah tersedia di halaman website
  11. Tulis ulang password baru tersebut di kolom Ulangi Kata Sandi Baru
  12. Centang bagian Captcha untuk verifikasi
  13. Setelah itu, klik Kirim untuk menyelesaikan proses reset password Spotify
  14. Tunggu beberapa saat hingga di halaman Anda muncul informasi yang berisi bahwa password Spotify Anda telah berhasil diperbarui
  15. Selesai, password Spotify Anda telah berhasil direset

Cara Mengatasi Akun Spotify Dibajak

Cara Mengatasi Akun Spotify Dibajak

Salah satu permasalahan yang cukup sering ditemukan dalam penggunaan Spotify adalah adanya pembajakan atau peraturan. Apabila akun Spotify yang Anda miliki tiba-tiba tidak bisa login dengan ditandai gantinya password ataupun email, maka bisa dikatakan bahwa akun Anda sedang dibajak.

Apabila Anda menemukan kasus tersebut dalam akun Spotify yang Anda miliki, maka berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan tersebut secara aman.

  1. Buka browser yang biasa Anda gunakan melalui komputer ataupun ponsek
  2. Buka situs Spotify, tepatnya halaman laporan melalui link https://support.spotify.com/id/contact-spotify-anonymous/
  3. Setelah itu, klik menu Masuk sehingga Anda bisa dibawa ke halaman untuk login. Menu tersebut bisa ditemukan di sebelah pojok kanan atas halaman
  4. Setelah halaman Login terbuka, kemudian klik “Aku tidak bisa masuk ke Spotify” sehingga Anda diarahkan ke halaman baru
  5. Kemudian klik “Aku masih perlu bantuan”
  6. Di halaman ini, Anda harus memasukkan berbagai informasi terkait akun Spotify yang akan digunakan untuk memulihkan akun dari tindak pembajakan. Informasi yang diperlukan dalam langkah ini, yaitu nama, email, serta keluhan mengenai tidak bisa login akibat adanya penggantian password.
  7. Untuk mengirimkan keseluruhan informasi di atas, klik “Kirim”
  8. Tunggu beberapa saat hingga pihak Spotify menghubungi Anda melalui email. Di dalam pesan yang dikirimkan Spotify melalui email tersebut, Anda akan diminta untuk mengirimkan berbagai bukti kepemilikan akun. Anda akan diminta untuk melakukan screenshot informasi pembayaran Spotify yang telah dilakukan.
  9. Balaslah email Spotify tersebut dengan melampirkan berbagai berkas yang dibutuhkan
  10. Apabila berkas yang Anda kirimkan sesuai dengan apa yang diminta oleh pihak Spotify, maka akun Spotify tersebut akan segera kembali ke Anda. Bahkan, pemrosesan pengembalian akun tersebut hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Demikian informasi mengenai berbagai pengaturan untuk melakukan reset password Spotify. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait reset password pada aplikasi Spotify.Dengan mengetahui berbagai informasi di atas, tentunya Anda bisa menjadi lebih tenang ketika terjadi masalah terkait keamanan akun Spotify Anda.

Kahfi Talk less Do More