Kahfi Talk less Do More

SHC Astra Honda Motor: Pengertian dan Cara Pakainya

3 min read

SHC Astra Honda Motor

Mungkin ada yang masih bertanya-tanya apa itu SHC Astra Honda Motor dan bagaimana cara untuk bisa menggunakannya. Seperti namanya ini merupakan salah satu hal yang dibuat oleh merek motor Honda.

Siapa yang tidak tahu salah satu brand motor ternama di Indonesia yaitu Honda yang sangat populer dalam bidang otomotifnya. Produk dari Honda bukan hanya dikenal di Indonesia tapi juga banyak dikenal atau populer di masyarakat dunia.

Perusahaan Honda atau PT Astra Honda Motor mempunyai ribuan pekerja atau karyawan yang termasuk dalam aset penting di dalam perusahaan tersebut. Inilah yang mendasari dibuatnya aplikasi SHC atau Self Health Check yang diperuntukkan untuk karyawan.

SHC Astra Honda Motor

SHC Astra Honda Motor

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya SHC adalah singkatan dari self health check yang merupakan sebuah aplikasi monitoring untuk mengecek kesehatan karyawan. Aplikasi ini dibuat khusus untuk seluruh karyawan PT Astra Honda Motor.

Di dalam aplikasi tersebut biasanya akan ditampilkan beberapa kuesioner yang harus diisi terlebih dahulu oleh para karyawan sebelum memasuki pabrik. Kemudian aplikasi akan melakukan pemeriksaan dan memberikan hasil.

Hasil dari pemeriksaan dalam aplikasi akan menjadi bahan pengambil keputusan dan pertimbangan untuk karyawan bisa diizinkan untuk bekerja atau tidak. Ini disesuaikan dengan standar kesehatan yang ada pada PT Astra Honda Motor.

Maka dari itu aplikasi SHC Astra ini juga seringkali digunakan sebagai filter bagi pelaku bisnis untuk meningkatkan produktivitas. Karena dengan menggunakan aplikasi bisa diketahui karyawan yang mempunyai masalah tertentu seperti kelelahan atau kondisi lainnya.

Penurunan daya tahan tubuh dan kelelahan menjadi penyebab utama dari menurunnya produktivitas kerja bagi seorang karyawan. Jika terjadi demikian kemungkinan proses produksi atau produktivitas produksi juga akan terganggu.

Apalagi jika seorang karyawan memiliki kondisi penyakit menular yang kemudian dikhawatirkan akan menularkan penyakit kepada karyawan lain. Penularan tersebut pastinya akan sangat mengganggu produktivitas secara langsung dan signifikan dalam berbagai faktor.

Karena hal tersebut pemantauan kesehatan pada karyawan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dan menjadi fokus dari PT Astra Honda motor. SHC Astra ini juga memiliki tujuan untuk menghindari terjadinya penyakit menular yang berkembang di pabrik.

Aplikasi ini juga menjadi aplikasi yang sangat bermanfaat ketika memuncaknya pandemi di mana covid-19 merupakan penyakit yang sangat menular. Perusahaan bisa dengan mudah mengetahui karyawan mana yang sedang mengalami gejala covid-19.

Selain itu aplikasi SHC juga bisa digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan karyawan dengan jujur. Hal ini bisa menghindari adanya karyawan yang melakukan absen secara sengaja padahal kondisi kesehatannya sedang baik-baik saja.

Cara Menggunakan SHC Astra Honda Motor

Untuk menggunakan aplikasi SHC tersebut Anda bisa mengunjungi website melalui shc.astra-honda.com. Dengan mengakses website tersebut anda tidak perlu menginstal aplikasi terlebih dahulu karena ini merupakan aplikasi berbasis web.

Kemudian Anda harus melakukan login menggunakan akun yang diberikan oleh manajemen perusahaan setelah daftar B2E dalam aplikasi SHC dan AHM mobile. Apabila anda bukan karyawan dari perusahaan PT Astra Honda motor maka tidak bisa mengakses aplikasi.

Untuk bisa mengakses website dari SHC Astra Honda motor Anda juga membutuhkan internet dan melakukan login dengan mengisi username serta password akun karyawan. Jika login sudah berhasil menggunakan username dan password akan ada formulir online.

Semua karyawan akan memasukkan data-data sesuai dengan kondisi yang dirasakan dengan mengisi formulir online tersebut. Kemudian tak butuh waktu lama informasi kesehatan karyawan yang sudah mengisi formulir akan ditampilkan pada halaman hasil.

Hasil informasi kesehatan tersebut didapatkan setelah melalui perhitungan yang diprogram dalam aplikasi dengan menggunakan parameter medis. Aplikasi SHC ini juga termasuk dalam B2E dalam PT Astra Honda Motor atau sering disingkat AHM.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut perusahaan bisa menjaga produktivitas dan memastikan semua karyawan bekerja dengan baik. Aplikasi SHC astra juga masih dalam satu portal AHM dan bisa menggunakan AHM login akun yang sama.

SHC Astra Honda Sebagai Bentuk Kepedulian Perusahaan

PT Astra Honda Motor sendiri merupakan brand yang telah mengeluarkan sepeda motor Honda. Ini merupakan perusahaan semacam manufaktur yang juga bertugas sebagai distributor produk dengan memiliki jumlah konsumen yang terbesar di Indonesia.

Perusahaan PT Astra Honda motor juga sudah membuka lapangan kerja untuk sekitar 20.000 orang dan semua dipantau kesehatannya menggunakan aplikasi SHC dari AHM. Perusahaan tersebut memandang sangat penting untuk membuat aplikasi kesehatan untuk karyawan.

Dengan menggunakan aplikasi SHC Astra digital manajemen pantauan kesehatan karyawan bisa lebih mudah untuk dilakukan. Aplikasi ini juga bisa menjadi acuan yang memudahkan dalam mengetahui karyawan yang mempunyai masalah kesehatan tertentu.

Selain itu penerapan aplikasi Self health check juga penting bagi karyawan termasuk B2E astra untuk memberikan rasa aman serta kenyamanan ketika bekerja. Karena aplikasi ini akan memastikan bahwa setiap karyawan memang memiliki kemampuan untuk bisa bekerja.

Tidak akan ada diskriminasi bagi pekerja yang sedang tidak sehat dan kemudian dipaksa untuk terus bekerja. Karyawan juga tidak bisa memberikan data palsu mengenai status kesehatannya karena semua sudah tersedia dalam databasenya aplikasi.

Database yang sudah terkumpul di dalam aplikasi dan portal astra juga akan menjadi sumber informasi penting untuk perusahaan mengelola absensi karyawan. Sehingga aplikasi ini bisa juga bermanfaat bukan hanya sebagai alat cek kesehatan tapi juga sebagai absensi.

Sebagai perusahaan otomotif dengan pengguna produk motor terbesar di Indonesia tentunya sangat penting bagi PT Astra Honda motor untuk selalu menjaga kualitas produknya. Maka dari itu produktivitas karyawan menjadi fokus utama yang harus diperhatikan.

PT Astra Honda motor sendiri mempunyai visi menjadi leader dalam segmen kendaraan roda dua di Indonesia yang memiliki dampak kepada dunia. PT Astra Honda motor juga selalu berusaha untuk memberikan solusi mobilitas terbaik untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Hal tersebut dibuktikan dengan produksi sepeda motor dari Honda yang selalu bisa menjawab kebutuhan zaman dan banyak diminati oleh masyarakat. PT Astra Honda motor juga selalu memberikan komitmen untuk mewujudkan impian dari pengguna produknya.

Seperti slogan dari Honda yaitu satu hati yang mencerminkan dan memberikan gambaran komprehensif mengenai hubungan antara kendaraan dengan pengemudinya. Artinya sebuah kendaraan bisa digunakan sebagai alat untuk mewujudkan impian seseorang.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai aplikasi SHC yang hanya bisa digunakan oleh karyawan PT Astra Honda motor. Bagi Anda yang ingin memiliki aplikasi bisa juga menggunakan aplikasi lain yang sudah bisa digunakan secara umum.

Aplikasi self health check yang bisa digunakan secara umum sudah banyak tersedia dan bisa diintegrasikan dengan ponsel Android. Walaupun mungkin isinya akan berbeda dengan aplikasi SHC Astra Honda yang dibuat oleh PT Astra Honda motor. Semoga bermanfaat!

Kahfi Talk less Do More