Kahfi Talk less Do More

Wajib Tahu Ukuran Kertas A4 dan Manfaatnya

5 min read

Ukuran Kertas A4

Apakah Anda sedang membutuhkan kertas A4? Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran kertas A4 dan manfaatnya. Hal ini penting untuk diketahui supaya Anda bisa memilih kualitas kertas A4 terbaik.

Mengenal Kertas A4

Anda tidak akan asing lagi dengan kertas A4 karena jenis kertas ini banyak digunakan. Tetapi, penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu kertas A4? Supaya Anda bisa menggunakan kertas A4 secara maksimal.

Kertas A4 adalah jenis kertas HVS yang memiliki dimensi 21 x 29.7 cm. Anda bisa dengan mudah menemukan jenis kertas ini di wilayah perkantoran atau tempat fotocopy. Jenis kertas ini sangat populer dan banyak digunakan.

Bahkan, kertas A4 banyak digunakan untuk pembuatan karya tulis akhir mahasiswa. Sehingga bisa dibayangkan penggunaannya sangat sering dan banyak. Sehingga tidak akan sulit bagi Anda untuk menemukan jenis kertas ini.

Mengenal Ukuran Kertas A4 Secara Detail

Ukuran Kertas A4

Jika Anda ingin membeli kertas A4, maka Anda perlu mengetahui ukuran A4 dalam berbagai satuan. Hal ini penting, supaya Anda tidak keliru dalam menentukan pilihan kertas A4 yang tepat. Beberapa ukuran dari kertas A4 yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

1. Inci

Salah satu satuan ukuran kertas adalah inci. Satuan inci populer digunakan di Amerika Serikat dan digunakan secara internasional. Meskipun satuan ukuran ini jarang digunakan di Indonesia, namun Anda perlu mengetahuinya dengan baik.

Anda perlu mengetahui ukuran kertas A4 dalam inci yaitu 8,27×11.69 in. Ukuran tersebut sesuai dengan ukuran kertas A4 yang banyak digunakan di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu kebingungan jika ditanya satuan inci dari kertas A4.

2. Cm

Satuan ukuran yang banyak digunakan di Indonesia adalah cm. Satuan centimeter ini sangat populer digunakan untuk mengukur satuan tertentu. Anda juga bisa menggunakan satuan ini untuk mengatur ukuran kertas pada word.

Perlu diketahui ukuran kertas A4 dalam cm adalah 21 x 29,7 cm. Anda juga bisa menggunakan ukuran ini untuk memilih jenis kertas di Word Anda. Sehingga Anda tidak akan kebingungan dalam menentukan ukuran kertas A4 yang sesuai.

Trending:  Ukuran Kertas F4 di Excel Beserta Cara Pengaturannya

3. Mm

Salah satu satuan ukur lainnya yang banyak digunakan adalah mm. Satuan ukur ini banyak digunakan di Indonesia. Sehingga satuan ukur mm juga bisa digunakan untuk mengetahui ukuran dari kertas A4.

Adapun ukuran kertas A4 dalam mm adalah 210 x 297 mm. Anda bisa menggunakan ukuran ini untuk menentukan ukuran kertas yang tepat. Jadi, Anda tidak perlu kebingungan jika harus membeli kertas A4 dengan ukuran mm.

4. Pixel

Jika Anda harus mengedit foto dengan kertas A4, maka Anda harus mengetahui ukuran HVS A4 dalam bentuk pixel. Anda memerlukan pengetahuan ini untuk mengatur ukuran kertas saat mengedit foto di Photoshop dan CorelDraw.

Adapun ukuran kertas A4 dalam pixel adalah 2480 x 3508 px dengan resolusi 300 dpi. Sekarang Anda bisa mengatur ukuran foto yang sesuai dengan kertas A4. Pastikan Anda tidak salah menentukan ukuran sebelum mencetak foto.

Manfaat Kertas A4 yang Perlu Anda Ketahui

Setelah mengetahui ukuran kertas A4 secara detail, kita akan membahas mengenai manfaat dari kertas A4. Kertas ini memiliki berbagai manfaat yang bisa digunakan untuk kebutuhan Anda, sebagai berikut:

1. Sebagai Media Cetak

Manfaat pertama yang perlu Anda ketahui adalah kertas A4 dapat digunakan sebagai media cetak. Anda bisa menggunakan kertas A4 untuk berbagai keperluan mencetak. Misalnya untuk keperluan mencetak tugas akhir, mencetak tugas harian, dan sebagainya.

Bahkan kertas A4 70 Gram banyak digunakan di perkantoran. Biasanya digunakan untuk mencetak laporan, mencetak perencanaan perusahaan, mencetak proposal, dan sebagainya. Sehingga kertas A4 memiliki manfaat yang sangat penting untuk keperluan di kantor.

2. Media Menggambar

Jika Anda memiliki hobi menggambar, maka produk kertas A4 bisa dijadikan pilihan terbaik. Anda bisa menggunakan kertas A4 sebagai media gambar. Hal ini akan memudahkan Anda dalam membuat gambar yang tidak terlalu besar.

Ukuran kertas A4 sangat cocok untuk digunakan sebagai media menggambar sketsa. Anda bisa menggambar dengan mudah sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan, anak-anak juga bisa menggunakan kertas A4 untuk menggambar karena ukurannya pas.

3. Mencetak Selebaran

Kertas A4 sangat cocok untuk membuat selebaran yang akan ditempel atau dibagikan di jalan. Ukuran kertas A4 yang tidak terlalu besar dapat dijadikan media untuk mencetak selebaran dengan mudah.

Anda bisa membuat poster untuk berbagai keperluan dengan menggunakan kertas A4. Hal ini akan memudahkan Anda menuangkan ide poster dan selebaran dengan media yang pas. Selain itu, Anda juga bisa menempelkannya dengan mudah karena ukurannya tidak besar.

Keunggulan Kertas A4 yang Perlu Anda Ketahui

Penggunaan kertas A4 yang memang sangat populer dapat menunjukkan bahwa kertas A4 memiliki berbagai keunggulan. Keunggulan kertas A4 yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut:

Trending:  [Terbaru 2021] Kumpulan Serial Number IDM

1. Memiliki Banyak Jenis

Kertas A4 memiliki banyak jenis yang bisa digunakan sesuai dengan keperluan Anda. Terdapat jenis HVS, Ivory, Buffalo, Paper, dan lainnya. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis kertas A4 HVS yang paling sering digunakan. Anda bisa menggunakannya untuk mencetak berbagai tugas sekolah, kuliah, dan kantor. Ukuran kertas A3 juga memiliki jenis yang sama, namun kertas A4 lebih banyak digunakan karena presisinya tepat.

2. Bisa Digunakan Untuk Berbagai Kebutuhan

Anda bisa menggunakan kertas A4 untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa menggunakannya untuk mencetak, fotocopy, menggambar, dan keperluan lainnya. Bahkan, Anda bisa menggunakan kertas A4 untuk menulis langsung dengan tinta.

Tampilan kertas yang bersih dan ringan membuat kertas A4 menjadi primadona. Anda bisa memberikan hasil cetakan terbaik dengan menggunakan setting ukuran A4 di PC. Hal ini penting supaya data yang dicetak sesuai dengan kertas yang digunakan.

3. Harga Terjangkau

Selain memiliki kualitas terbaik, kertas A4 juga memiliki harga terbaik. Kertas A4 memiliki harga yang merakyat, sehingga banyak digunakan. Hal ini sangat menguntungkan karena Anda bisa mendapatkan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau.

Harga kertas A4 dapat disesuaikan dengan beratnya. Anda bisa membeli kertas A4 per rim dengan harga sekitar Rp 40.000 dengan berat 70 gr. Sehingga Anda bisa memilih kertas A4 yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan harga yang murah.

4. Ringan

Kertas A4 tergolong jenis kertas yang ringan. Terdapat berbagai jenis kertas berdasarkan berat kertas A4. Anda bisa menggunakan kertas A4 dengan berat 70 gr dan 75 gr. Silakan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan mencetak Anda.

Pastikan Anda memilih yang terbaik supaya Anda bisa mendapatkan hasil cetak yang terbaik. Kertas A4 tidak akan membuat Anda membawa beban berat. Asalkan, Anda tidak membawa 10 rim kertas sekaligus.

Cara Memilih Kertas A4 Kualitas Terbaik

Sekarang, kita akan membahas mengenai cara memilih kertas A4 dengan kualitas terbaik. Pastikan Anda memilih yang terbaik untuk mencetak tugas Anda. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih kertas A4, sebagai berikut:

1. Bersih

Pastikan Anda memilih kertas A4 yang bersih. Dalam artian tidak ada noda kusam pada kertas tersebut. Kebersihan kertas akan berpengaruh pada hasil cetakan Anda. Sehingga penting bagi Anda untuk memastikan bahwa kertas tersebut bersih.

Jika Anda membeli kertas A4 pastikan bahwa kondisi kemasannya masih rapi dan tidak terbuka. Hal ini akan membantu Anda untuk menemukan kertas A4 yang bersih. Pastikan Anda teliti sebelum membeli kertas.

2. Ukuran yang Tepat

Hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih kertas A4 adalah ukurannya. Pastikan bahwa kertas yang Anda gunakan sudah sesuai dengan ukuran A4 yang tepat. Jika Anda ingin mencetak di Word pastikan untuk mengatur ukuran kertas A4 word.

Trending:  [Terbaru 2021] Kumpulan Serial Number IDM

Sebelum mencetak, pastikan Anda sudah mengatur margin kertas di word. Pastikan Anda mengetahui cara membuat margin 4 3 3 3. Biasanya ukuran ini banyak digunakan untuk ukuran margin tugas akhir.

3. Sesuai Kebutuhan

Anda perlu memilih jenis kertas A4 sesuai dengan kebutuhan Anda. Meskipun ukurannya ama, tetapi jenis kertas berbeda-beda. Jadi pastikan Anda memilih jenis kertas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika untuk mencetak, Anda bisa menggunakan kertas HVS. Pastikan Anda memperhatikan posisi cetak yang tepat. Misalnya Anda ingin mencetak dengan posisi landscape, maka pilih ukuran kertas A4 landscape.

4. Tidak Mudah Rusak

Kertas memang mudah sobek, tetapi Anda perlu memastikan bahwa kertas yang Anda gunakan aman. Pastikan bahwa kertas HVS A4 Anda tidak mudah rusak. Hal ini penting supaya data-data yang Anda cetak tetap aman.

Pastikan Anda mengatur margin ukuran kertas A4 dengan benar. Hal ini juga bisa membantu mencegah kerusakan pada data yang Anda cetak. Margin akan membantu Anda mengamankan data jika kertas tersebut digigit tikus di pinggirnya.

5. Pilih Merek Kertas A4 Terbaik

Terdapat berbagai perusahaan yang memproduksi kertas A4. Selain memastikan ukuran yang tepat, pastikan Anda memilih merek kertas terbaik. Dalam artian, merek tersebut sudah terbukti memiliki kualitas terbaik.

Jangan ragu untuk melakukan riset sebelum memilih kertas. Anda bisa mendapatkan rekomendasi kertas terbaik yang bisa Anda gunakan. Pastikan Anda memilih kertas A4 dengan kualitas terbaik.

Cara Mengatur Margin A4 di Word

Mengatur margin menjadi hal yang penting untuk diketahui. Hal ini dapat membantu Anda mencegah kerusakan data yang dicetak pada kertas A4 Anda. Jika Anda ingin mengatur margin pada Word, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah, sebagai berikut:

  1. Silakan untuk memilih menu Layout pada Microsoft Word Anda.
  2. Jika sudah, silakan pilih opsi Margin.
  3. Selanjutnya, pilih margin yang akan Anda gunakan.
  4. Silakan untuk memilih opsi Custom Margin untuk mengatur margin yang sesuai.
  5. Jika sudah, Anda sudah berhasil mengatur margin Anda.

Cara di atas dapat Anda gunakan untuk mengatur margin kertas di word. Jangan lupa untuk memilih opsi Size untuk mengatur sesuai ukuran kertas tersebut.

Kesimpulan

Jadi menurut Standar International Organization For Standardization (ISO) Ukuran kertas A4 adalah 8.27 x 11.69 inch, 21 x 29.7 cm, 210 x 297 mm, 2480 x 3508 px.

Demikianlah pembahasan mengenai ukuran kertas A4 dan manfaatnya. Semoga bisa bermanfaat untuk memilih kertas A4 terbaik.

Kahfi Talk less Do More

Ukuran Kertas F4 di Excel Beserta Cara Pengaturannya

Pembuatan dokumen menggunakan Microsoft Office harus memperhatikan ukuran kertas yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Ukuran kertas F4 di Excel juga bisa Anda gunakan dengan...
Kahfi
5 min read