Kahfi Talk less Do More

Ukuran Kertas F4 di Excel Beserta Cara Pengaturannya

5 min read

ukuran kertas F4 di excel

Pembuatan dokumen menggunakan Microsoft Office harus memperhatikan ukuran kertas yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Ukuran kertas F4 di Excel juga bisa Anda gunakan dengan pengaturan size page agar bisa disesuaikan dengan ukurannya.

Setiap jenis kertas memiliki ukuran yang berbeda-beda, baik itu F4, A4, A3, A2 dan lain sebagainya. Ukuran panjang dan lebar yang berbeda membuat Anda bisa memilih ukuran kertas mana yang sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa dilakukan setting.

Satuan Kertas Ukuran F4

Pengaturan kertas F4 terkadang tidak masuk ke dalam pengaturan di komputer atau laptop sehingga Anda harus melakukan pengaturan secara manual dan custom. Itulah mengapa penting untuk memahami satuan dari ukuran kertas F4 di Excel 2013 ini.

Jika Anda membutuhkan kertas F4 dalam dokumen Excel, maka dibutuhkan pengaturan khusus. Namun, Anda tidak perlu bingung karena ukuran kertas F4 sama di berbagai daerah karena sudah sesuai standar berdasarkan ISO.

Sebenarnya, satuan apapun yang digunakan bisa disesuaikan sendiri karena Ms. Excel akan menyesuaikannya. Meski begitu, satuan yang paling sering digunakan dalam pengaturan kertas F4 adalah dalam satuan milimeter (mm).

Satuan mm ini lebih sering digunakan untuk Ms. Excel 2016, berbeda dengan aplikasi word yang lebih sering menggunakan satuan centimeter (cm) atau inci. Satuan ini sebenarnya bukan patokan yang harus digunakan karena pada akhirnya sama saja.

Misalnya, lebar kertas F4 33cm, maka Anda bisa menggunakan satuan mm tapi harus mengubah angkanya menjadi 330mm. Oleh karena itu, perbedaan satuan yang digunakan juga harus disesuaikan dengan angka dari ukuran kertas F4.

Untuk memahami lebih jelas tentang satuan beserta ukuran F4 di Excel, maka simaklah ulasan ketiga satuan ukuran kertas F4 yang paling sering digunakan berikut ini.

1. Millimeter (mm)

Ukuran kertas F4 dalam satuan mm atau milimeter memang paling sering digunakan, khususnya dalam aplikasi Excel 2007. Jadi, bagi Anda yang menggunakan Excel, ada baiknya menggunakan satuan ukuran kertas F4 ini.

Untuk pengaturan ukuran kertas F4 di excel dalam satuan milimeter (mm), Anda bisa menggunakan ukuran panjang kertas 215 mm dan lebar kertas 330mm.

2. Centimeter (cm)

Ukuran kertas F4 lainnya yang tak kalah sering digunakan dalam Ms. Excel 2019 maupun Word adalah cm atau centimeter. Pengaturannya pun tidaklah sulit karena Anda tinggal menuliskan ukuran panjang kertas 21.5cm dan lebar kertas 33cm.

Trending:  [Terbaru 2021] Kumpulan Serial Number IDM

3. Inchi

Selain kedua satuan di atas, Anda juga bisa menggunakan satuan Inchi tapi dengan angka yang berbeda, baik panjang dan lebar kertas. Untuk mengaturnya dalam inci, Anda bisa menuliskan panjang keras 8.74inci dan lebar kertas 12.99inchi.

Cara Membuat Ukuran Kertas F4 di Excel 2013 dan Word

1. Mengatur Kertas F4 di Ms. Word

Meski dalam artikel ini kita membahas cara mengatur kertas f4 di Excel, tapi tidak ada salahnya mengetahui bagaimana cara mengatur kertas F4 di Ms. Word. Sebagian besar dari Anda pasti pernah atau bahkan sering menggunakan Ms. Word.

Penggunaan size kertas pada Ms. Word juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, ada yang lebar, sempit, kecil dan lain sebagainya. Jika Anda ingin menggunakan kertas F4 dalam pembuatan dokumen maka simaklah cara membuat ukuran kertas berikut ini.

  • Masuk ke aplikasi Ms. Word lalu pilih “Page Layout”. Setelah itu akan ditampilkan beberapa pilihan ukuran kertas dan pengaturan lainnya.
  • Selanjutnya, pilih “Size” untuk menentukan ukuran kertas yang akan Anda gunakan dalam dokumen kali ini. Untuk mengatur ukuran kertas, pilihlah opsi “More Paper Size”.
  • Karena ukuran kertas F4 tidak disediakan secara otomatis, maka Anda harus mengaturnya sendiri sebagai ukuran custom.
  • Tulis angka 21,59cm pada kolom Width dan angka 33 cm pada kolom Height. Selain angka tersebut, Anda bisa menyesuaikan angka sesuai satuan yang ingin digunakan, apakah cm, mm atau inci seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Langkah terakhir, tekan tombol “OK” untuk menyelesaikan pengaturan ukuran kertas F4 di word dan menerapkan pengaturan tersebut pada dokumen yang sedang dibuka.
  • Lalu, Anda tinggal menulis atau menggunakan lembar kerja dengan ukuran yang sesuai.

2. Cara Membuat Ukuran Kertas F4 di Excel 2016

Sebenarnya, pengaturan kertas pada aplikasi Word dan Excel tidak jauh berbeda tapi bagi Anda yang belum pernah melakukannya pasti merasa bingung. Itulah mengapa wajib bagi Anda untuk menyimak cara setting ukuran kertas F4 di Excel.

Jika Anda membutuhkan kertas F4 saat menggunakan aplikasi Excel, maka lakukan pengaturan terlebih dahulu karena biasanya kertas yang digunakan secara otomatis bukanlah kertas F4 dan berikut ini setting kertas f4 di excel yang bisa Anda lakukan.

  • Masuk ke aplikasi Microsoft Excel lalu pilih menu “Page Layout” pada bagian atas layar.
  • Setelah itu, pilih “Size” dan akan ditampilkan beberapa pilihan ukuran kertas F4 di excel yang bisa Anda pilih saat menggunakan Excel.
  • Kemudian, pilih “Folio” untuk menggunakan kertas F4 karena Folio hanya nama lain dari kertas F4 jadi ukuran kertas folio di excel Dengan begitu, Anda tidak perlu mengisi angka secara manual untuk mendapatkan ukuran kertas F4.
  • Selanjutnya, Anda tinggal mengatur posisi kertas sesuai kebutuhan, apakah itu landscape atau portrait.
  • Jika sudah terpilih posisi kertas yang dibutuhkan, lalu klik “OK” untuk menyelesaikan pengaturan dan menyimpannya.
  • Terakhir, Anda tinggal menggunakan lembar excel tersebut dengan pengaturan ukuran kertas f4 di excel dalam inci.
Trending:  Wajib Tahu Ukuran Kertas A4 dan Manfaatnya

Kegunaan Kertas F4

Seperti yang kita tahu bahwa kertas pada lembar kerja Excel 2013 memiliki beberapa opsi ukuran kertas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum Anda memilih ukuran kertas tersebut, ada baiknya memahami apa saja kegunaan kertas F4.

Kertas ukuran F4 menjadi salah satu ukuran kertas yang paling sering digunakan dalam pembuatan dokumen, baik itu Word maupun Excel. Tidak heran jika ukuran kertas F4 di excel digunakan di bidang pengetikan sebuah dokumen dan percetakan.

Selain ukuran, lantas apa yang membedakan kertas F4 dengan ukuran kertas lainnya? Jawabannya tentu saja kegunaan dari kertas tersebut karena setiap kebutuhan seringkali membutuhkan ukuran kertas yang berbeda-beda jadi Anda harus tahu kegunaan.

Banyak kegiatan yang membutuhkan ukuran kertas F4 di excel, misalnya dalam pengerjaan laporan kegiatan pelatihan karyawan, kegiatan kerja dan lain sebagainya. Selain itu, ukuran kertas F4 juga sering digunakan dalam formulir kegiatan dan kerja.

Dari penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa ukuran kertas F4 di excel ini sering digunakan dalam hal formal, misalnya surat dari suatu instansi, perusahaan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menggunakan kertas F4 untuk formal.

Secara ukuran, kertas F4 ini memiliki kesamaan dengan kertas folio bergaris, hanya garis dan polos yang menjadi perbedaan dari kedua nama ini. Bahkan, sebagian orang menyebut kertas folio sebagai kertas ukuran F4 di Windows 10.

Selain dalam urusan kantor atau perusahaan, ukuran kertas F4 ini juga sering digunakan dalam pengerjaan tugas sekolah. Ukurannya yang cukup besar mampu memuat lebih banyak tulisan, seperti untuk laporan praktikum dan karangan cerita.

Secara fungsi sebenarnya ukuran kertas F4 di Excel 2019 ini sama dengan jenis ukuran lainnya, yakni sebagai lembar kerja. Hanya saja penggunaan kertas F4 lebih sering digunakan dalam pembuatan laporan, baik itu di kantor maupun sekolah.

Cara Memilih Kertas F4 yang Tepat

Selain pengaturan ukuran kertas F4 di excel maupun word, Anda juga harus tahu bagaimana cara memilih kertas F4 jika nantinya Anda ingin mencetak lembar kerja tersebut agar tidak salah dalam memilih kualitas kertas F4.

Trending:  Wajib Tahu Ukuran Kertas A4 dan Manfaatnya

Ada beberapa hal yang tentunya harus Anda perhatikan dalam membeli kertas F4, apalagi jika Anda membeli dalam jumlah banyak maka harus lebih berhati-hati. Mengingat, semakin banyaknya merek kertas yang bisa kita jumpai di pasaran.

1. Merek Kertas

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah merek atau brand kertas karena setiap merek kertas tentu memiliki kualitas yang berbeda-beda. Seperti yang sudah disebutkan jika sekarang ini banyak kita jumpai merek kertas di pasaran.

Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih merek kertas jangan sampai salah pilih dan akhirnya kertas tidak nyaman untuk digunakan. Itulah mengapa pentingnya mengenal kualitas setiap merek ukuran kertas F4 di Excel 2007 sebelum membelinya.

Cara paling mudah mengetahui kualitas kertas adalah membelinya secara eceran terlebih dahulu dan membandingkannya secara langsung. Pegang permukaan kertas untuk mengetahui tekstur permukaan, ketebalan, dan warna kertas sebagai kualitas.

2. Harga Kertas

Hal lain yang tidak boleh diabaikan saat memilih ukuran kertas F4 di Excel Windows 10 adalah masalah harga. Perbedaan merek tidak hanya mempengaruhi kualitasnya saja, tapi juga harganya berbeda, ada yang murah, sedang dan ada yang mahal.

Sebenarnya murah atau mahal harga yang ditawarkan dalam membeli ukuran kertas F4 di excel sangatlah relatif. Harga mahal tidak akan menjadi masalah jika kualitas kertas ukuran F4 yang diberikan juga sesuai dan memuaskan.

Berbeda jika harga yang diberikan mahal tapi kualitasnya mengecewakan, maka harga tersebut tidak setimpal dengan kualitas yang kita terima. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencari informasi terkait harga pasaran dari kertas tersebut.

3. Gramasi Kertas

Selain kedua hal tersebut, Anda juga perlu mempertimbangkan gramasi kertas untuk mendapatkan kualitas terbaik. Seperti yang sudah dijelaskan jika mempertimbangkan kualitas sangatlah penting dan salah satu yang harus diperhatikan adalah gramasi.

Gramasi sering disebut dengan istilah GSM kertas dan kebanyakan toko menyediakan kertas F4 dengan gramasi 60 GSM, 70GSM dan 80GSM. Angka tersebut menunjukkan ketebalan dari kertas yang digunakan.

Biasanya, kertas dengan 80GSM digunakan untuk print dokumen, sedangkan untuk 60-70 GSM lebih sering digunakan untuk fotokopi. Ukuran kertas F4 dengan 60GSM memiliki ketebalan yang lebih tipis dibanding 80GSM.

Jadi, Anda bisa menyesuaikan sendiri ketebalan kertas dengan kebutuhan, apakah untuk fotokopi atau print dengan printer Epson. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil cetak yang sesuai harapan dan kebutuhan.

Bagi Anda yang membutuhkan dokumen excel ukuran F4, pastikan pengaturannya sudah benar dan pemilihan kertas sudah tepat. Dengan begitu, ukuran kertas F4 di excel sudah sesuai dengan kebutuhan dan kertas yang digunakan berkualitas.

Kahfi Talk less Do More

Tinggalkan Balasan