Kahfi Talk less Do More

Akun Media Sosial CPNS, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

2 min read

Akun Media Sosial CPNS

Saat seleksi CPNS pernahkah kamu diminta untuk mengisi data sosial media yang kamu miliki? Sebenarnya mengapa sih CPNS harus mengisi data akun media social? Kali ini kita akan membahas akun media sosial CPNS dalam artikel ini, jangan lupa baca sampai selesai!

Ada alasan mengapa pemerintah meminta kepada CPNS untuk mendata akun media sosial milik mereka. Tujuannya adalah untuk menangkal radikalisme yang ada di negeri ini. Memantau apakah calon ASN ini bersih dari radikalisme atau tidak.

Sebenarnya hal ini cukup masuk akal bagi pemerintah, karena tidak boleh sembarang orang masuk sebagai pegawai pemerintah, terlebih lagi jika orang itu ternyata menganut ideologi lainnya.

Nah untuk mengantisipasi hal ini, dan untuk diterima menjadi seorang PNS, akun media sosial CPNS diisi apa kita agar aman dari seleksi?

Akun Media Sosial CPNS Diisi Apa?

Akun Media Sosial CPNS

Zaman sekarang setiap orang memiliki setidaknya satu media social untuk mengekspresikan diri mereka. Namun, perlu diketahui bahwa sangat penting untuk membenahi akun media sosialmu agar bisa diterima menjadi PNS.

Ketikan kamu mengisi akun media sosial, perhatikan data pribadi kamu sesuai dengan akun media sosial kamu. Jangan menggunakan penamaan yang alay dan tidak sesuai identitas kamu sebagai pelamar.

Contoh: Misalnya nama kamu Wira Cahya Dinata, pastikan nama akun  kamu juga wira cahya dinata, Baik itu di facebook atau instagram. Jangan sesekali kamu memberikan nama akun medsos seperti wira CayankAzizi atau Wira kijot cahyadinata.

Gunakan Url Yang relevan juga: https://www.Facebook.com/wiracahyadinata

Penamaan akun medsos yang baik dan benar menggambarkan citra diri sebagai orang yang berjati diri dan berkarakter. Dan yang lebih penting jangan menggunakan medsos untuk konten sara dan radikal yang memancing keributan dan keresahan di masyarakat.

Cara Membuat Akun Media Sosial Yang Baik

Saat Melamar sebagai CPNS, ada hal yang perlu di perhatikan dan di persiapkan sebagai ASN yang berkualitas. Namun di tahun 2019, ada persayaratan unik yang harus diisi oleh para pelamar CPNS, Salah Satunya akun media social. Terus bagaimana dan syarat membuat akun media social CPNS:

  1. Siapkan Akun CPNS Pribadi kamu
  2. Buka halaman portal SSCASN di sscasn.bkn.go.id
  3. Buat akun di menu registrasi sscasn.bkn.go.id
  4. Masukkan nomor NIK dan Nomor KK
  5. Login dengan akun yang sudah di Buat
  6. Lengkapi Biodata diri, lengkap dengan pendidikan, Instansi dan jabatan yang di lamar.
  7. Masukkan Akun Media social FB Dan IG yang dimiliki
  8. Unggah Dokumen
  9. Selesai

Pada tahap ini kamu sudah menyelesaikan tahapan mengisis biodata diri dana kun medsos. Silahkan Cek kembali dan perbaiki jika ada yang salah.

Mengapa Kita Perlu Mengisi Akun Medsos Saat Daftar CPNS?

Untuk menghadirkan CPNS yang taat pada ideologi negara, akun media social CPNS pun harus di awasi. Karena banyak dari kita yang terpengaruh akan ajakkan sara dan sesuatu yang bau radikal. Berikut ini apa saja yang perlu diisi dan di perhatikan:

1. Gunakan Nama yang Sesuai KTP

Memang, media social itu sebagai sarana untuk mengekspresikan diri sendiri. Kamu bisa mengganti nama sesukamu ketika kamu memiliki media sosial. Namun, ketika kamu berusaha untuk mendaftar menjadi CPNS sebaiknya kamu mengganti nama akun media sosialmu menjadi contoh penulisan nama yang benar.

Walaupun kamu masih bisa untuk menambahkan angka di belakangnya, setidaknya nama akun sosial mediamu bukanlah menggunakan nama samara.

2. Perbaiki Feeds dan Postingan

Kita semua pernah alay ketika bermain media sosial pada masanya. Pernah juga mengetikan beberapa contoh kalimat atau foto yang sedikit nyeleneh , dan bukan kita banget. jika kamu ingin lolos dalam seleksi CPNS, kamu harus bisa memperbaiki  cara penulisan postingan Instagram yang sudah pernah diupload.

Hapus berbagai foto yang dianggap kurang pantas serta alay, dan menghapus kalimat yang kurang mengenakan. Jika kamu lolos menjadi PNS nantinya kamu bisa mengatur apa yang seharusnya kamu posting dan apa yang tidak.

3. Jadilah Dirimu Sendiri

Akun media sosial menggambarkan karaktermu yang sebenarnya. Jangan mencoba untuk membuat karakter baru dalam bermain media social. Ketika penyeleksi memantau media sosial milikmu dan menemukan kejanggalan, kamu bisa dicoret dalam seleksi CPNS.

Bermainlah sosmed secukupnya, dan jadilah diri sendiri. Kamu masih diberikan kebebasan untuk memposting apapun di media sosial yang kamu miliki. Nanti penyeleksi akan memberi nilai apakah kamu pantas menjadi seorang PNS atau tidak dari berbagai postingan yang kamu unggah di media social.

Itulah isi dari akun media sosial CPNS yang bisa kamu perbaiki agar lolos seleksi menjadi PNS. Semoga bermanfaat!

Kahfi Talk less Do More