Kahfi Talk less Do More

Apa Arti Ngepet Dalam Bahasa Gaul dan Contoh Penggunaannya

1 min read

Apa Arti Ngepet

Apa Arti Ngepet

Kata gaul ‘Ngepet’ mungkin sering didengar utamanya oleh para anak muda. Sebenarnya kata ini sudah digunakan sejak dari dulu. Namun, apa arti ngepet sebenarnya terutama dalam bahasa gaul. Karena memang istilah ini mengalami banyak perubahan.

Seiring dengan berjalannya waktu, arti dari apa itu ngepet dan penggunaannya sangat berkembang. Mulanya, kata ini diasosiasikan dengan tindakan pesugihan dengan media babi. Karena itu, sering juga sebagai babi ngepet.

Seiring dengan perkembangan maknanya, kata ngepet ini semakin mudah ditemukan. Mulai dari kegiatan sehari-hari. Bahkan, kata ini semakin banyak muncul di berbagai sosial media seperti Facebook, Twitter, bahkan di Instagram.

Arti Dari Kata Ngepet

Seperti yang dituliskan sebelumnya, kata ini sudah mengalami perkembangan makna yang sangat beragam. Apa arti ngepet dalam bahasa gaul terutama tidak hanya bisa dihubungkan dengan babi ngepet saja.

Ada banyak makna dan referensi aktivitas yang bisa ditunjukan dengan kata ngepet ini. Berikut ada penjelasan mengenai kata ngepet dan artinya.

1. Ngepet Sebagai Aktivitas Pesugihan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, awal mula dari kata ngepet ini berasal dari aktivitas pesugihan babi ngepet. Babi ngepet adalah hewan gaib yang memiliki kemampuan mengambil harta dan uang dari rumah di malam hari.

2. Ngepet Sebagai Gabungan Kata

Ngepet maksudnya juga bisa gabungan dari dua kata yaitu kata ngentot dan pepet. Kata ini punya indikasi negatif. Di mana seseorang sudah sangat bernafsu tapi tidak memiliki cara untuk menyalurkan nafsunya.

3. Ngepet Sebagai Penenang Situasi

Walaupun tidak terduga, tapi istilah ngepet juga bisa digunakan untuk menenangkan situasi. Jadi, ungkapan ini digunakan untuk menenangkan orang yang sedang emosi tapi ingin membawa emosi itu ke situasi yang lebih santai.

4. Ngepet Sebagai Ungkapan Tidak Punya

Kata ngepet juga sering digunakan untuk mengungkapkan jika barang yang diinginkan sedang tidak dimiliki. Ujaran ini lebih ke arah bagaimana cara barang bisa didapatkan sedangkan tidak punya sama sekali. Cara yang dimaksud salah satunya adalah ngepet dalam acuan arti yang pertama.

Trending:  Apa itu Auto? Ini Artinya dalam Bahasa Gaul

Contoh Penggunaan Kata Ngepet

Setelah mengetahui ngepet apa artinya, berikut adalah contoh penggunaan kata ngepet  dalam penggunaan dalam kalimat. Contoh-contoh di bawah ini akan dibedakan dalam beberapa makna dan ungkapan yang sudah dijelaskan di atas.

  • Contoh Kata Ngepet Sebagai Aktivitas Pesugihan

‘Hati-hati sekarang ada banyak rumor Babi Ngepet’

‘Kemarin ada rumah yang kemasukkan Babi Ngepet’

  • Contoh Ngepet Sebagai Gabungan Kata

‘Lu kalau mau ngepet, tahu tempat dong, jangan modal kepepet doang!”

  • Contoh Kata Ngepet Sebagai Penenang Situasi

“Ngepet nih, kenapa ya komputer gue kok mati terus”

“HP rusak lagi, ngepet banget yak”

  • Contoh Kata Ngepet Sebagai Ungkapan Tidak Punya
  • “Enggak punya duit, nih. Ngepet di mana ya enaknya”

Itulah jawaban apa arti ngepet, apa itu ngepet di rp,  dan juga dengan contoh-contoh penggunaan pada setiap maknanya. Walaupun, katanya sama ternyata kata ngepet ini memiliki banyak makna untuk berbagai situasi.

Kahfi Talk less Do More