Kahfi Talk less Do More

Sound of Text Spongebob Untuk Aplikasi WhatsApp

3 min read

Sound of Text Spongebob

WhatsApp merupakan alat komunikasi online paling populer saat ini. Pengguna aplikasi ini senang sekali melakukan modifikasi, salah satunya adalah penggunaan suara tertentu untuk nada dering. Pengubahan suara ini biasanya menggunakan platform sound of text. Salah satu suara yang menarik minat Anda mungkin sound of text Spongebob untuk nada dering WhatsApp.

Jika tertarik dengan ide sound of text Spongebob untuk nada dering WhatsApp, maka silahkan simak ulasan di bawah ini. Selain pengertian singkat mengenai sound of text, Anda juga dapat mengetahui langkah untuk membuat sound of text untuk nada dering WhatsApp. Pastikan untuk membaca ulasan di bawah ini secara teliti.

Sound of Text Spongebob

Sebelum membahas tentang langkah untuk membuat sound of text Spongebob untuk nada dering WhatsApp, ada baiknya mengerti tentang apa itu sound of text.

Sound of Text merupakan sebuah platform yang bertujuan untuk membuat file audio (biasanya jenis MP3) dari teks dan memungkinkan Anda mengunduhnya. Setelah mengunduh hasil sound of text, file audio ini dapat Anda gunakan untuk berbagai hal, juga yang paling spesial adalah untuk kemudian dapat diputar pada browser menggunakan mesin teks ke ucapan dari Google Terjemahan.

Sound of text tidak hanya bisa digunakan untuk nada dering WA saja, namun juga dapat digunakan untuk kebutuhan konten. Sound of text sering digunakan untuk membuat suara pada konten berupa video. Hal ini membantu mempermudahkan dalam pembuatan video edukasi, khususnya pada anak-anak yang menyukai hal menarik dan Anda dapat membuat sound of text kartun seperti Spongebob.

Baca Juga: Cara Membuat Sound Of Text Anime 

Manfaat Sound of Text Spongebob

Jika pada pembahasan sebelumnya hanya menyebutkan singkat manfaat dari sound of text Spongebob, kali ini sebaiknya dijabarkan satu persatu manfaatnya. Berikut ini adalah manfaat dari sound of text Spongebob:

1. Yang pertama pastinya dapat digunakan sebagai nada dering untuk diberbagai pengingat, baik WhatsApp, alarm atau penanda telepon seseorang.

2. Dapat dijadikan sebagai pengganti voice actor dalam konten berupa video, baik video pada YouTube atau konten lainnya.

3. Dapat digunakan sebagai pengisi suara pada iklan dengan berbagai karakter tertentu yang dapat dipilih, dalam pembahasan kali ini adalah Spongebob, untuk mengurangi dana produksi yang dikeluarkan.

4. Bagi para tenaga didik, khususnya anak-anak, dapat memanfaatkan sound of text Spongebob untuk mengisi suara video pembelajaran agar lebih menarik dan interaktif.

5. Manfaat sound of text sendiri dalam lingkup yang lebih besar, biasanya digunakan untuk mengisi suara pengumuman yang di template di berbagai tempat seperti fasilitas publik, mall, bandara ataupun tempat lainnya.

Baca Juga: Cara membuat Sound Of text Pria

Cara Mendapatkan Sound of Text Spongebob

Untuk membuat sound of text dengan suara Spongebob, Anda harus mengunjungi platform penyedia layanan konversi yang bisa mengubah tulisan menjadi suara. Pada beberapa platform juga menyediakan suara karakter lain di Bikini Bottom selain Spongebob. Berikut cara membuat sound of text dengan suara Spongebob. Perhatikan dengan baik dan benar.

1. Siapkan kata atau kalimat, baik dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa asing untuk nantinya dikonversi menjadi suara.

2. Buka aplikasi, web, atau platform yang menyediakan layanan konversi yang bisa mengubah tulisan menjadi suara browser di ponsel atau komputer Anda, Seperi Vo.codes

3. Cari kolom untuk memilih karakter.

4. Pilih karakter suara dari Spongebob Squarepants.

5. Setelah itu, masukkan teks yang telah Anda siapkan sebelumnya pada langkah pertama.

6. Anda bisa klik bagian Speak (sebelum mendownload) untuk mendengarkan bagaimana kiranya hasil sound of text nanti.

7. Setelah itu cari dan klik kolom permalink & download

8. Kemudian, cari dan klik Download File.

9. Tunggu hingga proses download selesai, maka Anda dapat menggunakan sound of text yang telah dikonversi.

Pada beberapa platform, hasil konversi sound of text Spongebob tidak dapat 100 persen mirip dengan suara karakter yang diinginkan. Hal ini biasanya disebabkan karena memang belum tersedianya suara karakter yang diinginkan. Untuk platform yang memiliki kualitas hasil yang bagus, biasanya termasuk ke dalam kategori premium atau berbayar.

Cara Menggunakan Sound of Text Spongebob untuk Nada Dering WhatsApp

Pembahasan sebelumnya telah dijelaskan 9 langkah mudah untuk membuat sound of text dengan suara Spongebob unik melalui platform layanan konversi yang bisa mengubah tulisan menjadi suara dengan berbagai karakter, mulai dari kartun hingga tokoh terkenal. Setelah ini Anda akan mengetahui cara menjadikan hasil sound of text menjadi nada dering WhatsApp.

Langkah Pertama (Alternatif 1)

1) Pertama-tama buka aplikasi File Manager di ponsel Anda, bisa melalui aplikasi My Files bawaan Android ataupun aplikasi serupa.

My Files

2) Cari dan klik bagian folder Internal Storage.

Internal Storage

3) Cari file sound of text yang telah terdownload.

Sound Of text spongebob

4) Pindahkan hasil sound of text ke folder Ringtones.

Pindahkan ke folder ringtones

Langkah Pertama (Alternatif 2)

Ada alternatif atau cara lain untuk langkah pertama dan tetap dapat dilakukan melalui pengaturan Android. Perhatikan langkah berikut untuk alternatif kedua.

1) Buka Settings (pengaturan android) di app drawer.

2) Pilih menu Sounds and Vibrations

3) Cari dan klik menu Ringtone.

4) Ketuk icon plus (+) atau menu Add di pojok atas pengaturan.

5) Pilih file nada dering sound of text untuk ditambahkan.

6) Kemudian simpan dan tutup jendela pengaturan.

Langkah Kedua

Setelah menyelesaikan langkah pertama, baik alternatif 1 maupun 2, Anda dapat langsung memasang nada dering WhatsApp dengan lagu mp3 sendiri yang telah ditambahkan. Langkah-langkahnya dapat Anda perhatikan sebagai berikut:

1) Buka WhatsApp Anda.

2) Cari dan klik icon titik tiga di bagian pojok kanan atas.

klik titik tiga kanan atas

3) Cari dan klik bagian Settings

klik setelan

4) Cari dan klik bagian Notifications

klik notifikasi

5) Cari dan klik bagian Notification tone dan ketuk file mp3 pilihan untuk dijadikan nada notifikasi pesan WhatsApp baik personal chat maupun group chat.

pilih nada dering

Cara Menggunakan Sound of Text Spongebob untuk Nada Dering Kontak Tertentu WhatsApp

1) Buka WhatsApp

2) Pilih salah satu kontak spesial yang ingin diatur dengan nada dering tersendiri.

3) Cari dan klik icon titik tiga di profil kontak yang dipilih tersebut.

4) Kemudian dan klik menu Custom Notifications.

5) Setelah itu, klik centang pada kolom Use Custom Notifications

6) Kemudian, pada bagian Message notifications atau call notifications atur nada dering WhatsApp apa yang akan diubah.

7) Langkah selanjutnya, klik Notification Tone untuk mengganti nada pesan notifikasi atau klik Ringtone untuk mengganti nada dering panggilan WhatsApp.

8) Setelah selesai, silahkan untuk menyimpan pengaturan dan nada dering kustom untuk kontak tersebut sudah berhasil terpasang.

Berikut tadi merupakan pengenalan terhadap apa itu sound of text Spongebob, manfaatnya, dan cara untuk memasang sebagai nada dering WhatsApp. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda. Terima kasih.

Kahfi Talk less Do More