Kahfi Talk less Do More

Mengubah Pesan Teks Menjadi Sound of Text Sunda, Ini Caranya

3 min read

Sound of Text Sunda

Pernahkah Anda mendengar fitur Sound of Text sebelumnya? Bisa dibilang, fitur yang satu ini kini mulai digemari, khususnya bagi para pengguna aplikasi chat Whatsapp. Karena memang fitur Sound of Text ini bisa digunakan untuk merubah pesan teks menjadi pesan audio (suara), namun dengan berbagai tema dan bahasa yang berbeda. Termasuk dengan penggunaan bahasa Sunda, dalam fitur khusus Sound of Text Sunda.

Bagaimana cara menggunakan fitur ini? Dan apa saja keunggulan dari Sound of Text khusus untuk pesan suara berbahasa Sunda ini? Anda bisa menyimak seluruh informasinya dalam pembahasan singkat di bawah ini.

Pengertian dan Juga Keunggulan dari Sound of Text Sunda

Keunggulan dari Sound of Text Sunda

Sebagaimana penjelasan di awal yang menyebutkan bahwa Sound of Text ini adalah sebuah situs yang banyak digunakan dalam aplikasi chat Whatsapp. Dimana dengan Sound of Text ini, Anda bisa mendownload suara/audio yang berasal dari pesan teks yang Anda tulis sebelumnya.

Dalam arti, Anda bisa menulis sebuah pesan, yang nantinya bisa diubah menjadi sebuah audio. Dimana nantinya, pesan suara tersebut bisa Anda gunakan sebagai nada dering panggilan telepon, pesan sms, maupun nada dering untuk pesan Whatsapp.

Baca juga: Cara Membuat Sound Of text Indonesia

Ada beberapa tema audio (voice) yang bisa Anda pilih. Dari mulai suara anime, suara berbentuk Java, Google, suara bayi, Doraemon, Tik Tok hingga pesan suara dalam berbagai bahasa. Salah satunya tentu saja, tema Sound of Text Sunda.

Bagaimana cara menggunakan fitur Sound of Text dalam bahasa Sunda ini? Anda bisa menyimak informasi mengenai hal tersebut dalam pembahasan selanjutnya. Namun perlu dipahami, bahwa ada beberapa keunggulan dari aplikasi Sound of Text ini. Diantaranya:

1.Sebagai Fitur Baru yang Perlu Anda Coba

Sebagai fitur baru yang memang disediakan bagi para pengguna aplikasi chat Whatsapp, Sound of Text ini wajib Anda coba. Selain agar tidak membuat aplikasi Whatsapp yang Anda gunakan cenderung monoton. Dengan fitur baru ini, Anda bisa lebih up to date dalam mencoba berbagai fitur terbaru yang tersedia.

2. Mudah Digunakan

Fitur Sound of Text ini bisa digunakan oleh siapa saja, selama mereka menggunakan aplikasi Whatsapp. Karena memang, untuk menggunakan fitur yang satu ini, Anda tidak memerlukan langkah-langkah yang rumit. Sehingga bisa dikatakan, fitur Sound of Text ini cukup mudah digunakan.

3. Tersedia dalam Berbagai Tema

Anda bisa memilih tema audio/voice berupa suara Google, Tik Tok, Doraemon, suara anime, hingga audio dalam berbagai bahasa. Termasuk diantaranya penggunaan bahasa Sunda, yang bisa Anda gunakan pada layanan Sound of Text Sunda.

Baca Juga: Cara Membuat Sound Of Text Jawa

4. Bisa Diakses Secara Gratis

Untuk menikmati layanan Sound of Text ini, Anda tidak perlu membayar biaya berlangganan. Karena fitur Sound of Text ini disediakan secara gratis. Baik itu saat Anda membuat pesan untuk diubah menjadi pesan suara, hingga mendownloadnya sebagai nada dering panggilan telepon Anda misalnya.

Meskipun gratis, namun provider dari Sound of Text ini juga menerima bilamana ada pengguna, yang ingin memberikan donasi untuk keberlangsungan fitur ini. Khususnya untuk keberlangsungan di masa mendatang.

Baca Juga: Cara membuat Sound Of Text Madura

Cara Mengubah Pesan Teks Menjadi Pesan Suara Berbahasa Sunda dengan Sound of Text Sunda

Setelah mengetahui berbagai keunggulan dari aplikasi Sound of Text ini. Maka bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan fitur yang satu ini. Terutama bagi Anda yang ingin mencoba untuk membuat pesan suara dalam bahasa Sunda, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah seperti dibawah ini. Diantaranya:

1.Pilih Tema Voice

Pilih Tema Voice

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat sebuah pesan suara berbahasa Sunda pada Sound of Text Sunda ini yaitu dengan memilih tema suara, yang bisa Anda pilih di menu voice. Dimana untuk menggunakan tema bahasa Sunda, maka Anda bisa memilih tema pada voice, dengan Sundanese maupun Bahasa Sunda. Menu voice ini biasanya terletak di atas kolom voice of text.

2. Mengetik Pesan di Kolom Voice Text

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat sebuah pesan teks menjadi pesan suara (audio) ini tentunya dengan mengetik sebuah pesan, dengan kata-kata yang Anda inginkan. Anda bisa mengetik pesan tersebut, pada kolom voice text secara langsung. Namun satu hal yang perlu Anda ketahui mengenai penulisan pesan teks ini yaitu jumlah karakter yang ditulis, tidak boleh lebih dari 200 karakter.

3. Menekan Tombol Convert of Voice

Setelah dirasa pesan teks yang Anda tulis tersebut sesuai dengan apa yang Anda ingin ungkapkan. Maka selanjutnya, Anda bisa mencari tombol convert of voice, kemudian klik tombol tersebut. Dimana dengan tombol convert of voice tersebut, pesan teks yang sebelumnya Anda tulis dalam bahasa Sunda, akan diubah melalui Sound of Text Sunda, menjadi pesan suara dengan penggunaan bahasa Sunda, sebagai bahasa pengantarnya.

4. Klik Ikon Download

Sebenarnya, langkah-langkah diatas sudah bisa dibilang sebagai langkah terakhir untuk membuat sebuah pesan suara, yang diambil dari pesan teks yang Anda tulis sebelumnya. Namun untuk menjadikannya sebagai sebuah pesan suara berupa MP3, yang bisa Anda gunakan sebagai nada dering panggilan telepon maupun pesan sms dan juga pesan whatsapp.

Maka sebelumnya, Anda perlu mendownloadnya terlebih dahulu. Adapun caranya yaitu dengan menge-klik tombol dengan ikon download. Biasanya, ikon download ini muncul dengan warna biru. Kemudian tunggu beberapa saat hingga proses download selesai, dan pesan suara tersebut bisa langsung tersimpan di audio player yang ada pada hp smartphone/android Anda.

Cara Mengubah Pesan Suara dari Sound of Text Sunda Menjadi Nada Dering Panggilan Telepon

Dengan menge-klik menu download seperti pada langkah-langkah di atas, hal tersebut bisa dikatakan sebagai tanda bahwa Anda memang berniat untuk menyimpan pesan suara tersebut pada audio player di hp Anda.

Namun bagaimana jika ternyata, Anda bukan hanya ingin menyimpannya saja? Namun juga ingin menjadikan pesan suara yang telah didownload tersebut menjadi nada dering panggilan telepon Anda misalnya?

Anda tak perlu khawatir. Karena Anda cukup melakukan beberapa langkah mudah seperti berikut ini. Diantaranya:

  • Buka menu pengaturan/setting yang ada pada hp android/smartphone Anda
  • Langkah selanjutnya, tambahkan file MP3 Sound of Text Sunda yang telah Anda download tersebut pada daftar nada dering, melalui menu pengaturan/setting tersebut
  • Jika langkah diatas telah Anda lakukan dengan benar. Maka kini, Anda bisa mencari dan menge-klik menu sounds and vibration, maupun menu pengaturan suara dan getaran

menu sounds and vibration

  • Kemudian lanjutkan dengan menge-klik menu ringtones
  • Untuk menambahkan nada dering, maka Anda bisa menge-klik menu add, maupun menu plus. Letaknya biasanya berada di pojok kanan atas
  • Langkah terakhir yaitu klik file MP3 Sound of Text Sunda yang telah Anda buat sebelumnya

Demikian informasi lengkap mengenai cara pembuatan pesan suara melalui Sound of Text Sunda, beserta cara mengubahnya menjadi nada dering telepon pada hp android/smartphone Anda. Dengan menyimak ulasan diatas, apakah Anda mulai tertarik untuk menggunakan fitur ini?

Jika memang Anda ingin mencoba menggunakan fitur tersebut. Maka Anda tak akan butuh waktu lama, untuk melakukan sejumlah langkah-langkah  seperti yang telah dijelaskan diatas. Selamat mencoba!

Kahfi Talk less Do More