Kahfi Talk less Do More

Cara Menggunakan Sound of Text Madura dengan Suara Google

3 min read

Sound of Text Madura

Selain bahasa daerah lainnya, bahasa Madura kini bisa Anda pilih sebagai pesan suara yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai nada dering panggilan telepon Anda. Tentunya dengan fitur Sound of Text Madura.

Dimana dengan fitur ini, Anda bisa membuat sebuah pesan teks, yang nantinya bisa diubah sebagai pesan suara. Tentunya dengan penggunaan bahasa Madura, sebagai menu voice yang Anda pilih dalam layanan Sound of Text ini.

Mengapa Harus Memilih Sound of Text Madura?

Mengapa Harus Sound of Text Madura

Selain memilih voice dengan tema yang lainnya, ada sebagian orang yang lebih memilih Sound of Text dengan penggunaan bahasa Madura, sebagai bahasa pengantar dalam pesan suara yang dibuatnya.

Baca Juga: Cara Membuat Sound Of text Bahasa Sunda

Kiranya hal ini bukanlah suatu kebetulan, karena pada umumnya, penggunaan Sound of Text Madura ini dipilih dikarenakan beberapa alasan, seperti berikut ini. Diantaranya:

1. Bahasa Madura Bisa Dibuat dengan Aksen yang Lucu

Sebenarnya, bahasa Madura hampir sama dengan bahasa daerah lainnya. Dimana pengucapannya tak jauh berbeda dengan bahasa-bahasa daerah lainnya yang ada di Indonesia. Hanya saja, sebagian orang menggunakan bahasa Madura ini dengan logat/aksen yang berbeda.

Begitu uniknya logat/aksen dari bahasa Madura ini, membuat sebagian orang sering membuat caption/kalimat-kalimat lucu dengan aksen Madura, karena dinilai unik, lucu dan menarik. Hal ini pulalah kiranya yang menjadi alasan mengapa banyak orang memilih Sound of Text Madura ini sebagai fitur pilihan untuk membuat pesan suara untuk nada dering panggilan telepon, sms, maupun Whatsapp.

Baca juga: Cara Membuat Sound Of Text Bahasa Jawa

2. Pengguna Berasal dari Madura

Alasan lainnya, mungkin saja pengguna dari Sound of Text dalam bahasa Madura ini adalah orang Madura asli, maupun orang yang pernah, ataupun tengah berada dan tinggal di Madura. Sehingga membuat pesan suara dalam bahasa Madura, dirasa mewakili rasa cintanya pada kampung halamannya. Maupun untuk mengobati rasa rindunya pada tanah kelahirannya, jika memang dia tengah merantau ke kota lainnya.

3. Berniat untuk Mempelajari Bahasa Madura

Jika poin diatas lebih ditujukan pada masyarakat Madura sendiri, maka alasan yang satu ini lebih ditujukan pada masyarakat luar Madura. Dimana sebagian orang memilih Sound of Text Madura dikarenakan tengah mempelajari bahasa daerah tersebut.

4. Setiap Orang Telah Mengenal Logat/Aksen Madura

Meskipun hal ini tidak bisa dijadikan alasan yang kuat. Namun tak bisa dipungkiri, bahwa ada sebagian orang yang memilih bahasa Madura sebagai tema voice pada Sound of Text dikarenakan hampir semua orang telah mengenal logat Madura yang terkesan unik.

Hal ini dikarenakan, meskipun tidak semua orang memahami bahasa Madura. Namun tidak bisa dipungkiri, bahwa sebagian orang tersebut bisa langsung mengenali logat yang digunakan, yaitu logat dari bahasa Madura. Meskipun hanya mendengarnya secara sekilas.

Baca Juga: Cara Membuat Sound Of text Indonesia

Cara Menggunakan Sound of Text dalam Bahasa Madura

Bagi Anda yang juga tertarik untuk menggunakan fitur Sound of Text Madura ini, namun tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur tersebut. Maka Anda bisa melakukan langkah-langkah seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Namun kali ini, akan diberikan tutorial penggunaan Sound of Text dalam bahasa Madura dengan suara Google. Langkah-langkahnya adalah seperti berikut:

1.Siapkan Kalimat dalam Bahasa Madura

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan kalimat dalam bahasa Madura, yang nantinya akan dijadikan pesan teks. Anda bisa menulis kalimat tersebut dalam jumlah kurang dari 200 karakter, yang bisa ditulis di buku catatan, maupun memo pada hp Anda.

Mungkin diantara Anda ada yang bertanya, mengapa harus ditulis dalam media lainnya, dan bukan di fitur Sound of Text secara langsung? Hal ini dikarenakan, untuk memudahkan Anda dalam menyiapkan kalimat yang tepat. Terutama bagi para pengguna yang tengah mempelajari bahasa Madura, dan belum begitu mahir berbahasa Madura.

2. Kunjungi Situs Sound of Text dan Isi Kolom Menu Voice

Sound of Text Madura

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengunjungi situs Sound of Text. Pada halaman situs tersebut, Anda akan melihat beberapa kolom yang harus Anda isi. Kolom pertama yang perlu Anda isi adalah kolom Voice.

Pilihlah Indonesia, untuk menggunakan bahasa Madura dalam fitur Sound of Text ini. Kemudian pastikan bahwa Anda memilih Javanese dalam kategori Indonesian tersebut. Hal ini dikarenakan, bahasa Madura sekilas hampir mirip dengan bahasa Jawa. Maka bahasa Madura dikategorikan sebagai bahasa Jawa (javanese).

 3. Isi Kolom Text

Isi Kolom Text

Jika Anda telah mengisi kolom Voice, maka kini Anda bisa mengisi kolom Text dengan kalimat bahasa Madura yang telah Anda buat sebelumnya. Kolom Text ini berada tepat diatas kolom Voice. Sebenarnya, tak masalah jika Anda mengisi kolom Text terlebih dahulu, sebelum akhirnya mengisi kolom Text ini.

Hanya saja, untuk memastikan bahwa pesan suara Sound of Text Madura yang dihasilkan nantinya dalam bentuk bahasa Madura (Indonesian). Maka ada baiknya Anda mengisi kolom Voice terlebih dahulu. Barulah kemudian kolom Text.

4. Klik Opsi Convert to Voice Maupun Submit

Setelah Anda mengisi kolom Text dengan kalimat bahasa Madura yang telah Anda buat sebelumnya. Maka kini, Anda bisa meng-klik opsi Convert to Voice, maupun opsi Submit, untuk mengubah pesan teks tersebut menjadi pesan suara.

5. Tunggu Hingga Muncul Konversi Pesan Suara

Dengan menge-klik opsi Convert to Voice maupun Submit ini sebenarnya Anda telah menyetujui untuk mengubah pesan teks tersebut menjadi pesan suara. Langkah terbaik yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menunggu beberapa saat, hingga akhirnya muncul konversi suara.

Dimana konversi suara tersebut merupakan gambaran pesan suara yang nantinya akan Anda download. Jika memang pesan suara tersebut telah sesuai dengan yang Anda inginkan. Maka Anda bisa melanjutkan dengan mengikuti langkah selanjutnya di bawah ini.

6. Download Pesan Suara

Download Pesan Suara

Jika dirasa pesan suara dalam bahasa Madura tersebut telah sesuai dengan yang Anda inginkan. Maka selanjutnya, Anda tinggal mendownloadnya. Agar nantinya bisa Anda gunakan sebagai nada dering panggilan telepon, sms maupun Whatsapp. Caranya yaitu dengan menge-klik opsi Download, yang berada di halaman paling bawah fitur Sound of Text ini. Opsi tersebut berada di sebelah opsi Play.

7. Gunakan Pesan Suara Sound of Text Madura Sebagai Nada Dering

Dengan melakukan langkah-langkah diatas, maka kini Anda telah memiliki sebuah pesan suara dalam bahasa Madura, dengan kalimat yang Anda buat sendiri. Namun bagaimana jika ternyata Anda ingin menggunakannya sebagai nada dering panggilan telepon, sms, maupun Whatsapp?

Caranya cukup mudah. Anda perlu masuk ke menu Pengaturan/Setting yang ada pada hp android/smartphone Anda. Kemudian klik menu Sound and Vibration, maupun Suara dan Getar. Kemudian klik Ringtones. Langkah terakhir yaitu dengan memilih pesan suara bahasa Madura yang telah Anda download sebelumnya.

Itu dia cara-cara menggunakan Sound of Text Madura dengan suara Google, yang bisa Anda gunakan sebagai nada dering panggilan telepon, sms, maupun Whatsapp. Semoga tutorial diatas bisa membantu Anda dalam menggunakan fitur Sound of Text yang satu ini.

Kahfi Talk less Do More