Kahfi Talk less Do More

Sound of Text Google: Ubah Notifikasi Menjadi Unik

3 min read

Sound of Text Google

Ringtone notifikasi pada aplikasi kirim pesan seperti WhatsApp dapat diatur sesuai keinginan yang dapat menandakan adanya pesan/panggilan masuk. Ringtone notifikasi yang banyak diketahui adalah ringtone yang tersedia di aplikasi bawaan tersebut sehingga banyak juga orang lain yang menggunakan ringtone notifikasi yang serupa. Dengan sound of text google, ringtone notifikasi tersebut dapat diubah sesuai kata-kata yang diinginkan.

Lalu apa yang dimaksud dengan sound of text hingga bisa menggantikan ringtone notifikasi aplikasi kirim pesan?

Baca Juga: Cara membuat Sound Of text Indonesia

Sound of Text Google adalah?

Sound of text google adalah

Sound of text hadir sebagai program yang mampu mengonversi teks atau kalimat yang ada di aplikasi kirim pesan seperti WhatsApp menjadi suara yang sifatnya unik dan dapat di custom. Jika disederhanakan, sound of text mampu mengubah suara yang tersimpan pada aplikasi WhatsApp dan suara tersebut dapat digunakan sebagai rington notifikasi.

Jenis suara yang dihasilkan oleh program sound of text tersebut dapat berupa suara teks dalam bentuk yang bervariasi. Di antaranya adalah suara teks Java, Anime, Doraemon, Baby, Tiktok, dan Google.

Baca Juga: Cara Membuat Sound Of Text Anime

Pada dasarnya sound of text tidak hanya tersedia di aplikasi kirim pesan saja, namun situs pencarian Google Translate juga memiliki fitur pengucapan setiap kata yang ditulis oleh pengguna.

Website sound of text mampu mengubah text menjadi suara karena menggunakan fitur text to speech yang berasal dari Google translate. Speech synthesis merupakan produksi buatan atau artifisial dalam bentuk suara manusia. Sistem komputer yang digunakan untuk proses tersebut disebut dengan speech computer atau speech synthesizer dan dapat diimplementasikan di perangkat lunak atau perangkat keras.

Sistem Text-to-speech (TTS) mengkonversi teks bahasa normal ke dalam bentuk ucapan, sistem lain akan melakukan render yang merepresentasikan symbol linguistic seperti transkripsi fonetik ke dalam ucapan.

Baca juga: Cara membuat Sound Of Text Nada Dering WA

Sound of text google sendiri merupakan suara yang dihasilkan dari hasil konversi text WhatsApp dengan nada suara yang mirip seperti pengucapan Google. Jenis suara Google tersebut dapat disesuaikan dengan keinginan apakah ingin menggunakan sound Google wanita atau pria.

Benefit Menggunakan Sound of Text

benefit menggunakan sound of text google

Bisa digunakan sebagai nada dering dan shortcut suara, berikut adalah beberapa keuntungan jika Anda mengkonversi text menjadi sound:

1. Mudah Digunakan

Situs website yang digunakan untuk mengubah text WhatsApp menjadi suara sangat mudah digunakan, bahkan pemula pun dapat menggunakan tanpa perlu adanya tutorial khusus.

Saat membuka situs konversi teks menjadi sound, Anda hanya perlu memasukkan teks WhatsApp yang ingin diubah. Situs tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan konversi. Dalam beberapa detik hingga menit, format MP3 dapat didengarkan terlebih dahulu kemudian dapat diunduh.

2. Bebas Akses

Selain mudah untuk digunakan, website pembuat sound of text juga bebas untuk diakses. Hal ini karena website bersifat open dan tidak komersial.

Semua proses yang Anda lakukan di website mulai dari masuk hingga mengunduh hasil konversi sama sekali tidak dipungut biaya. Baik saat memasukkan teks hingga mengunduh hasil audio.

Meskipun bersifat open website, namun situs konversi sound of text tersebut terbuka untuk dibeli oleh siapapun yang bersedia. Selain itu pemberian sumbangan juga dapat dilakukan jika pengguna bersedia. Nantinya donasi tersebut juga dapat digunakan untuk kebutuhan dan keberlangsungan website Sound of Text.

Cara Menghasilkan dan Menggunakan Sound of Text

Cara Menggunakan sound of text

Ekstrak Sound dari Google Translate

Apabila Anda menginginkan konversi teks menjadi sound yang mana speech yang dihasilkan sesuai dengan sound Google maka ekstrak sound dari Google Translate dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Kunjungilah situs google.translate.com, jalankan fitur DevTools yang ada pada Google Chrome atau Anda juga dapat menggunakan shortcut Selanjutnya Anda dapat masuk ke tab Network atau jaringan. Teks yang ingin Anda ubah dapat di copy paste dan lakukan enter untuk memunculkan tombol sound.
  • Setelah tombol sudah muncul dan diklik, pilihlah permintaan “xhr” yang terbesar ke “batchexecute?rpcids…” yang kira-kira besarnya sekian kilobite. Permintaan “xhr” tersebut akan direspon dalam bentuk mp3 yang berkodekan base64.
  • Pada tab respon, permintaan ini akan menjadi string panjang dalam array yang dikelilingi oleh tanda kurung siku dan bebas dari tanda kutip ganda “[\”//NExAAR…VV\”]”, bersihkan string ini dari tanda kurung dan tanda kutip untuk mendapatkan script seperti //NExAAR…VV dan simpan ke file sound.base64.
  • Kemudian decode teks dari sound.base64 menjadi file mp3 dengan perintah base64 -d sound.base64 > 1.mp3
  • Untuk mendengarkan mp3 dari terminal, perintah berikutnya dapat digunakan mpg123 1.mp3 atau melalui https://soundoftext.com/ atau melakukan test opsi audio melalui https://github.com/soimort/translate-shell#usage

Situs Voicemaker

Menjadi salah satu situs pengubah teks menjadi suara yang populer karena ketersediaan fiturnya yang lengkap, voice maker mampu memberikan pilihan untuk Anda mengatur berbagai jenis suara.

Berikut adalah tata cara ubah text menjadi sound yang dilakukan pada voice maker:

  • Masuklah ke situs voicemaker atau dapat melalui url https://voicemaker.in/ yang dapat Anda buka melalui browser Google Chrome
  • Setelah terbuka akan nampak kolom teks yang dapat Anda gunakan untuk meng-copy paste kan kalimat-kalimat yang ingin Anda konversi
  • Apabila jenis suara yang ingin dihasilkan dari text tersebut seperti suara asli maka penggunaan neutral TTS dapat dipilih pada bagian AI Engine. Begitupun juga sound of text google yang diinginkan maka merubah jenis suara sesuai standar tersebut.
  • Pada bagian “language and region” sesuaikan bahasa yang sama dengan text yang Anda inputkan. Jika kata-kata berbahasa Indonesia yang diinputkan maka pilihlah Indonesia pada bagian menu tersebut
  • Anda juga dapat menentukan jenis suara yang lebih Anda sukai, apakah suara laki-laki atau suara perempuan dengan memanfaatkan menu “voice”
  • Sedangkan untuk menyesuaikan pengaturan lain seperti efek, voice pitch, dan lain-lain dapat dilakukan sesuai kebutuhan
  • Apabila semua pengaturan telah sesuai dengan yang diinginkan, Anda dapat mendengarkan hasil konversi text menjadi sound tersebut terlebih dahulu kemudian jika sudah sangat yakin maka dapat didownload dalam format MP3

Menggunakan Sound of Text di WhatsApp

Sound hasil konversi yang Anda custom tersebut dapat Anda gunakan untuk notifikasi pesan yang ada di WhatsApp. Untuk menggunakan sound of text tersebut dapat dilakukan dengan cara:

  • Masuklah ke aplikasi WhatsApp kemudian menuju pada bagian pengaturan yang ada di simbol titik tiga kanan atas
  • Setelan notifikasi ditandai dengan simbol lonceng untuk mengubah suara notifikasi yang Anda inginkan
  • Masukkan nada dering hasil konversi dari situs sound of text tersebut dan setelan ringtone notifikasi telah selesai dilakukan.

Bebaskan kreativitas dan ide-ide menarik yang Anda miliki melalui sound of text Google.

Kahfi Talk less Do More