7 Aplikasi Komputer & Jaringan yang Wajib Digunakan

1 min read

Bagi anda anak teknik komputer dan jaringan atau TKJ yang ingin mendalami jurusan anda dengan melakukan berbagai macam pembelajaran, tentunya anda akan membutuhkan beberapa aplikasi yang dapat membantu anda.

Dalam proses belajar di kelas, pasti anda akan menemui beberapa jenis aplikasi yang digunakan.  

Banyak aplikasi yang sangat berguna bagi anak teknik komputer dan jaringan, bebarapa aplikasi berikut akan membantu proses pembelajaran anda.

Software Khusus Anak TKJ 

Beberapa aplikasi yang digunakan bisa didownload gratis di internet. Kali ini saya akan memberikan sedikit rekomendasi tentang beberapa aplikasi yang dapat membantu pembelajaran anda sebagai anak teknik komputer dan jaringan.

1. VirtualBox

  VirtualBox adalah aplikasi yang membantu anda dalam memperlajari berbagai macam sistem operasi, baik windows dan linux.

Anda tidak perlu melakukan dualboot pada komputer atau laptop anda jika ingin menginstall sebuah sistem operasi, cukup download VirtualBox, dengan virtualbox anda bisa menginstall sebuah OS dengan virtual, jadi anda bisa menjalankan sebuah sistem operasi di dalam sistem operasi yang ada.

Download Aplikasi VirtualBox,   

2. VMware

Fungsinya sama seperti virtualbox, yaitu kita dapat menginstall sistem operasi di dalam sistem operasi lain.

Dengan begitu, kita akan mudah untuk mempelajari sebuah sistem operasi, selain itu kita bisa membuat sebuah simulasi jaringan.

Kita bisa menginstall debian dan mengubahnya menjadi router, atau kita juga bisa menginstall RouterOS mikrotik. 

Download Aplikasi VMware

3. Cisco Packet Tracer

  Jika anda ingin membuat sebuah jaringan, dan ingin membuat simulasi dulu, aplikasi ini adalah yang paling tepat untuk anda.

Dengan cisco packet tracer anda bisa membuat sebuah simulasi jaringan dengan perangkat cisco yang lengkap, mulai dari router, switch, komputer, laptop dan peralatan lain yang bisa membantu simulasi jaringan anda. 

Download cisco packet tracer

4. GNS3

  GNS3 adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat simulasi dalam jaringan (network simulator).

GNS3 adalah  kependekan dari Graphical Network Simulator 3. Dengan aplikasi ini akan memudahkan pembelajaran anda dalam membuat simulasi jaringan.

Aplikasi ini juga bisa dihubungkan  dengan virtualbox untuk membermudah pembelajaran anda. Selagi anda membuat simulasi jaringan,anda juga bisa menjalankannya dengan VirtualBox. 

Download Aplikasi GNS3

5. Rufus

  Pasti para pembaca sudah tidak asing lagi mendengar aplikasi ini. Aplikasi ini berfungsi untuk membuat sebuah booteble dengan flashdisk, memory card, atau perangkat penyimpanan yang dihubungkan dengan USB.

Dengan aplikasi ini anda bisa melakukan instalasi sistem operasi linux atau windows dengan flashdisk. Aplikasi ini sangat membantu jika cd-rom anda rusak atau tidak ada. 

Download Aplikasi Rufus

6.PowerISO

  PowerIso adalah aplikasi yang memungkinkan anda untuk melakukan burning pada CD/DVD, extract file ISO, VirtualDrive, Compress, Enkripsi.

Aplikasi ini sangat membantu anda dalam membuat sebuah booteble karena banyak fungsi yang bisa anda manfaaatkan. 

Download Aplikasi PowerIso

7. Winbox

  Pasti para pembaca sudah tidak asing lagi mendengar aplikasi ini. Aplikasi ini berfungsi untuk meremote kontrol router mikrotik sehingga anda dapat menkonfigurasikan mikrotik dengan aplikasi ini.

Aplikasi ini sangat membantu dalam dunia jaringan anda. 

Download Aplikasi Winbox   

Sebenarnya masih banyak aplikasi yang bisa kita gunakan dalam mengembangkan skill kita dalam teknik komputer dan jaringan, di atas hanya bertujuan untuk menambah referensi untuk anda.

Untuk aplikasi yang lain, bisa ditambahkan di komentar. Sekian informasi dari saya tentang aplikasi wajib bagi anak teknik komputer dan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *