Kahfi Talk less Do More

Cara Hapus Akun Google di HP Xiaomi, Catat Tutorialnya!

3 min read

Anda tertarik untuk mengetahui cara menghapus akun Google di hp Xiaomi? Dalam artikel berikut ini akan ada penjelasan terkait bagaimana menghapus akun Google pada ponsel Xiaomi yang cukup mudah untuk Anda lakukan secara mandiri.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara menghapus akun Google di hp Xiaomi, mari simak artikel berikut ini!

Cara Hapus Akun Google di HP Xiaomi, Catat Tutorialnya!

Berikut ini terdapat informasi penjelasan bagaimana cara hapus akun Google di hp Xiaomi, yuk baca hingga bagian akhir, dan jangan sampai ada bagian yang terlewat!

BACA JUGA: Cara Menghapus Akun FF di FB, Gmail, Google Play & VK

Mengapa Perlu Menghapus Akun Google pada Ponsel Xiaomi?

Terdapat berbagai alasan mengapa Anda atau pembaca lainnya yang perlu menghapus akun Google pada ponsel Xiaomi. Menghapus akun yang dimaksud pada artikel ini, bukanlah menghapus akun secara permanen, melainkan hanya menghapus akun dari perangkat Xiaomi, namun akun Google masih dapat digunakan kembali baik pada komputer maupun ponsel.

Dirangkum dari berbagai sumber terdapat beberapa alasan mengapa perlu menghapus akun Google pada hp atau ponsel Xiaomi, yang pertama karena merasa terganggu dengan berbagai notifikasi yang muncul.

Sudah menjadi konsekuensi tersendiri ketika Anda mencantumkan banyak akun Google di ponsel akan muncul berbagai notifikasi dari masing-masing akun, misalnya pembaruan aplikasi, penawaran produk, maupun notifikasi masing-masing e-mail. Mungkin bisa jadi bagi sebagian orang, notifikasi yang muncul tersebut tidaklah mengganggu.

Kedua, ingin mencantumkan akun Google pada perangkat atau ponsel yang baru. Tentu akan membingungkan apabila akun Google tersinkron pada dua perangkat, kemungkinan akan menyulitkan Anda ketika akan melakukan pengecekan akun.

Ketiga, karena alasan keamanan data, alasan ini digunakan ketika akan menjual ponsel Xiaomi Anda. Tentu saja Anda tidak ingin jika pemilik ponsel berikutnya mengetahui informasi maupun data-data yang tertera pada akun Google yang tersinkron dengan ponsel.

Selain menjaga privasi Anda, menghapus akun Google pada ponsel Xiaomi perlu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan data pada ponsel yang akan dijual.

Keempat atau yang terakhir, karena Anda ingin menghapus secara permanen akun Google yang dimiliki. Jadi menghapus akun terlebih dahulu pada hp Xiaomi Anda, kemudian menghapusnya secara permanen di situs Google atau Gmail via desktop.

Apakah ada alasan lain yang Anda miliki selain alasan di atas untuk menghapus akun Google pada hp Xiaomi Anda? Apapun alasannya, semoga dengan menyimak penjelasan tutorial di bawah ini dapat membantu Anda untuk menghapus akun Google pada ponsel Xiaomi.

 

Menghapus Akun Google di HP Xiaomi melalui Menu Setting

Jika Anda mencari langkah-langkah yang paling mudah untuk menghapus akun Google pada hp Xiaomi yakni dengan mengecek pada menu Setting atau Setelan. Pertama, buka terlebih dahulu menu Setelan.

Menghapus Akun Google di HP Xiaomi melalui Menu Setting

Pada laman Setelan, Anda akan disajikan banyak sekali opsi menu lain, pilihlah opsi Sinkron. Usai masuk pada menu Sinkron, klik opsi Google. Setelah itu akan muncul berbagai nama akun Google yang tertera pada ponsel Anda.

Menghapus Akun Google lewat Pengaturan

Pilih salah satu nama akun tersebut dengan mengklik nama emailnya. Berikutnya, akan muncul data-data sinkronisasi, perhatikan pada layar bagian bawah terdapat simbol titik tiga bertuliskan Lainnya. Klik Lainnya, maka muncul dua opsi, yaitu Sinkronkan sekarang dan Hapus akun.

Menghapus Akun Google

Pilih Hapus akun untuk menghapus akun yang telah dipilih tersebut dari ponsel Anda. Kemudian akan muncul kotak dialog yang menunjukkan opsi untuk melanjutkan penghapusan akun.

Remove akun google

Akun Google yang telah dipilih tadi telah berhasil dihapus dari ponsel Xiaomi milik Anda. Cara pertama ini dikatakan sangat mudah, karena ponsel tidak perlu tersambung ke internet agar dapat menghapus akun Google.

 

Menghapus Akun Google pada HP Xiaomi melalui Aplikasi Gmail

Cara yang kedua ini, perlu diingat Anda perlu membuka aplikasi Gmail terlebih dulu kemudian buka aplikasinya. Klik simbol lingkaran yang terletak pada bagian kanan layar yang menunjukkan berbagai nama akun yang tersinkron pada ponsel Xiaomi.

Gulir layar sampai ke bagian bawah, setelah opsi beberapa nama akun terdapat opsi Tambahkan akun lainnya dan Kelola akun di perangkat ini. Klik Kelola akun di perangkat ini, maka Anda akan diarahkan ke menu Sinkron tanpa perlu membuka aplikasi Setelan.

Menghapus Akun Google pada HP Xiaomi melalui Aplikasi Gmail

Seperti pada cara pertama, di laman Sinkron, Anda pilih opsi Google agar diarahkan ke halaman yang menunjukkan beberapa nama akun Google yang dimiliki. Pilih salah satu akun dan klik nama akun tersebut, setelah pada halaman Sinkronisasi klik Lainnya yang terletak pada bagian bawah layar dengan simbol titik tiga.

Pilih opsi Hapus akun, konfirmasi dan selesai, akun yang telah Anda pilih berhasil dihapus dari perangkat Xiaomi. Dan cara yang kedua ini cukup opsional, Anda dapat menghapus akun tanpa harus terkoneksi dengan internet terlebih dahulu. Atau dapat juga dihubungkan ke internet untuk melakukan sinkronisasi pada akun Google yang lain pada ponsel.

Sebagai catatan, menu yang tertera pada ponsel bisa jadi berbeda tergantung dengan series ponsel Xiaomi yang Anda gunakan. Selain itu bahasa yang Anda gunakan pada pengaturan ponsel juga berpengaruh pada tampilan. Contohnya jika menggunakan bahasa Indonesia, menu aplikasi yang tertera adalah Setelan. Sedangkan jika menggunakan Bahasa Inggris, akan menjadi menu Setting.

Adapun perbedaan tampilan menu yang tertera pada MIUI 11 juga akan berbeda dengan versi MIUI 10. Dilansir dari berbagai situs, untuk menu Sinkron yang akan digunakan untuk menghapus akun versi MIUI 11 yaitu tampilannya Akun & Sinkron, sedangkan versi MIUI 10 tampilannya hanya Sinkron atau Sync saja.

Jadi sebelum melanjutkan menghapus akun Google, Anda perlu tahu terlebih dahulu ponsel versi mana yang digunakan, agar tidak bingung ketika tampilannya berbeda.

Jika tertarik untuk mengetahui tutorial dalam bentuk video, Anda dapat menjelajah di internet secara mandiri, gunakan kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan atau dapat juga ditambahkan dengan spesifikasi khusus. Apabila Anda masih bingung memahami tutorial dalam bentuk tulisan.

Itulah beberapa cara hapus akun Google di hp Xiaomi yang dapat Anda lakukan secara mandiri. Semoga dengan tutorial yang telah dijelaskan dapat membantu memudahkan Anda ketika ingin mengurangi jumlah akun Google yang terdapat pada hp Xiaomi.

Jika Anda ingin log in atau masuk kembali pada akun Google yang telah dihapus pada ponsel Xiaomi, cukup buka aplikasi Gmail kemudian klik simbol lingkaran di kanan atas pada layar. Lalu klik Tambahkan Akun lainnya.

Pada laman siapkan e-mail, klik lagi lambang Google. Kemudian tunggu beberapa saat jika masih loading, lalu masukkan e-mail yang akan digunakan, klik Berikutnya. Masukkan kata sandi dari e-mail tersebut, jika sudah sesuai klik lagi tombol Berikutnya. Akan muncul opsi untuk memasukkan nomor telepon, jika tidak berkenan klik Lewati.

Setelah membaca kebijakan layanan Google, klik Saya setuju, dan Anda berhasil masuk kembali dengan akun Google yang telah dihapus sebelumnya pada ponsel Xiaomi. Semoga bermanfaat!

Kahfi Talk less Do More